Simak penjelasan tentang manfaat membaca Al-Qur’an bagi kesehatan!

membaca Al-Qur’an / foto by unsplash

Mengapa Membaca Al-Qur’an itu Penting?

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat muslim. Dengan Al-Qur’an hidup akan lebih terarah dan akan dipermudah menuju jalan yang benar.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh An-Nu’man ibn Basyir, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. Al-Baihaqi)

Dalam sehari berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk membaca Al-Qur’an? Mungkinkah 2 jam, 1 jam, atau tidak sama sekali?

Bagi seorang muslim wajib hukumnya untuk membaca Al-Qur’an. Sebab, ketika seorang muslim tidak membaca Al-Qur’an, itu merupakan perbuatan yang tidak disukai oleh Allah Swt. begitupun saat menjadikan Al-Qur’an hanya sebagai pajangan untuk penghias lemari atau dinding dan tidak diamalkan isi kandungannya, maka ia akan di masukkan ke dalam neraka.

Sebab, di dalam Al-Qur’an terdapat dua dimensi dan fungsi yang berbeda dalam waktu yang sama, yaitu memberi syafaat atau melaknat.

“Al-Qur’an memberi syafaat dan dimintai syafaat, dan menjadi saksi yang diyakini (kebenarannya), barang siapa yang menjadikannya imam, panutan, pedoman (dengan mengamalkan isi kandungannya) maka ia akan di tarik ke surga, dan barang siapa yang menjadikannya di belakang punggungnya (meninggalkan isi kandungannya) maka ia akan di tarik ke neraka.” (HR. Ibnu Hibban)

Al-Qur’an merupakan kitab Allah Swt, yang sangat istimewa. Salah satu keistimewaanya yaitu dapat memberikan syafaat bagi pembacanya.

Sebagaimana hadist dari Abi Ummah r.a, berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bacalah olehmu Al-Qur’an karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafaat untuk siapa saja yang membacanya.” (HR. Muslim)

Dalam hadist lain disebutkan, bagi seseorang yang gemar dan memperbanyak membaca Al-Qur’an, maka kelak Al-Qur’an akan datang langsung memohon kepada Tuhannya agar menganugerahkan mahkota kemuliaan bagi pembacanya.

“Kelak di hari kiamat Al-Qur’an akan datang, seraya memohon kepada Tuhannya: ‘Wahai Tuhan, pakaikanlah kepadanya (Pembaca Al-Qur’an)!’ Kemudian di pakaikan mahkota kemuliaan. Kemudian ia memohon kembali, ‘Wahai Tuhan, tambahkanlah!’ Kemudian dipakaikan pakaian kemuliaan. Kemudian ia memohon lagi, ‘Wahai Tuhan, ridhailah dia!’ Kemudian Allah pun merhidainya. Maka ia berkata: bacalah dan naiklah. Sebab setiap satu ayat akan dilipatkan satu kebaikan.” (HR. Tirmidzi)

Kebenaran jika seseorang ketika membaca Al-Qur’an akan mendapat syafaat di Akhirat kelak sangatlah nyata. Maka, ikatlah Al-Qur’an dalam kehidupan dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

Kebiasaan membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari juga dapat mendatangkan pahala yang cukup banyak dan manfaat yang cukup besar pada kesehatan tubuh jika dilakukan konsisten setiap harinya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari)

Manfaat Membaca Al-Qur’an

Berikut beberapa manfaat membaca Al-Qur’an bagi kesehatan

foto by unsplash

1. Menurunkan Stress

Era modern seperti sekarang ini, perkembangan teknologi yang pesat diikuti pula tekanan hidup yang semakin meningkat. Ini akan berdampak pada kesehatan jiwa seseorang yang dapat menyebabkan terjadinya perasaan gelisah, stres, tak tenang dan lainnya. Maka sangat penting untuk mengatasi stres agar tidak menganggu aktivitas.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membaca Al-Qur’an. Berdasarkan penelitian di Universitas Salford, Inggris, para ahli mengemukakan bahwa orang yang membaca Al-Qur’an hatinya menjadi rileks dan tenang, dibandingkan dengan orang yang membaca buku biasa. Studi ini mengatakan jika mendengarkan lantunan ayat Al-Qur’an dapat menimbulkan efek terapeutik meskipun orang tersebut tidak mengerti isi atau arti dari ayat-ayat Al-Qur’an yang didengarkan.

Allah Swt, juga berfirman dalam surat Ar-Ra’d ayat 28:

“Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat dengan Allah Swt, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat Allah, hatimu menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28)

2. Membantu Memusnahkan Sel-Sel Kanker

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmed Al-Qadhi dari klinik besar Florida, Amerika Serikat menyatakan jika lantunan ayat suci Al-Qur’an mampu mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dan tubuh, sehingga bisa melawan kanker. Tidak hanya itu, Al-Qur’an juga baik untuk meningkatkan sel-sel imun yang bisa menyebabkan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Penelitian lain yang dilakukan oleh seorang dokter spesialis kanker dari rumah sakit Beirut, Lebanon, menyatakan jika Al-Qur’an memiliki efek yang luar biasa bagi sel-sel tubuh. Irama-irama yang dilantunkan dari bacaan ayat Al-Qur’an mampu meningkatkan aktivitas sel-sel sehat serta membangkitkan imun yang lemah agar bisa melawan sel-sel tumor atau kanker.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Bagi orang yang konsisten membaca Al-Qur’an setiap hari terbukti dapat meningkatkan daya ingat sehingga hal ini mampu membuat otak lebih fokus dan mudah konsentrasi. Jadi, cobalah untuk membaca Al-Qur’an secara rutin, apalagi setiap pagi selepas subuh. Supaya bisa lebih konsentrasi dalam bekerja atau belajar.

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah (masjid) Allah, mereka membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka di liputi dengan rahmat, dikelilingi malaikat, dan Allah menyebut-nyebut mereka pada Makhluk yang ada di sisinya.” (HR. Bukhari)

4. Membaca Al-Qur’an dapat Menstabilkan Tekanan Darah dan Denyut Jantung

Lantunan ayat suci Al-Qur’an dapat memberikan efek relaksasi bagi yang membaca maupun yang mendengarkannya. Sehingga, hal ini bisa menormalkan tekanan darah dan denyut jantung yang sedang tidak stabil. Proses relaksasi tersebut yang merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis) sehingga mampu menciptakan tekanan darah dan denyut jantung yang stabil.

5. Nutrisi Terbaik Bagi Otak

Membaca Al-Qur’an merupakan cara terbaik untuk membuat otak tetap sehat. Karena seperti anggota tubuh yang lainnya, otak butuh latihan supaya tetap sehat. Energi positif yang diberikan dari Al-Qur’an dapat menjadi nutrisi bagi otak agar terhindar dari penyakit seperti Alzheimer dan Demensia.

Mungkin itu tadi penjelasan mengenai manfaat membaca Al-Qur’an bagi kesehatan. Dari banyaknya manfaat yang akan di peroleh, maka akan sangat rugi jika kita tidak membacanya setiap hari. Bacalah, maka hidupmu akan menjadi tenang!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like