Simak penjelasan berikut ini mengenai nama surga beserta penghuninya!

8 Nama Surga Dan Penghuninya / foto by pixabay

Bagi barang siapa yang selalu berbuat kebajikan dan menaati perintah-Nya, maka bakal dijanjikan balasan surga di Akhirat kelak.

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Surga yang telah disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran : 133).

Di dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa surga begitu luas seluas langit dan bumi serta memiliki keindahan yang tiada tara. Terdapat sungai-sungai yang mengalir, buah-buahan serta bidadari.

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan beramal shaleh, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan, “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 25).

Nama-nama Surga Beserta Penghuninya

1. Surga Firdaus

Penghuni surga ini merupakan orang yang bisa memelihara amanat dan janji, orang yang mendirikan sholat, orang yang berpaling dari pekerjaan yang sia-sia, orang yang menjaga kemaluan, orang beriman dan orang yang rajin berbuat amal sholeh.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.” (QS. Al-Kahfi: 107)

2. Surga Darussalam

Surga ini diperuntukkan untuk seorang hamba yang selalu istiqomah serta mereka yang mengamalkan ayat-ayat Allah dan selalu berbuat amal sholeh.

“Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am : 127)

3. Surga Adn

Calon penghuni surga ini ialah orang yang senantiasa sabar dalam mencari ridho Allah, orang yang mendirikan sholat, orang yang beriman, bertaubat, beramal sholeh serta orang yang bertakwa.

“Yaitu surga ‘adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang orang yang bertakwa.” (Q.S. An Nahl: 31)

4. Surga Na’iim

Pengguni surga ini ialah orang beriman, orang yang beramal sholeh, dan orang-orang yang bertakwa.

“Sesungguhnya orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, bagi mereka bakal mendapatkan surga yang penuh dengan kenikmatan.” (Q.S. Al Hajj: 56)

5. Surga Khuldi

Surga ini diperuntukkan bagi hamba-Nya yang selalu menjalankan perintah Allah serta menjauhi larangan-Nya.

“Katakanlah, apa siksa yang seperti itu yang baik atau surga yang kekal, yang talah dijanjikan kepada orang orang yang bertakwa, sebagai balasan dan kediaman kembali mereka.” (Q.S. Al Furqon: 15)

6. Surga Muqoomul Amiin

Surga Muqoomul Amiin diperuntukkan bagi hamba-Nya yang benar-benar bertakwa, orang-orang yang keimanannya telah mencapai level muttaqin, yaitu orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah.

“Sesungguhnya orang orang yang bertawakal tinggal di dalam tempat yang aman yaitu surga.“ (Q.S. Ad Dukhan: 51)

7. Surga Ma’wa

Penghuni surga ini ialah orang yang bertakwa kepada Allah, orang yang benar-benar beramal sholeh dan beriman, dan orang-orang yang takut pada kebesaran Allah serta bisa menahan hawa nafsunya.

“Adapun orang orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, maka bagi mereka mendapat surga surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. As Sajadah: 19)

8. Surga Darul Muqamah

Surga ini diperuntukkan untuk hamba-Nya para ahli syukur, orang-orang yang kebaikannya sangat banyak dan jarang berbuat kesalahan.

“Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.” (QS. Fatir : 35)

Demikian pembahasan terkait nama surga beserta penghuninya. Jika kita menginginkan surga, jangan lelah untuk berbuat kebaikan. Sebab surga diperuntukkan bagi mereka yang berbuat baik dan selalu menaati perintah Allah dan menjauhi segala hal yang di larang oleh Allah. Semoga kita termasuk hamba-Nya yang bisa menjadi salah satu penghuni surga kelak. Aamiin ya rabbal alamin.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Obat Penyakit Hati

Simak beberapa obat penyakit hati berikut ini! Saat manusia menghadapi cobaan, respon mereka berbeda-beda. Ada tipe manusia yang…