Saat hujan turun adalah waktu terbaik untuk berdoa. Inilah bacaan doa ketika turun hujan lengkap dalam bahasa Arab, Latin beserta artinya. Simak penjelasannya!


Salah satu nikmat yang Allah berikan kepada kita adalah nikmat turunnya hujan. Kita patut bersyukur sebab dengan turunnya hujan, manusia dan semua makhluk bumi bisa mendapatkan air sebagai sumber kehidupannya.

Sungai-sungai tak lagi kering dan tumbuh-tumbuhan pun akan subur dan bisa dimanfaatkan oleh manusia maupun hewan.

Ilustrasi hujan / foto : unsplash

Dan alangkah lebih baiknya kita sebagai umat Islam disunnahkan membaca doa ketika turun hujan.

Seperti yang kita ketahui bersama, waktu turunnya hujan merupakan waktu yang mustajab untuk terkabulnya doa. Lihat juga kumpulan doa Islam lainnya.

Dalam sebuah hadist dari Sahl bin Sa’d, Rasulullah SAW bersabda:

Dua doa yang tidak akan di tolak: doa ketika azan dan doa ketika turunnya hujan.” (HR Al Hakim dan Al Baaihaqi; 2534, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini hasan: lihat Shahibul jami’, no. 3078)
HR. Al Hakim dan Al Baaihaqi; 2534
Tweet

Untuk itu ada beberapa doa yang bisa kita amalkan supaya mendapatkan manfaat dan berkah dari turunnya hujan. Simak berikut ini.

Doa Ketika Turun Hujan

Ketika Allah memberikan kita nikmat berupa hujan, maka di anjurkan bagi kita untuk membaca doa:

Doa ketika turun hujan

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan dalam Bahasa Arab

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan dalam Bahasa Latin

“Allahumma shoyyiban nafi’an”

Arti Bacaan Doa Ketika Turun Hujan

“Ya Allah turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Bacaan Doa Ketika Turun Hujan (suara)

Untuk lebih jelasnya, silahkan dengarkan rekaman bacaan doa ketika turun hujan melalui file audio di bawah ini :


Hal ini sesuai dengan Hadist yang diriwayatkan Bukhori No. 1032 dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu ‘anha yang berbunyi:

إِنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Artinya: “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan Allahumma shoyyiban nafi’an (Ya Allah turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat)”.

WarnaIslam.com

Doa ini dibaca saat hujan tengah berlangsung. Memohon agar hujan yang turun semata-mata untuk keberlangsungan hidup manusia seperti untuk sumber minuman maupun menumbuhkan tanam-tanaman, bukan hujan yang dapat mendatangkan bencana seperti banjir dan lain sebagainya.

Doa Ketika Terjadi Hujan Lebat

Saat terjadi hujan lebat, sering kali kita merasa risau. Berikut ini doa yang dianjurkan dibaca saat terjadi hujan lebat dan dikhawatirkan mendatangkan bencana, yaitu:

Doa ketika hujan lebat

Bacaan Doa Ketika Terjadi Hujan Lebat Arab

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Bacaan Doa Ketika Terjadi Hujan Lebat Latin

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.”

Arti Bacaan Doa Ketika Terjadi Hujan Lebat

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Bacaan Doa Ketika Terjadi Hujan Lebat (suara)

Agar lebih jelas, kamu dapat mendengarkan rekaman audio bacaan doa ketika terjadi hujan lebat.


Berdoa Setelah Turunnya Hujan

Ketika hujan turun ia tidak hanya membawa jutaan air bersamanya. Ia juga mengajarkan kepada kita semua untuk selalu bekerja keras.

Bagaimana tidak, hujan tidak begitu saja terjadi, melainkan butuh proses yang panjang dan rumit hingga pada akhirnya ia turun ke bumi membantu kehidupan makhluk hidup dan seisinya.

Kita harus bersyukur dengan datangnya hujan pun ketika hujan telah berhenti.
Dikutip dari Zaid bin Kholid Al Juhani, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat subuh bersama kami di Hudaibiyah setelah terjadi hujan turun pada malam hari.

Saat hendak pergi, beliau menghadap kepada para jamaah salat, lalu beliau mengatakan, “Apakah kalian mengetahui yang dikatakan Rabb kalian?”.

Mereka mengatakan,“Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”.

Kemudian Rasulullah Saw bersabda:

 أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِى مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ. فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا. فَذَلِكَ كَافِرٌ بِى مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

Artinya: “Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan “Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih” (Artinya: Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan “Muthirna binnau kadza wa kadza” (Artinya: Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang”. (HR. Bukhari, No. 846)

Doa setelah hujan turun

Bacaan Doa Setelah Turun Hujan Arab

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Bacaan Doa Setelah Turun Hujan Latin

“Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatihi.”

Arti Doa Setelah Turun Hujan

“Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah.”

Bacaan Doa Setelah Turun Hujan (suara)

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat mendengarkan bacaan doa setelah turun hujan melalui rekaman audio di bawah ini :

Tanpa kita sadari, alam memberikan kita segalanya. Termasuk menurunkan hujan dengan banyak manfaat yang ia bawa. Ketika hujan turun, ia akan menumbuhkan tanaman dan buah-buahan, membersihkan bumi dari berbagai macam kotoran serta sumber air minum bagi manusia.


Amalan Ketika Turun Hujan

Dalam Islam banyak sekali amalan yang dapat mendatangkan keberkahan. Salah satunya yaitu saat terjadinya hujan. Berikut akan disajikan beberapa amalan saat terjadi hujan:

Berdoa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt. Apabila Allah memberi kita nikmat berupa turunnya hujan, dianjurkan bagi umat Islam untuk membaca doa. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur kepada-Nya.
Takut datangnya azab ketika mendung. Ketika mendung datang Rasulullah Saw. begitu khawatir akan pertanda datangnya azab dan murka dari Allah Swt.
Waktu terbaik untuk berdoa. Hujan memberikan kita semua keberkahan. Melalui hujan Allah memberikan banyak kebaikan, termasuk didalamnya waktu yang mustajab untuk berdoa.
Berwudhu dengan air hujan. Mengingat hujan sebagai rahmat dari-Nya dan diciptakan Allah dengan penuh keberkahan, maka pasti cukup baik untuk digunakan bersuci.
Tidak mencela datangnya hujan. Seringkali kita mengeluh dengan datangnya hujan sebab dapat mengganggu aktivitas kita. Padahal kita sudah tahu bahwa hujan merupakan rahmat dari Allah Swt. Perlu diketahui, segala yang kita ucapkan dan lakukan itu akan di catat oleh malaikat. Lebih baik kita bisa menjaga lisan dan perbuatan kita agar tidak membuat Allah murka.
Berdoa setelah hujan turun. Ketika telah selesai hujan, kita dianjurkan untuk berdoa sebagai bentuk tanda syukur atas nikmat hujan yang diberikan-Nya.

Demikian penjelasan tentang doa ketika turun hujan, doa ketika terjadi hujan lebat, doa setelah turunnya hujan dan amalan ketika turun hujan. Semoga bermanfaat dan cintailah alam sebagaimana alam telah memberikan segala kebutuhan untuk kehidupan kita.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Wudhu

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Makan

Simak penjelasan tentang doa setelah makan, adab setelah makan dan hikmah membaca doa setelah makan. Saat kita mengawali…
Baca Selengkapnya

Doa Untuk Orang Tua

Mendoakan 🤲 orang tua merupakan bentuk bakti kita kepada mereka. Inilah beberapa ✔️ doa untuk orang tua yang…
Baca Selengkapnya

Niat Wudhu

Sesungguhnya peranan niat bagi kehidupan seorang hamba teramatlah penting, terutama dalam hal amal-amal yang akan dikerjakan. Maka dari…