Simak penjelasan tentang ✓ doa bercermin, ✓ tata cara membaca doa bercermin dan ✓ keutamaan membaca doa bercermin.


Dalam Islam, saat ingin melakukan sesuatu maka hendaklah dimulai dengan berdoa. Termasuk saat bercermin atau berdandan disunnahkan untuk membaca doa.

Bukan lagi menjadi sebuah rahasia bahwa kehidupan kita tidak bisa lepas dari cermin. Yang mana kita gunakan untuk berhias diri.

Bercermin merupakan sebuah upaya yang kita lakukan untuk melihat diri kita sendiri sekaligus merapikan dandanan agar terlihat lebih menarik dan lebih percaya diri di depan umum.

Sudah selayaknya kita mensyukuri atas nikmat kecantikan yang telah Allah karuniakan kepada kita.

Allah Swt. berfirman:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya: “Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS At-Tin : 4)

Salah satu bentuk kita mensyukurinya adalah dengan berdoa. Apabila bercermin maka hendaklah mengucapkan doa bercermin, supaya apa yang kita kerjakan bisa membawa keberkahan dan kebahagiaan.Dengan berdoa pula dapat penjagaan dari Allah dari godaan syetan. Agar tidak membisikkan hal-hal negatif dalam diri kita.

Doa Bercermin

Doa bercermin merupakan amalan yang bisa kita kerjakan agar selalu dalam lindungan Allah Swt dan terhindar dari hal-hal yang tidak kita harapkan seperti menyombongkan diri sendiri atau menghina diri sendiri.

Dalam bercermin tidak semata-mata agar terlihat fisik yang cantik atau tampan, melainkan saat bercermin kita mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Nikmat yang berupa rupa dan bentuk tubuh yang sempurna dibandingkan makhluk Allah lainnya.

doa bercermin

Bacaan Doa Bercermin Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ  فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Bacaan Doa Bercermin Latin

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Arti Bacaan Doa Bercermin

Artinya: “Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.” (HR. Ahmad)

Bacaan Doa Bercermin (Suara)


Tata Cara Membaca Doa Bercermin

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari berhias maka dari itu kita memerlukan cermin sebagai alat untuk mempercantik diri.

Namun, manusia sebagai makhluk yang tidak sempurna harus bisa memperhatikan cara yang baik dan benar dalam berdoa agar tidak sia-sia apa yang dikerjakan.

Berikut tata cara membaca doa bercermin:

Awali dengan membaca basmallah.
Saat bercemin maka hendaklah membaca doa bercermin dengan ikhlas.
Menatap wajah dengan penuh rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan nikmat atas diri kita.
Tidak menyombongkan diri atau menghina diri sendiri
Mengharapkan bimbingan dari Allah swt serta keindahan akhlak
Jangan berbicara atau tertawa pada bayangan kita di dalam cermin

Keutamaan Doa Bercermin

Saat kita mengamalkan doa bercermin dalam kehidupan sehari-hari maka kita pun akan mendapatkan banyak keutamaan. Berikut keutamaan dari doa bercermin:

Meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Swt.
Menambah rasa syukur atas kecantikan yang Allah berikan dalam hidup kita.
Menyadarkan kita soal kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Masing-masing orang memiliki keunikan, dan dari keunikan yang di miliki itulah harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk melengkapi kekurangan yang ada.
Menambah ketampanan dan kecantikan saat kita memperbanyak bersyukur kepada Allah Swt.
Menyadarkan kita bahwa cantik tidak hanya berasal dari fisik tapi juga melalui hatinya.
Memperbaiki akhlak kita. Seperti yang di jelaskan tadi bahwa kecantikan itu tidak berasal dari fisik saja melainkan terpancar dari hati juga. Biasanya orang dengan kecantikan yang berasal dari fisik saja akan kalah dengan kecantikan seseorang yang terpancar dari hati.
Menjaga lisan dari perbuatan yang tidak baik seperti menguncing atau menilai kekurangan orang lain.
Meningkatkan kesadaran untuk selalu merawat apa yang Allah berikan. Sebab pemberian Allah sudah pasti yang terbaik bagi hidup kita sehingga kita harus merawatnya dengan sebaik-baiknya.

Demikianlah ulasan tentang doa bercermin beserta artinya, tata cara membaca doa bercermin dan keutamaan membaca doa bercermin. Semoga amalan yang kita kerjakan semata-mata karena Allah akan dapat meningkatkan keimanan kita kepada-Nya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Iftitah

Barangsiapa yang hendak melaksanakan sholat, sebelum takbiratul ihram maka haruslah ia berniat untuk mengerjakan sholat.  Kemudian dia membaca…
Baca Selengkapnya

Doa Sayyidul Istighfar

Keutamaan mengenai bacaan doa sayyidul istighfar dalam Arab, Latin serta Artinya serta hadist yang membahas bacaan doa sayyidul…
Baca Selengkapnya

Doa Untuk Orang Tua

Mendoakan 🤲 orang tua merupakan bentuk bakti kita kepada mereka. Inilah beberapa ✔️ doa untuk orang tua yang…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Makan

Simak penjelasan tentang doa setelah makan, adab setelah makan dan hikmah membaca doa setelah makan. Saat kita mengawali…