Simak manfaat dari sedekah di hari jumat berikut!

5 manfaat sedekah di hari jumat / foto by pixabay

Bersedekah merupakan amalan yang senantiasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam anjurkan. Karena di dalamnya terdapat banyak manfaat yang diperoleh dan akan sangat rugi jika ditinggalkan.

Begitupun ketika kita bersedekah di hari jumat, maka akan mendapat lebih banyak lagi manfaat di dalamnya.

Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda,

“Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” [HR.Muslim].

Manfaat Bersedekah di Hari Jumat

Berikut ini adalah manfaat sedekah di hari jumat, yaitu:

Seperti Sedekah di Bulan Ramadan

Hal ini sesuai pernyataan dari Ibnul Qayyim: “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya.”

Memperoleh Pahala Berlipat Ganda

Hari jumat merupakan hari yang baik dan terdapat banyak keberkahan di hari tersebut. Barang siapa yang bersedekah di hari jumat, maka pahala yang ia peroleh akan berlipat ganda.

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS Al Hadid: 18)

Didoakan oleh Malaikat

Bersedekah di pagi hari terutama di hari jumat, maka akan di doakan oleh para malaikat. Hal ini sesuai hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Membuka Pintu Rezeki

Bersedekah itu dapat membuka rezeki bukan sebaliknya. Jangan takut jika harta kita berkurang karena sedekah, sebab bersedekah disertai keikhlasan maka Allah akan mencukupkan rezeki bagi yang melakukannya.

“Barangsiapa yang orientasinya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah. Namun sebalikya, orang yang orientasinya adalah urusan dunia, niscaya Allah jadikan kemiskinannya ada di depan matanya. Sebagaimana Allah juga mencerai-beraikan urusannya dan tiada kekayaan dunia yang menghampirinya selain yang telah Allah tentukan untuknya.” (HR. At Tirmidzi)

Hari Jumat Adalah Hari Istimewa

Sedekah pada hari jumat membawa banyak sekali kebaikan. Bahkan, ketika ada seseorang yang memohon kebaikan pada hari jumat, maka Allah akan mudahkan semuanya.

Demikian ulasan mengenai manfaat sedekah di hari jumat. Dari manfaat-manfaat di atas membuktikan bahwa sedekah merupakan aktivitas yang baik yang bisa dikerjakan oleh kita semua bahkan yang tidak kaya sekalipun.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Manfaat Sedekah Subuh

simak tentang manfaat sedekah subuh berikut ini! Salah satu cara untuk mengetuk pintu langit agar doa dikabulkan ialah…
Baca Selengkapnya

Syarat Zakat Mal

Simak syarat-syarat zakat mal berikut ini! Mal diartikan sebagai harta atau kekayaan. Menurut Islam, mal atau harta merupakan…