Simak amalan-amalan yang bisa dilakukan ketika maulid nabi berikut!

amalan ketika maulid nabi / foto by pexels

Maulid nabi jatuh pada tanggal 12 bulan Rabiul Awwal sebagai peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw. Saat maulid nabi umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah salah satunya dengan bershalawat.

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bersholawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.” (HR Ahmad)

Selain bershalawat, ada amalan-amalan lain yang bisa kita laksanakan, diantaranya adalah:

1. Banyak Bersedekah

Sedekah merupakan salah satu amalan yang di sukai oleh Allah Swt. dan barang siapa yang bersedekah maka Allah akan memberikan balasan kebaikan berlipat ganda baginya. Perlu di ketahui pula, bersedekah tidak hanya soal harta, bahkan senyum kita kepada saudara kita termasuk sedekah lho.

2. Puasa Sunnah

Amalan berikutnya yang bisa kita kerjakan ialah melaksanakan puasa sunnah. Puasa di maknai untuk menahan nafsu serta selalu bersikap positif. Dengan begitu akan menghindarkan kita pada hal yang sia-sia. Puasa sunnah pula dapat mendatangkan pahala serta di cintai Allah Swt. Umat Islam bisa mengerjakan puasa sunnah senin kamis, bisa juga puasa sunnah ayyamul bidh

3. Berdzikir

Di manapun dan kapan pun, cobalah untuk selalu mengingat Allah. Dengan mengingat Allah Swt, segala kegundahan akan sirna, hati akan menjadi tenang dan damai.

Yaitu orang-orang yang beriman, dan hati mereka aman tentram dengan dzikir pada Allah, ingatlah dengan dzikir pada Allah itu, maka hati pun akan merasa aman dan tentram.” (QS Ar-Ra’d;28).

4. Mementum Menguatkan Cinta pada Nabi Muhammad Saw

Momen maulid nabi bisa menjadi momentum bagi kita untuk lebih menguatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad Saw.

“Tidak sempurna iman salah satu di antara kamu sehingga aku lebih dicintai olehnya daripada anaknya, orang tuanya dan seluruh manusia.” (HR. Bukhori Muslim).

5. Bersholawat

Amalan yang bisa kita lakukan dan tidak kalah penting dari amalan lainnya ialah memperbanyak bersholawat.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56).

Demikian amalan-amalan yang bisa kita lakukan ketika memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad Saw. dengan melakukan amalan-amalan tersebut maka umat muslim akan selalu mengingat Nabi Muhammad Saw sebagai suri tauladan yang baik.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Investasi Dalam Islam

Simak penjelasan tentang investasi yang diperbolehkan dalam islam! Istilah investasi sekarang ini memang sudah tidak asing lagi. Banyak…