Sebagai seorang muslim, menjalankan sunnah dalam kehidupan sehari-hari merupakan sesuatu yang di anjurkan. Apalagi jika kita mengerjakannya akan membawa keberkahan serta pahala yang berlimpah.

7 Amalan Sunnah Sehari-Hari Rasulullah yang Membawa Berkah / foto by unsplash

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa menghidupkan salah satu sunnahku yang telah dimatikan, sesudahku (sesudah aku meninggal dunia), maka bagi orang tersebut pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya, tanpa dikurangi sedikit pun dari pahala mereka”. (HR at-Tirmidzi)

Pada saat wafat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau meninggalkan dua warisan untuk umat Islam, yaitu Al-Qur’an dan As-sunnah. Dan bagi siapapun yang mengamalkan keduanya, maka hidupnya tidak akan tersesat.

Namun, justru yang terjadi saat ini banyak sekali orang yang meninggalkan sunnah. Padahal, sunnah tersebut bukanlah sunnah yang berat-berat, melainkan banyak sekali amalan sunnah ringan yang bisa kita kerjakan dalam keseharian kita.

Amalan Sunnah Sehari-Hari

Apa saja amalan sunnah yang bisa kita kerjakan dalam keseharian kita? Simak berikut!

1. Menjaga Wudhu

Dari Sahabat Tsauban R.a, ia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya : “Istiqomahlah semua dari kalian (menjalankan perintah dari Allah SWT) dan kalian tak akan pernah mampu menghitung pahala yang akan Allah berikan. Ketahuilah jika sebaik-baiknya perbuatan adalah shalat, dan tak ada yang terus menjaga wudhlunya kecuali orang mukmin.” (HR.Ahmad dan Ibnu Majah)

Amalan sunnah yang satu ini cukup mudah untuk kita lakukan. Namun, realitanya tidak banyak dari kita yang sanggup untuk menjalankannya sesuai sunnah Rasulullah Saw.

2. Tersenyum

Sebagai seorang muslim hendaknya ketika bertemu dengan saudaranya maka bermuka manislah, karena itu adalah salah satu bentuk sedekah ringan yang bisa kita lakukan.

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” HR at-Tirmidzi (no. 1956), Ibnu Hibban (no. 474 dan 529) dll, dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, dan dinyatakan hasan oleh at-Tirmidzi dan syaikh al-Albani dalam “ash-Shahihah” (no. 572)

3. Tidur Menghadap Kanan

Amalan sunnah selanjutnya ialah Nabi Saw. menganjurkan ketika tidur untuk menghadap kanan.

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

4. Sholat Tahajud

Selanjutnya, amalan yang bisa kita kerjakan ialah melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam terakhir. Waktu ini juga merupakan salah satu waktu terkabulnya doa.

Allah Swt. berfirman:

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah mudahan Tuhan Mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji,” (QS. Al-Israa’: 79).

5. Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang dipercaya memiliki banyak keistimewaan, terlebih soal rezeki. Sholat ini dikerjakan pada pagi hari ketika matahari sedang naik atau setelah matahari muncul dengan bentuk bulat sempurna setelah terbit dari ufuk timur.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah shadaqah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Menggosok Gigi dengan Siwak

Sebenarnya menggosok gigi adalah hal yang sepele. Namun, sebenarnya aktivitas ini memiliki peranan yang cukup penting terutama untuk hubungan sosial serta ibadah kepada Allah swt. Dengan bersiwak pula kita akan mendapat manfaat berupa mulut menjadi bersih serta memperoleh ridho dari Allah Swt.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siwak membuat bersih mulut dan mendatangkan ridho Allah” (H.R Ahmad)

7. Sholat Sunnah Rowatib

Amalan sunnah terakhir yang bisa kita lakukan ialah melaksanakan sholat sunnah rowatib.

“Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali dihisab pada hari Kiamat adalah shalat fardhu. Itu pun jika sang hamba menyempurnakannya. Jika tidak, maka disampaikan, “Lihatlah oleh kalian, apakah hamba itu memiliki amalan (shalat) sunnah?” Jika memiliki amalan shalat sunnah, sempurnakan amalan shalat fardhu dengan amal shalat sunnahnya. Kemudian, perlakukanlah amal-amal fardhu lainnya seperti tadi,” (HR. Ibnu Majah).

“Siapa saja yang menjaga empat rakaat sebelum dhuhur dan dua rakaat setelahnya, maka Allah mengharamkannya atas siksa neraka,” (HR. At-Tirmidzi).

Itu tadi adalah beberapa amalan sunnah sehari-hari yang bisa kita kerjakan untuk memperoleh keberkahan hidup. Maka, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Obat Penyakit Hati

Simak beberapa obat penyakit hati berikut ini! Saat manusia menghadapi cobaan, respon mereka berbeda-beda. Ada tipe manusia yang…