Saat kamu ragu, simak penjelasan berikut ini!

Cara Menghilangkan Keraguan Menurut Islam / foto by pixabay

Dalam hidup kita mungkin tidak pernah lepas dari permasalahan. Berbagai masalah muncul silih berganti. Hal ini sebagai bentuk ujian bagi manusia. Selama masih ada masalah itu artinya kita masih diberikan kehidupan. Kalau saja tidak ada masalah, itu sama halnya dengan tidak memiliki kehidupan.

Berbagai ujian yang mampir ke kehidupan kita merupakan bukti kasih sayang Allah Swt kepada hamba-Nya.

Termasuk masalah mengenai keragu-raguan. Dalam syariat Islam kita diperintahkan untuk meninggalkan segala sesuatu yang masih diragukan. Allah berfirman:

وَمَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ ۖ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ ۖ وَإِنَّ الظَّنَّ لَا يُغْنِي مِنَ الْحَقِّ شَيْئًا

“Dan mereka tidak mempunyai sesuatu pengetahuanpun tentang itu. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti prasangkaan sedang sesungguhnya prasangkaan itu tiada berfaedah sedikitpun terhadap kebenaran.” (QS. An Najm: 28)

Keraguan secara umumnya dianggap sebagai hal yang biasa saja, namun sejatinya hal ini bukanlah hal yang sepentasnya kita sepelekan. Bahkan Nabi Saw dalam hadistnya memerintahkan kepada umatnya untuk meninggalkan sesuatu yang di dalamnya terkandung keraguan dan memerintahkan untuk beralih pada hal yang sudah pasti atau tidak mengandung keraguan.

“Dari Abu Muhammad, Al Hasan bin ‘Ali bin Abu Thalib, cucu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kesayangan beliau rdhiyallahu ‘anhuma telah berkata: “Aku telah menghafal (sabda) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Tinggalkanlah apa-apa yang meragukanmu, bergantilah kepada apa yang tidak meragukanmu’”. (HR. Tirmidzi dan beliau berkata ini adalah hadist hasan shahih)

Cara Menghilangkan Keraguan

Meninggalkan sesuatu yang meragukan adalah salah satu perbuatan meninggalkan syubhat dan mengambil sesuatu yang halal saja.

Seseorang yang sedang merasakan keraguan, maka ia akan melahirkan kekhawatiran serta kecemasan. Oleh sebab itu, ambil sesuatu yang di yakini karena itu bisa membuat hati lebih tenang dan merasa nyaman.

Lantas bagaimana caranya menghilangkan keraguan?

Dalam kaidah fikih dikatakan bahwa yakin bisa mengalahkan keraguan. Itu artinya ketika seseorang bingung menentukan pilihan maka hal yang harus ia lakukan ialah kembali kepada apa yang ia yakini.

Misalnya, dalam hal wudhu. Saat kita hendak sholat isya, namun kita ragu apakah wudhu yang dilakukan ketika hendak sholat maghrib tadi masih sah atau tidak. Saat kita ragu dalam keadaan ini apakah wudhu kita sah atau tidak, kita harus meyakinkan diri kita. Berpegang teguh pada keadaan awal (yakin). Begitupun dengan keadaan yang lainnya.

Demikianlah ulasan tentang cara menghilangkan keraguan menurut Islam. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like