Simak cara mendidik anak dalam Islam berikut!

Cara mendidik anak sesuai Al-Qur’an dan Hadist / foto by pexels

Dalam mendidik anak tidaklah sembarangan dan asal-asalan. Karena mendidik anak akan berpengaruh pada akhlak dan perilakunya. Jadi, dalam mendidik anak harus berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadist. Supaya anak menjadi pribadi yang baik dan mampu menghadapi masa depan dengan baik pula.

Berikut cara mendidik anak yang bisa terapkan:

Memberikan Nama yang Baik untuk Anak

Nama itu adalah doa. Jadi, berilah nama anak-anak kita dengan nama yang baik. Nama yang baik akan memperngaruhi kepribadian si anak dan nama pula sebagai doa dari orang tua untuk anaknya.

“Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian dan nama bapak – bapak kalian. Maka baguskanlah nama – nama kalian.” (HR. Abu Dawud)

Memberikan Kasih Sayang

Sudah sepantasnya sebagai orang tua memberikan anaknya kasih sayang. Jika anaknya berbuat salah, jangan di marahi. Tapi, berilah penjelasan dengan baik dan penuh kasih sayang orang tua ke anaknya.

Tidak Membeda-bedakan

Sebagai orang tua harus mampu berbuat adil kepada semua anaknya. Tidak memihak dan tidak membeda-bedakan anaknya. Sebab, setiap anak yang terlahir di dunia ini memiliki keistimewaan masing-masing dan sebagai orang tua tidak bisa memaksan anaknya harus seperti kakaknya atau adeknya.

Jangan Pisahkan Anak dan Ibu

Setiap anak pasti membutuhkan ibu dan kasih sayangnya. Dan seorang ibu mempunyai ikatan batin kepada anak yang sangat kuat. Dan melalui ibu juga seorang anak mendapatkan Pendidikan pertamanya.

Memberi Contoh yang Baik

Perilaku orang tua bisa mempengaruhi perkembangan anak. Setiap perilaku orang tua yang dilihat oleh anak, akan ditiru oleh dia. Maka, berilah contoh yang baik buat dia, maka anakpun akan meniru hal itu.

Kenalkan tentang Dasar-Dasar Islam

Cara mendidik anak selanjutnya ialah kenalkanlah sang anak. Hal ini diharapkan dapat menanamkan rasa cinta kepada Allah Swt dan Rasul-Nya.

Perhatikan Pertemanannya

Lingkungan sangat berpengaruh pada perilaku anak. Sebagai orang tua harus berhati-hati kepada siapa anaknya berteman. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seseorang itu mengikuti din (agama; tabiat; akhlaq) kawan dekatnya. Oleh karena itu, hendaknya seseorang di antara kalian memperhatikan siapa yang dia jadikan kawan dekat.”

Berdoa untuk Anak

Tidak hanya anak yang berkewajiban mendoakan orang tua. Orang tua pun di anjurkan untuk mendoakan anak-anaknya.

“Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan: 74)

Perhatikan Pendidikannya

Setiap orang tua pasti ingin anaknya sukses di masa depan dan menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua. Maka, perhatikanlah Pendidikannya, sebab anak merupakan karunia Allah kepad kita.

Ajarkan Menutup Aurat

Islam dengan tegas memerintahkan umat Islam untuk menutup aurat, baik itu perempuan maupun laki-laki. Maka, sejak kecil ajarilah anak-anak untuk menutup aurat mereka.

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raf: 26)

Ajarkan Anak Mendirikan Sholat dan Berpuasa

Sejak kecil, ajarkanlah anak-anak kita untuk mendirikan sholat dan berpuasa. Agar, ketika dewasa sudah menjadi kebiasaan baik untuk mereka.

“Suruhlah anak-anakmu salat ketika berumur tujuh tahun, pukullah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Ajarkan Anak Tentang Tanggung Jawab

Ajari mereka tanggung jawab meskipun dari hal-hal yang kecil. Sebab, hal itu akan berguna bagi perkembangan sang anak. Misalkan, ketika sang anak bermain dirumah, berilah tanggung jawab kepada sang anak untuk membereskan ketika telah selesai bermain. Berilah pemahaman terkait pentingnya tanggung jawab serta resiko yang akan mereka terima jika tanggung jawab tidak dikerjakan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Obat Penyakit Hati

Simak beberapa obat penyakit hati berikut ini! Saat manusia menghadapi cobaan, respon mereka berbeda-beda. Ada tipe manusia yang…