Saat mendengar sang buah hati menangis, biasanya orang tua bingung dan panik. Maka dari itu, simak penjelasan berikut tentang cara menenangkan bayi saat menangis! Dan bisa kamu coba!

5 Cara Menenangkan Bayi Menangis Dalam Islam / foto by unplash

Arti tangisan pada bayi mempunyai makna yang berbeda-beda. Tangisan pada bayi merupakan alat komunikasi sang bayi kepada orang tuanya. Apapun yang ia rasakan, ia akan mengungkapkannya melalui tangisan. Oleh karena itu, kita harus tahu tangisan bayi itu bermakna tangisan apa? Apakah karena lapar? Bosan? Atau mengantuk?

Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat bayi menangis agar ia bisa tenang, yaitu:

1. Membacakan Doa dari Ayat Suci

Saat bayi menangis, cara pertama menenangkannya yaitu dengan membacakan doa dari ayat suci Al-Qur’an, yaitu surat At-Takwir ayat 20.

ذِي قُوَّةٍ عِنْدَ ذِي الْعَرْشِ مَكِينٍ

“Yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy”.

Setelah membaca ayat ini, tiupkan ke kedua telapak tangan, kemudian usapkan ke wajah bayi, serta telinga bayi yang sedang menangis. Ulangi beberapa kali sampai bayi menjadi tenang.

2. Memberikan ASI

Dalam Islam, seorang ibu dapat memberikan ASI kepada sang buah hati sampai usianya menginjak 2 tahun. Adakalanya bayi menangis karena kelaparan. Karena belum bisa makan sembarang makanan, maka ASI bisa menjadi sumber asupan nutrisi bagi bayi dalam tumbuh kembangnya.

3. Berikan Pelukan dan Menggendongnya

Memberikan pelukan dan menggendongnya saat bayi menangis, bisa jadi salah satu cara efektif agar ia bisa berhenti menangis. Dengan memberikan pelukan maka ia akan terjaga dan merasa aman. Adakalanya bayi menangis sebab merasa takut. Takut akan gangguan jin maupun setan yang tak terlihat dan satu-satunya cara yang bisa dilakukan bayi adalah menangis.

4. Ajak Bermain

Bisa jadi, bayi menangis karena merasa bosan. Maka, ajaklah ia bermain untuk menghilangkan rasa bosan yang menyelimutinya. Kamu bisa ajak ia jalan-jalan, mengajak ia berbicara, dan lain sebagainya.

5. Memutarkan Murattal

Suara murattal bisa menenangkan siapa saja yang mendengarkan. Maka, dengarkanlah suara murattal saat bayi sedang menangis agar tangisannya segera reda.

Demikianlah ulasan tentang cara menenangkan bayi saat menangis dalam Islam. Jangan panik khawatir saat sang buah hati menangis, sebab itu cara mereka untuk berkomunikasi dengan orang tuanya. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like