Simak tentang pembayaran fidyah dengan uang berikut ini!

Cara Membayar Fidyah Dengan Uang / foto by pixabay

Membayar fidyah diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan dan mengganti puasanya dengan membayar fidyah. Sehingga hukumnya wajib dilaksanakan sesuai dengan jumlah hari yang ditinggalkan.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: 185)

Kapan waktu yang tepat membayar fidyah?

Fidyah bisa dibayarkan ketika hari itu juga atau hari setelahnya. Atau bisa juga dikerjakan pada bulan berikutnya setelah bulan Ramadan. Sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an, fidyah diperuntukkan bagi orang miskin.

Siapa saja yang wajib membayar fidyah?

1. Orang yang sakit
2. Orang tua yang sudah lanjut usia
3. Ibu hamil/menyusui
4. Orang yang berpergian jauh

Lantas bagaimana cara membayar fidyah?

Cara membayar fidyah masih menjadi perdebatan di berbagai kalangan. Namun, membayar fidyah bisa dilakukan dengan uang sesuai madzhab Hanafiyah.

Dilansir dari zakat.alfatihah.com, Cara menghitung fidyah yaitu 1 hari 1 mud atau setara ¾ liter makanan pokok. Jika meninggalkan 1 hari maka harus memberi makan 3x sehari kepada fakir miskin. Jika dikonversikan sekali makan sebesar Rp.15.000,- maka untuk nominal fidyah sebesar Rp.45.000,- untuk 3x makan mustahik dalam sehari lengkap dengan lauk.

Menurut Hanafiyah cara membayar fidyah dengan uang yaitu dengan memberikan sejumlah nominal uang yang sebanding dengan harga kurma atau anggur seberat 3,25 kilogram per hari puasa yang ditinggalkan, selebihnya mengikuti jumlah yang ditinggalkan.

Berdasarkan SK Ketua BAZNAS No. 7 Tahun 2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Ibukota DKI Jakarta Raya dan Sekitarnya, ditetapkan bahwa nilai fidyah dalam bentuk uang sebesar Rp45.000,-/hari/jiwa

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Tarhib Ramadan

Apa itu tarhib ramadan? berikut penjelasannya! Saat bulan ramadan datang, umat muslim menyambutnya dengan gembira. Masing-masing menyambut ramadan…