Simak penjelasan tentang adab keluar rumah, hadist tentang membaca doa keluar rumah, doa keluar rumah dan manfaat membaca doa keluar rumah.

gambar rumah / foto by pixabay

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan membaca doa masuk dan keluar rumah sebelum bepergian.

Mengapa kita harus membaca doa keluar rumah?

Doa ini cukup penting. Karena sebagai hamba Allah, kita harus selalu mengingat-Nya dan menyertakan-Nya dalam setiap pekerjaan kita.

Kita tidak pernah tahu akan terjadi apa ketika kita berada di luar rumah.

Nah, orang yang membaca doa keluar rumah ini, artinya ia telah meminta perlindungan kepada Allah Swt. dari segala bahaya di luar sana. Dan jika ia terselamatkan dari bahaya, maka ia telah memperoleh kebaikan dari-Nya dari berbagai macam bahaya.

Oleh sebab itu, sebagai seorang hamba hendaklah selalu membutuhkan Allah Swt dari segala aktivitasnya. Karena Allah sebaik-baik penjaga dan penolong.

Adab Keluar Rumah

Dilansir dari Islampos.com, berikut beberapa adab ketika keluar rumah yang harus kita amalkan, yaitu:

  1. Mengucapkan salam kepada keluarganya ketika hendak keluar dari rumah
  1. Ketika keluar rumah hendaknya membaca doa
  1. Menutup pintu dengan perlahan
  1. Jika mengendarai kendaraan hendaknya membaca:

Subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa maa kunna  lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamunqolibuun

“Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali.

  1. Ketika keluar dari rumah tidak dalam keadaan marah, tetapi hendaknya dalam keadaan ridha (senang)
  1. Menjaga diri dari pekerjaan yang tidak halal.

Hadist Tentang Membaca Doa Keluar Rumah

Dari Anas bin Malik r.a bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ: “بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ” قَالَ: « يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ. فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ

“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (dzikir): Bismillah tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya), maka malaikat akan berkata kepadanya: “(sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah SWT), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)”, sehingga setan-setanpun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah Swt)?”. (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dinyatakan shahih oleh At Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Syaikh Al-Albani)

Doa Keluar Rumah

doa keluar rumah

Bacaan Doa Keluar Rumah Arab

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bacaan Doa Keluar Rumah Latin

Bismillah tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah.

Arti Bacaan Doa Keluar Rumah

Dengan nama Allah, aku bertawakal (berserah diri) kepada-Nya, dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya.

Manfaat Membaca Doa Keluar Rumah

Akan banyak manfaat yang didapat bagi barang siapa yang mengamalkan doa keluar rumah ini, diantaranya:

  1. Bahwa orang yang mengamalkan doa keluar rumah ini bahwa kita akan semakin sadar dan benar-benar akan menyerahkan segala hidup kita hanya kepada Allah dan bersandar sepenuhnya hanya kepada Allah Swt.
  1. Allah akan memberikan kecukupan untuk setiap hajat yang kita inginkan yang meliputi duniawi maupun ukhrowi.
  1. Setan tidak memiliki kemampuan untuk mencelakakan orang-orang yang beriman dan bersandar pada Allah Swt.

Sebagaimana firman Allah Swt. sebagai berikut:

“Sesungguhnya syaitan tidak memiliki kekuasaan (untuk mencelakakan) orang-orang yang beriman dan bertawakal (berserah diri) kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan syaitan hanyalah orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.” (QS. An-Nahl: 99-100)

  1. Sebab utama Allah Swt. memberikan petunjuk dan perlindungan untuk semua urusan kita adalah bertawakal (berserah diri dan bersandar sepenuhnya) kepada Allah Swt.

Sebagaimana firman Allah Swt. sebagai berikut:

“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya.” (QS. Ath-Thalaq: 3)

Tawakal harus setiap saat kita lakukan, bukan hanya saat menerima cobaan saja. Dalam hal ini juga berlaku saat kita keluar rumah. Setelah kita bertawakal kepada Allah Swt. kita mengharapkan perlindungan-Nya agar kita tidak terjerumus kepada kesalahan dan dosa, agar kita tidak beraniaya dan tidak dianiaya oleh orang lain.

Demikian ulasan tentang doa keluar rumah. Maka hendaklah kita rutinkan bacaan ini setiap kali keluar rumah. Semoga Allah memberikan kita petunjuk, kecukupan dan penjagaan-Nya dari gangguan setan.

Referensi:

Keutamaan dzikir ketika keluar rumah, Muslim.or.id

Buku Indahnya doa rasulullah bagiku dan doa-doa lain yang dipetik dari Al-Quran dan para Solihin, Masriyah Amva

Doa dan dzikir sehari-hari, Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani

Mau keluar rumah, begini adabnya, islampos.com

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Sayyidul Istighfar

Keutamaan mengenai bacaan doa sayyidul istighfar dalam Arab, Latin serta Artinya serta hadist yang membahas bacaan doa sayyidul…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Belajar

Simak penjelasan berikut tentang kedudukan belajar dalam islam, doa setelah belajar, dan keutamaan doa setelah belajar. Belajar merupakan…
Baca Selengkapnya

Doa Qunut Shubuh

simak penjelasan tentang doa qunut shubuh dan manfaat doa qunut shubuh! Doa qunut ada tiga yaitu qunut nazilah,…