Ingin melakukan Umrah secara mandiri ? Ini yang mesti dipersiapkan sebelum melaksanakan umrah mandiri agar ibadah berjalan dengan lancar.

cara umrah mandiri / foto by pixabay

Pergi ke tanah suci adalah keinginan setiap muslim. Namun, untuk bisa ke sana melaksanakan ibadah haji butuh waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, ada alternatif lain yang bisa dipilih, yaitu dengan menjalankan ibadah umrah.

Ibadah umrah bisa kita lakukan kapan saja kecuali pada musim haji. Tapi, tidak banyak yang tahu jika umrah bisa kita lakukan sendiri tanpa bantuan agen travel.

Berikut hal yang mesti dipersiapkan jika kita memilih umrah mandiri:

Haruslah kita memiliki niat dan keinginan yang kuat

Umrah mandiri tidak mengunakan agen, itu artinya kita harus mengurus semuanya sendiri, dari mulai visa, tiket sampai reservasi hotel. Jadi, sebelum melaksanakan umrah harus ada niat dan keinginan yang benar-benar matang.

Tiket pesawat

Biaya termahal di antara komponen umrah mandiri lainnya adalah tiket pesawat. Biaya perjalanan dari Jakarta – Jeddah PP berkisar 12 jutaan.
(harga dapat berubah sewaktu-waktu)

Land Arragements

Land Arragements adalah biaya akomodasi selama umrah seperti makan, hotel, dan lain sebagainya.

Sekarang banyak orang yang lebih memilih melakukan umrah mandiri sehingga Land Arragements yang tadinya kita harus urus sendiri, maka sekarang sudah bisa di urus oleh coordinator.

Mengurus Visa

Jika kita ke Arab Saudi tanpa visa, maka kita tidak diperbolehkan masuk. Sayangnya lagi, pemerintah Arab Saudi tidak menerima visa individu. Visa tersebut hanya boleh diterbitkan lewat agen travel.

Hal ini di karenakan pemerintah Arab Saudi takut jika orang Indonesia tidak balik pulang ke Indonesia ketika masa berlaku visa habis.

Tidak semua travel mau untuk membantu mengurus visa individu, karena jika terjadi sesuatu pihak travel lah yang harus bertanggung jawab.

Tapi tidak perlu khawatir lagi, sekarang banyak komunitas atau grup umrah mandiri yang bisa membantu mengurus visa.

Adapaun syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk pembuatan visa untuk ibadah umrah, seperti berikut:

Paspor asli dengan masa berlaku minimal 6 bulan dari tanggal keberangkatan.
Nama di paspor minimal 3 kata. Misalnya: Rosa Tri Ratna.
Buku nikah dan KK asli bagi pasangan suami istri.
Akta kelahiran asli bagi anak di bawah usia 17 tahun dan anak perempuan berusia hingga 40 tahun.
Buku kuning suntik meningitis.
Tiket asli Jakarta – Jeddah PP.
Bukti booking hotel dan transportasi di Arab Saudi.
Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar, background putih, tampak wajah 80 %.
Kontak person handling atau orang yang bertanggung jawab di Arab Saudi dalam perjalanan umrah ini.
Itinerary perjalanan umroh.
Biaya visa umrah yang berkisar antara 75-150 USD tergantung musim.

Mencari informasi

Sebelum melaksanakan umrah mandiri carilah informasi sebanyak-banyaknya. Sebab, jika kita kekurangan informasi maka kita bakalan kesusahan nantinya.

Dan Harus selalu waspada, sebab sekarang banyak sekali penipuan terkait umrah mandiri dengan harga yang tidak logis. Maka, harus berhati-hati sebelum memutuskan semuanya.

Reservasi hotel dan transportasi

Setelah kita mendapatkan visa, langkah berikutnya yang mesti kita kerjakan ialah reservasi hotel serta transpotasi. Biasanya penginapan dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi agak begitu mahal.

Jadi, untuk menghemat biaya carilah penginapan yang agak jauh agar biaya yang di keluarkan tidak banyak. Namun, hal itu bisa mengakibatkan kehilangan kesempatan untuk beribadah secara maksimal di kedua masjid tersebut.

Belajar tata cara umrah dan manasik

Jika kita telah berniat ingin melaksanakan umrah mandiri maka kita pun harus siap untuk belajar tentang tata cara umrah secara mandiri, baik membaca di buku ataupun menonton youtube.

Membeli perlengkapan umrah

Persiapan selanjutnya, selain sejumlah uang yang harus tersedia, ada juga perlengkapan umrah yang mesti kita beli. Biasanya perlengkapan umrah ini cukup penting untuk di bawa saat melaksanakan umrah. Maka, pastikan untuk membelinya sebelum umrah.


Demikianlah artikel mengenai cara umrah mandiri. Semoga kita termasuk hamba-Nya yang bisa di takdirkan untuk menginjakkan kaki ke tanah suci. Aamiin ya rabbal alamin.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like