Hewan apa saja yang dijamin masuk surga? Simak berikut ini!

10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga / foto by pixabay

Siapa bilang hewan tidak bisa masuk surga. Dari banyaknya hewan yang ada di muka bumi, diantara mereka ada yang dipastikan masuk ke surga. Hewan apa saja? Berikut ini!

Anak Sapi Nabi Ibrahim As

Dalam kisahnya ketika itu Nabi Ibrahim as di datangi oleh 3 orang yang tidak dikenal. Kemudian, beliau menghindangkan jamuan berupa anak sapi panggang kepada mereka. Namun, mereka tidak memakannya sama sekali. Mereka datang untuk memberi kabar gembira perihal kelahiran Ishaq kepada Nabi Ibrahim as dan istrinya.

“Lalu dihidangkannya kepada mereka (tapi mereka tidak mau makan). Ibrahim berkata, ‘Mengapa tidak kamu makan?’ Maka dia (Ibrahim) merasa takut terhadap mereka. Mereka berkata: ‘Janganlah kamu takut,’ dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengak (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishaq).” (QS. Adz-Dzariyat: 27-28)

Kambing Nabi Ismail As

Pasti kisah ini tidak asing di telinga kita. Ketika itu Nabi Ibrahim as diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail as. Dengan keikhlasan dan ketaatannya, Nabi Ismail as bersedia untuk disembelih oleh ayahnya. Atas seijin Allah, ketika Nabi Ismail as akan disembelih berubah menjadi kambing. Peristiwa ini merupakan dasar dari di syariatkannya penyembelihan qurban di hari raya Idul Adha.

Sapi Nabi Musa As

Ketika itu ada seorang fulan (laki-laki) yang sangat mahsyur meninggal dibunuh di depan salah satu rumah warga. Dan tidak ada yang tahu siapa yang membunuhnya. Kemudian, warga mendatangi Nabi Musa as untuk memberikan petunjuk terkait hal tersebut.

Nabi Musa mendapatkan petunjuk dari Allah Swt untuk menyembelih sapi dengan ciri-ciri tertentu. Dan ketika telah menemukannya, sapi itu disembelih dan dagingnya dipukulkan pada jenazah fulan yang meninggal. Dengan ijin Allah, si fulan bangkit dari kematikannya. Setelah itu Nabi Musa as bertanya “siapa yang membunuhmu?, si fulan menjawab kerabatnya sendiri.

Unta Betina Nabi Sholeh As

Dikisahkan dulu Nabi Sholeh as menyeru kepada kaum Tsamud yang ingkar untuk menyembah Allah. Namun dari mereka menganggap Nabi Sholeh as gila. Lantas, ada salah satu dari mereka berbicara “Jika kau memang rasul utusan Allah, bisakah kau mengeluarkan seekor unta betina dari batu ini?”

Hingga pada keesokan harinya, seekor unta betina hamil muncul. Namun, sayangnya ada beberapa orang diantara mereka ingkar dan membunuh unta tersebut.

Anjing Asbabul Kahfi

Ada 7 pemuda yang beriman sedang lari dari kejaran seorang raja yang jahat. Mereka bersembunyi di dalam goa dan ditidurkan selama kurang lebih 300 tahun dan ditemani oleh seekor anjing.

Burung Hud-hud Pengirim Pesan ke Ratu Balqis

Ketika itu Nabi Sulaiman as mendengar ada kerajaan masyur di negeri seberang. Namun, sayangnya mereka menyembah matahari. Oleh sebab itu Nabi Sulaiman as mengutus Burung Hud-hud untuk mengirim pesan kepada Ratu Balqis dari kerajaan Saba. Tujuan dari pengiriman pesan tersebut ialah agar Ratu Balqis tidak menyembah matahari dan menjadi orang yang beriman.

Semut Nabi Sulaiman As

Pada saat itu Nabi Sulaiman as pergi ke daerah Thaif. Ditengah perjalanan di daerah lembah dijumpai sarang semut yang banyak. Atas mukjizat yang ia peroleh yaitu bisa berbicara dengan hewan, maka Nabi Sulaiman as menghentikan langkahnya dan membiarkan semut agar masuk ke sarangnya terlebih dahulu baru melanjutkan perjalanan.

Ikan Paus Nabi Yunus

Kisah selanjutnya datang dari peristiwa ikan paus yang pernah menelan Nabi Yunus as. Selama di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus as terus berdoa dan meminta ampun kepada Allah. Atas kehendak-Nya, ikan paus mendamparkan Nabi Yunus as ke pantai.

Keledai Milik Nabi Uzair

Dikisahkan Nabi Uzair melakukan perjalanan dan kemudian singgah di desa yang hancur sebab peperangan. Karena kelelahan, kemudian ia istirahat di daerah tersebut. Tanpa di sangka Allah menidurkannya selama kurang lebih 100 tahun dan menghidupkannya kembali.

“Berapa lama kamu tinggal di sini ?” Beliau menjawab: “Saya telah tinggal di sini sehari atau setengah hari”. Allah berfirman: “Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi berobah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang), Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia, dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging”. Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati) beliau pun berkata: “Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS. Al-Baqarah: 259).

Unta Nabi Muhammad Saw

Ketika itu Rasulullah hijrah ke Madinah dengan membawa unta kesayangannya, Qashwa. Karena keramah tamahan warga setempat yang banyak menawarkan rumahnya untuk dijadikan sebagai tempat singgah, Rasulullah kemudian menyatakan akan memilih rumah yang dipilih oleh Qashwa.

Qashwa memilih rumah milik Sahl dan Suhail, dua anak yatim yang memberikan rumahnya cuma-cuma namun ditolak dan setelah itu dibeli oleh Rasulullah Saw.

Demikian penjelasan tentang 10 hewan yang telah di jamin masuk surga. Semoga dapat menambah pengetahuan kita dan semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like