Kita akan membahas tentang doa masuk dan keluar kamar mandi, adab masuk dan keluar kamar mandi, hadist tentang membaca doa masuk dan keluar kamar mandi serta manfaat membaca doa masuk dan keluar kamar mandi.

doa masuk dan keluar kamar mandi / foto by pixabay

Islam telah mengatur berbagai macam hal dalam hidup. Dari hal besar sampai hal kecil, seperti doa masuk dan keluar kamar mandi.

Dalam Islam, mandi merupakan aktivitas yang dianjurkan bahkan bisa menjadi wajib pada situasi tertentu. Tujuannya yaitu membersihkan diri kita dari hadast kecil maupun hadast besar.

Kamar mandi merupakan tempat dimana setan dan iblis berkumpul disana. Oleh sebab itu, sangat penting ketika kita masuk dan keluar kamar mandi untuk membaca doa agar terhindar dari godaan setan.

Dalam sebuah hadist dijelaskan, Rasulullah Saw. bersabda:

“Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,” kata iblis. Allah Swt berfirman: “Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban).” (HR. Bukhari)

Adab Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Selain kita dianjurkan untuk membaca doa masuk dan keluar kamar mandi, ada beberapa adab yang mesti kita perhatikan, sebagai berikut:

Mendahulukan kaki kiri ketika masuk kamar mandi

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang artinya

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Membaca basmallah dan doa ketika masuk/keluar kamar mandi

Dari Imam al-Tirmidzi dari Sayyidina Ali, ia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda:

“Penghalang antara pandangan jin dan aurat manusia adalah jika salah seorang di antara mereka memasuki kamar mandi, lalu dia mengucapkan “bismillah”.”

Mendahulukan kaki kanan saat keluar kamar mandi

Sebab menggunakan sebelah kanan selalu di dahulukan untuk perkara yang baik.

Tidak boleh membawa benda yang berisi asma Allah

Tidak diperbolehkan masuk kamar mandi dengan membawa benda yang bertuliskan nama-nama Allah, kitab suci Alquran dan lain sebagainya. Karena tempat tersebut tidak layak dan tidak tepat untuk nama Allah yang mulia.

Tidak menghadap atau membelakangi kiblat

Dari Abu Ayyub Al Anshori, ia berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika kalian mendatangi jamban, maka janganlah kalian menghadap kiblat dan membelakanginya. Akan tetapi, hadaplah kea rah timur atau barat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jangan berdiam diri terlalu lama di kamar mandi

Dari Zaid bin Arqam r.a berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya toilet ini dihadiri setan.” (HR. Ahmad)

Jangan beristinja atau bersuci menggunakan tangan kanan

Dari Abu Qotadah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika salah seorang diantara kalian minum, janganlah ia bernafas di dalam bejana. Jika ia buang hajat, janganlah ia memegang kemaluan dengan tangan kanannya. Janganlah pula ia beristinja’ dengan tangan kanannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jangan bersuara ketika di kamar mandi, lebih baik diam

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata:

“Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.” (HR. Muslim)


Hadist Tentang Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Dari Anas bin Malik r.a menceritakan:

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ قَالَ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

“Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bila memasuki kamar mandi atau WC beliau mengucapkan: “Allahumma innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khabaa-its”

(Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari jin laki-laki dan jin wanita).” (HR. Bukhari dan Muslim)


Doa Masuk Kamar Mandi

Berikut adalah bacaan doa masuk kamar mandi dalam bahasa Arab, Latin, serta artinya:

doa masuk kamar mandi

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi Arab

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi Latin

Allahumma ‘innii ‘a’uudzu bika minal-khubutsi wal-khaba’its

Arti Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki maupun wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Hadist Tentang Membaca Doa Keluar Kamar Mandi

Dari ‘Aisyah r.a, beliau berkata:

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ « غُفْرَانَكَ

 “Adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika keluar kamar mandi (toilet) beliau berdoa, “ghufronaka” (Ya Allah, hamba memohon ampunan-Mu).” (HR. Abu Dawud no. 30, At-Tirmidzi no. 7, Ibnu Majah no. 300, Ad Darimi no. 680. Syaikh Al Albani mengatakan hadist ini shahih)


Doa Keluar Kamar Mandi

Inilah bacaan doa keluar kamar mandi dalam bahasa Arab, Latin, beserta Artinya:

doa keluar kamar mandi

Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi Arab

غُفْرَانَكَ

Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi latin

Ghufronaka

Arti Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi

Ya Allah, hamba memohon ampunan-Mu


Manfaat Membaca Doa Masuk Dan Keluar Kamar Mandi

Adapun manfaat yang akan kita peroleh sebagai seorang Muslim yang membaca doa masuk dan keluar kamar mandi sebagai berikut :

Manfaat Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan tempat yang kotor serta najis. Tempat dimana segala kuman dan penyakit bersembunyi. Dan Rasulullah Saw. sangat menyadari akan hal ini, oleh karena itu beliau membekali umatnya agar awas dan hati-hati. Doa ini sebagai warning (peringatan) agar kita waspada memasuki tempat yang penuh penyakit.

Dan beliau memperingatkan kepada kita semua bahwa kamar mandi adalah tempat di rumah yang paling di sukai oleh setan. Maka, dengan membaca doa masuk kamar mandi kita bisa terlindungi dari bisikan setan dan tidak mudah terpengaruh mengikuti langkah setan.

Manfaat Membaca Doa Keluar Kamar Mandi

Rasulullah Saw. mengajarkan ketika telah selesai buang hajat atau mandi dianjurkan untuk berdoa sebagai bentuk syukur kepada Allah Swt. kita berdoa agar segala kuman dan bakteri jahat tidak menyerang tubuh kita.

Doa ini mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah Allah berikan. Karena setiap nikmat yang Allah beri adalah nikmat yang begitu besar. Seperti saat kita bisa buang air besar atau buang air kecil, itu adalah sebuah nikmat. Coba kalau kita tidak bisa buang air besar pun buang air kecil, pasti hidup kita akan menderita. Maka dari itu, Rasulullah Saw. mengajarkan untuk bersyukur saat keluar dari kamar mandi.

Demikian ulasan tentang doa masuk dan keluar kamar mandi. Selalu iringi setiap aktivitas kita dengan doa, sebab dengan berdoa Allah senantiasa melindungi kita dari godaan setan yang dapat menuntun kea rah yang tidak baik. Semoga bermanfaa!


Referensi :

Buku Indahnya doa rasulullah bagiku dan doa-doa lain yang dipetik dari Al-Quran dan para Solihin, Masriyah Amva
10 adab ketika buang hajat, Rumaysho.com
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Niat Wudhu

Sesungguhnya peranan niat bagi kehidupan seorang hamba teramatlah penting, terutama dalam hal amal-amal yang akan dikerjakan. Maka dari…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Wudhu

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil…
Baca Selengkapnya

Doa Sayyidul Istighfar

Keutamaan mengenai bacaan doa sayyidul istighfar dalam Arab, Latin serta Artinya serta hadist yang membahas bacaan doa sayyidul…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Wudhu

Setiap ibadah dalam Islam memiliki ketentuan dan tata cara yang berbeda-beda. Hal ini berlaku juga untuk urusan wudhu,…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Belajar

Simak tentang doa sebelum belajar, adab berdoa sebelum belajar, belajar dan menuntut ilmu menurut hukum islam, dan manfaat…