Saat stres melanda, lakukan cara berikut ini!

Cara menghilangkan stres dalam islam / foto by unsplash

Hidup tidak bisa lari dari masalah. Berbagai masalah dalam hidup terkadang membuat diri stres. Kondisi ini membuat kita tidak nyaman dan dipenuhi dengan kebingungan.

Dalam Islam, stres merupakan salah satu bentuk ujian Allah terhadap hamba-Nya. Allah berfirman:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, dan berikanlah harga gembira kepada orang-orang yang sabar”. (QS. Al-Baqarah: 155)

Cara Menghilangkan Stres

Saat berada pada kondisi ini, coba lakukan hal-hal berikut:

1. Cobalah Mendekatkan Diri pada Allah

Seringkali ketika kita stres lebih banyak diam dan memendam semua sendirian. Hal itu sebenarnya tidak baik, keluarkan semua emosi negatif dalam diri agar stres bisa berkurang. Kita juga bisa mengadukan semua kepada Allah, meminta agar stres yang ada dalam diri hilang. Allah Maha Mengabulkan bagi hambaNya yang meminta.

“Apakah mereka tidak melihat Allah-Dia yang menciptakan langit dan bumi dan tidak lelah dengan menciptakan mereka-memiliki kekuatan untuk menghidupkan orang mati? Ya memang! Dia memiliki kuasa atas semua hal.” (QS 46: 33).

2. Gunakan Akal Pikiran dalam Memecahkan Masalah

Saat kita dalam tekanan hidup yang berat, jangan gunakan nafsu sebagai temannya. Gunakan akal pikiranmu untuk berpikir jernih dalam menghadapi tekanan hidup.

“Apakah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dalam keadaan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?’ Sesungguhnya orang yang dapat menarik pelajaran adalah Ulu al-Albab.”(QS Az-Zumar: 9)

3. Sholat

Sholat bisa menjadi solusi atas permasalahan hidup yang menimpa kita. Dengan sholat kita menyerahkan diri kita kepada Allah, dan hanya kepada Allah semua permasalahan hidup akan ia hilangkan.

“Dan kalian semua mintalah pertolongan dengan kesabaran dan (mengerjakan) sholat, karena sesungguhnya shalat itu berat terkecuali bai orang-orang yang khusuk.” (QS. Al-Baqarah: 45)

4. Dzikir

Cara menghilangkan stres berikutnya ialah berdzikir. Dengan dzikir mengingatkan diri kita kepada Allah. Hadirkan Allah dalam setiap hela nafas kita, maka Allah akan membersamai kita. Saat berdzikir niatkan semua untuk mencari ketenangan serta kedamaian hidup.

“Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

5. Berteman dengan Orang Sholeh

Saat kita berteman dengan orang yang sholeh, maka kita akan selalu di ingatkan tentang hal-hal yang baik. Dengan mereka hadir, saat kita berada pada kondisi yang tidak baik, mereka akan selalu membuat kita untuk selalu mengingat Allah.

“Demi masa, sesungguhnya seluruh manusia itu berada dalam kerugian. Kecuali mereka yang beriman, dan beramal shalih, dan saling menasihati dalam kebenaran, dan (saling menasihati) dalam kesabaran.” (Al Ashr: 1-3)

6. Melakukan Amal Sholeh

Kunci dari solusi stres, ialah melakukan amal kebaikan.  Orang yang selalu beramal, akan berada di kondisi hidup yang baik baik di dunia maupun di akhirat.

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (Q. S. An-Nahl : 97).

7. Taubat

Sebagai manusia, pasti tidak pernah bisa terhindar dari dosa. Cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dosa dengan bertaubat. Saat bertaubat lakukan dengan ikhlas dan sebenar-benarnya taubat. Setelah itu imbangi dengan perbuatan baik.

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya.Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”  (Q. S. Al-Zumar : 53).

8. Tawakal

Tawakal mengajari kita untuk lebih berpikir positif dalam hidup. Bahwa setiap ujian yang menghampiri kita ada makna di dalamnya. Jadi, tidak serta merta datang tanpa membawa apa-apa. Orang yang bertawakal merupakan mereka yang selalu sabar serta berserah diri hanya kepada Allah sehingga tidak akan cemas ketika menghadapi permasalahan.

Itu tadi beberapa cara untuk menghilangkan stres yang bisa kamu coba. Ada satu pesan untuk kita bahwa “setiap ujian membawa kesempatan baru untuk berkembang”. Jadi, selalu berpikir positif dalam hidup dan kurangi sifat mengeluh kita.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Obat Penyakit Hati

Simak beberapa obat penyakit hati berikut ini! Saat manusia menghadapi cobaan, respon mereka berbeda-beda. Ada tipe manusia yang…