Mau tahu cara sholat khusyu dan benar ? Lakukan 5 hal yang bisa kamu lakukan agar sholatmu khusyu dan benar.

Ingin sholatmu khusyu dan benar? Lakukan 5 hal ini! / foto by unsplash

Kedudukan sholat bagi umat muslim di ibaratkan sholat sebagai tiang dari agama Islam. Mengingat tingginya kedudukan sholat dalam ajaran Islam, sebagai seorang muslim harus mengerjakannya dengan benar dan tidak asal-asalan.

Sholat juga merupakan induk dari semua ibadah. Jika sholat kita benar dan khusyu, maka ibadah lain pun akan baik pula. Begitupun sebaliknya, jika sholat kita asal-asalan dan tidak khusyu maka amalan lain pun akan mengikutinya.

Jadi, bagaimana caranya agar sholat yang kita kerjakan bisa khusyu dan benar? Berikut adalah cara-cara yang dapat kamu lakukan.

1. Sholat Dengan Ikhsan

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah beribadahlah seolah-olah kita bisa melihat Allah Swt atau tanamkan keyakinan bahwa setiap apa yang kita kerjakan, Allah pasti melihatnya.

Sholat tidak hanya sebuah gerakan, melainkan sebuah perintah yang wajib kita kerjakan dengan sungguh-sungguh.

2. Lakukan Dengan Tata Cara yang Baik dan Benar

Agar sholat kita bisa khusyu, lakukan dengan tata cara yang baik dan benar. Mulai dari wudhu, niat sholat, tuma’ninah, kerjakan dengan ikhlas, jangan terburu-buru, dan lain sebagainya

3. Pahami Bacaan Sholat yang Kita Baca

Di dalam bacaan sholat terkandung dzikir, mulai dari bacaan iftitah, sampai sujud. Dzikir-dzikir dalam bacaan sholat dapat membuat hati menjadi tenang.

Sekaligus bisa menjadi obat ketika kamu sedang mengalami kegelisahan maupun kekecewaan.

4. Anggaplah Itu Sholat Terakhir

Cara agar sholat kita khusyu dan benar selanjutnya yaitu anggaplah bahwa sholat yang kita lakukan itu seakan-akan sholat terakhir yang kita kerjakan.

Sebab, kita tidak pernah tahu kapan waktu terakhir kita di dunia ini dan kita pun tidak ada yang tahu hal apa yang akan terjadi ke depan. Jadi, manfaatkan waktu sebaik-baiknya supaya kita tidak menyesal.

5. Fokus

Saat sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah arahkan pikiran kita hanya untuk menjalankan ibadah sholat.

Sehingga kita bisa fokus untuk beribadah dan memohon pertolongan kepada Allah Swt. Jangan melirik ke kanan maupun ke kiri, karena itu dapat mengurangi ke-khusyukan kita.


Demikianlah ulasan tentang cara sholat agar khusyu dan benar. Maka, kerjakanlah sholat sesuai dengan ketentuan yang telah di ajarkan dan jangan sampai meninggalkannya. Sebab, kunci hidup tenang adalah tidak meninggalkan sholat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Manfaat Sholat Hajat

Mau tahu tentang manfaat dari melaksanakan sholat hajat ? Artikel ini akan membahas secara lengkap manfaat sholat hajat.…