Mau tidur kita nyenyak? Lakukan 4 amalan ini sebelum tertidur sesuai wasiat Rasulullah kepada istrinya, sayyidah Aisyah!

4 Amalan Penting Sebelum Tidur yang Diwasiatkan Rasulullah Kepada Aisyah / foto by unsplash

Allah menciptakan malam untuk kita beristirahat dan siang untuk kita bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Melalui tidur, kita dapat melepas penat selama seharian beraktivitas. Rata-rata orang dewasa tidur sekitar 6 – 8 jam per hari. Tidur yang cukup akan membuat tubuh jadi lebih sehat dan segar keesokan harinya.

Supaya tidur kita juga berkah, sekaligus dapat mendatangkan pahala ada beberapa amalan yang mesti kita kerjakan. Apa itu? Sebagai berikut!

Dalam kitab Durratun Nashihin karya Syaikh Ustman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakiri Al-Khoubawy disebutkan bahwa dalam suatu riwayat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat kepada Aisyah pada suatu malam menjelang tidur:

“Diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau berkata kepada Sayyidah Aisyah, ‘Wahai Aisyah, janganlah kamu tidur sebelum melakukan empat hal; sebelum mengkhatamkan Alquran, sebelum membuat para nabi memberi syafaat kepadamu kelak di hari kiamat, sebelum membuat seluruh kaum muslimin ridha kepadamu dan sebelum melakukan ibadah haji dan umrah.

Setelah berkata demikian, Nabi kemudian melanjutkan sholat malamnya dan Sayyidah Aisyah sendiri berada di tempat tidur seraya menunggu Nabi menyempurnakan sholatnya. Setelah Nabi Saw menyempurnakan sholatnya, Sayyidah Aisyah langsung bertanya,

“Wahai Rasulullah, demi bapak dan ibuku, engkau perintahkan aku melakukan empat perkara yang saat ini tidak mampu aku melakukannya.”

Setelah mendengarkan perkataan Aisyah tersebut, Rasulullah tersenyum dan menjelaskannya,

“Jika kamu membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali, maka pahalanya sama dengan mengkhatamkan Al-Quran. Jika kamu membaca shalawat kepadaku dan para Nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberikan syafaat kepadamu di hari kiamat kelak. Jika kamu memohonkan ampunan untuk seluruh kaum muslimin, maka mereka semua akan ridha kepadamu. Dan jika kamu membaca ‘Subhanallah wal hamdulillah wala ilaha illahu wallahu akbar,’ maka kamu telah melakukan haji dan umrah.”

Demikian artikel tentang amalan sebelum tidur. Semoga kita bisa mengamalkannya dan mendapatkan kebaikan darinya. Aamiin ya rabbal alamin

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like