Bingung menusir cicak dirumah? Ini caranya!

Cara Mengusir Cicak dalam Islam / foto by unsplash

Di kisahkan dahulu terdapat dua hewan yang berada dalam peristiwa pembakaran Nabi Ibrahim as, yaitu cicak dan semut. Ketika itu semut berada di kubu Nabi Ibrahim as, sementara cicak berada di kubu pembakar.

Si semut membawa tetesan air di mulut mereka untuk memadamkan api dan ketika itu pula terdapat seekor burung yang bertanya kepada semut “mungkinkah tetesan itu dapat memadamkan api?

Si semut pun dengan penuh keyakinan bahwa meskipun tidak bisa memadamkan api, tapi hal tersebut menunjukan ke pihak mana ia membela, yaitu kubu Nabi Ibrahim as.

Dari kisah tersebut, ada sebuah hadist Rasulullah Saw yang menganjurkan bagi kita untuk membunuh cicak.

“Dahulu, cicak-lah yang meniup dan memperbesar kobaran api yang membakar Ibrahim.” (HR. Muslim).

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak. Beliau bersabda, “Dahulu cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Ibrahim ‘alaihis salam.” (HR. Bukhari, no. 3359).

Hukum membunuh cicak ialah sunnah. Bila dikerjakan memperoleh pahala, namun jika tidak maka tidak akan mendapatkan apa-apa.

Selain sebab cicak menjadi kubu pembakar, anjuran membunuh cicak juga di dasarkan pada kesehatan. Di dalam tubuh cicak terdapat bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Dilansir dari Fumida.co.id, ada dua cara untuk mengusir cicak, yaitu

1. Di Doakan

Pengusiran cicak bisa dilakukan dengan berdoa. Hal ini agar cicak bisa pergi. Namun, hal ini juga harus di imbangi dengan langkah yang alami. Maka dari itu cobalah untuk lebih sering membaca Qur-an di dalam rumah, bersholawat dan jangan lupa sholat lima waktu.

2. Dengan Cara Alami

Pengusiran cicak dengan alami bisa dilakukan dengan cara menggunakan lem atau lakban, dan menggunakan tanaman pengusir cicak

 Salah satu tanaman yang dipercaya bisa mengusir cicak ialah bawang putih. Ada pula kulit telur, dimana cicak sangat tidak meyukai kulit telur ini sebab membuat kulit mereka tidak nyaman.

Nah, itu tadi cara yang bisa kita lakukan untuk mengusir cicak di dalam rumah. Dan kita pun juga di anjurkan untuk membunuhnya jika mau, tapi jika tidak pun tidak apa-apa.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like