Simak resep hidup bahagia dalam Islam berikut ini!

Apa yang kita cari dalam hidup salah satunya ialah kebahagiaan. Meskipun, terkadang harus ada badai terlebih dahulu untuk mencapai hal itu.

Banyak orang yang tidak tahu, dan mencari kebahagiaan kemana-mana. Padahal, kebahagiaan itu berasal dari hati dan kebahagiaan itu bukanlah hal yang bisa di beli dengan harta.

“Ketahuilah bahwa dalam jasad ini ada segumpal daging, apabila segumpal daging itu baik, maka akan menjadi baik semuanya, dan apabila segumpal daging itu jelek, maka akan jeleklah semuanya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati.” (HR. Bukhari & Muslim)

5 Resep Hidup Bahagia dalam Islam

1. Jangan Berkeluh Kesah

Dalam hidup jangan terlalu banyak berkeluh kesah, sebab setiap proses yang kita lalui sekalipun itu kegagalan selalu meninggalkan hikmah di belakangnya. Jadi, pandai-pandailah dalam menyikapi banyak hal dan kebahagiaan itu datang kepada orang-orang yang tidak berkeluh kesah pada hidupnya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱصْبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imran: 200)

Hal ini dijelaskan pula pada salah satu hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda,

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wajalla berfirman: “Apabila Aku memberi cobaan kepada hambaKu dengan melenyapkan kedua perkara yang dia cintai (yakni kedua matanya), kemudian ia bersabar, maka untuknya akan Kuberi ganti surga karena kehilangan keduanya.” (HR. Al Bukhari)

2. Hidup dengan Kesederhanaan

Memiliki banyak uang bukan berarti dimewahkan hidupnya. Semua harta yang kita miliki hanyalah titipan yang suatu saat akan di ambil. Maka gunakan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhanmu dan ada bagian dari harta kita yang menjadi hak orang lain. Maka bersedekahlah untuk orang-orang yang membutuhkan. Dengan bersedekah selain mendapat pahala juga menambah keberkahan dalam hidup kita.

Abu Umamah Iyash bin Tsa’labah al-Anshariy al-Haritsy RA berkata, “Pada suatu hari Rasulullah SAW membicarakan masalah dunia. Kemudian, Rasulullah SAW bersabda, ‘Apakah kalian tidak mendengar? Apakah kalian tidak mendengar? Sesungguhnya kesederhanaan itu bagian dari iman, sesungguhnya kesederhanaan itu sebagian dari iman’.” (HR Abu Daud).

3. Selalu Berbuat Baik

Perbuatan yang dicintai oleh Allah akan menuntun kita pada kebahagiaan serta menambah keimanan kita kepada Allah Swt. dan hubungan ini dapat membantu meringankan kesulitan yang sedang menimpa kita.

“Pahala perbuatan tergantung pada niat dan setiap orang akan mendapatkan pahala sesuai dengan yang diinginkannya. Jadi siapa pun yang hijrahnya untuk keuntungan duniawi atau untuk dinikahi wanita, maka hijrahnya kepada apa yang ia tuju.” (HR. Al-Bukhari).

4. Selalu Berprasangka Baik

Di saat kita terkena musibah, jangan gampang berprasangka buruk. Selalulah untuk berpikir positif, sebab Allah SWT tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kemampuannya. Ia menguji kita, karena kita mampu dan kuat menghadapi itu.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 286)

5. Mudah Memaafkan

Ketika ada orang lain berbuat salah, berilah ia maaf. Sebab, di balik kata maaf ada ketulusan dan ketenangan. Memaafkan juga dapat menjaga silaturahmi tetap awet.

“Jika kamu membuat suatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan suatu kesalahan orang lain, maka sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Kuasa.” (HR. Bukhari)

Demikian pembahasan terkait 5 resep hidup bahagia dalam Islam. Kebahagiaan itu datangnya dari hati, maka jangan mencari kebahagiaan dari sesuatu yang tidak kita miliki.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like