Simak penjelasan tentang doa masuk dan keluar masjid, adab masuk dan keluar masjid, hadist tentang membaca doa masuk dan keluar masjid, dan manfaat membaca doa masuk dan keluar masjid.

masjid / foto by unsplash

Masjid merupakan tempat yang suci bagi umat Islam yang digunakan untuk tempat bersujud, dan mendekatkan diri pada Allah Swt.

“Sesungguhnya masjid-masjid itu adalah milik Allah, karena janganlah menyembah selain Allah sesuatu pun.” (QS. Al-Jin: 18)

Saat hendak melangkahkan kaki ke masjid alangkah baiknya dalam keadaan yang suci, yaitu dengan berwudhu.

Kita juga di anjurkan untuk memasuki masjid dengan menggunakan kaki kanan terlebih dahulu serta membaca doa masuk dan keluar masjid.

Mengapa kita harus mendahulukan kaki kanan saat masuk masjid?

Hal ini sesuai hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan Anas bin Malik r.a:

“Termasuk sunnah ketika masuk masjid mendahulukan kaki kanan, dan jika kaluar dengan mendahulukan kaki kiri.” (HR. Al-Hakim)

Adab Masuk dan Keluar Masjid

Pergi dalam Keadaan Berwudhu

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa bersuci dirumahnya, kemudian dia berjalan menuju salah satu rumah Allah untuk menunaikan kewajiban yang Allah wajibkan, maka satu langkah kakinya akan menghapuskan kesalahan dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajat.” (HR. Muslim)

Menjaganya dari Bau Tidak Sedap dari Mulut Orang-Orang yang Sholat

Sebagaimana hadist dari Ibnu ‘Umar r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Barangsiapa yang memakan buah pohon ini (yakni bawang) maka janganlah sekali-kali ia mendekati masjid kami.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak Menyela-Nyela Jari Ketika Berangkat dari Rumah Menuju Masjid Hingga Sholat Dilaksanakan

Dari Ka’ab bin ‘Ujroh r.a, Rasulullah Saw bersabda:

“Jika salah seorang di antara kalian berwudhu, kemudian keluar menuju masjid dengan sengaja, maka janganlah ia menjalin jari-jemarinya karena ia sudah berada dalam shalat.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Daud, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadist ini hasan)

Masuk Ke Dalam Masjid dengan Menggunakan Kaki Kanan dan Membaca Doa Masuk Masjid
Tidak Meninggikan Suara (Bersuara Keras) Di Dalam Masjid

Dari ‘Umar r.a, ia berkata:

“Sekiranya kalian berdua berasal dari kota ini (yakni Madinah), niscaya akan kupukul kalian berdua karena telah berani meninggikan suara (bersuara keras) di dalam masjid Rasulullah shallallahu ‘alaihu wa sallam.” (HR. Bukhari)

Tidak Boleh Keluar Masjid Setelah Dikumandangkan Adzan

Berdasarkan Hadist dari Abu Syat’tsa’:

“Kami bersama-sama dengan Abu Hurairah r.a di dalam masjid, kemudian muadzin mengumandangkan adzan, lantas ada seseorang berdiri dan keluar masjid, maka Abu Hurairah r.a mengawasinya dengan pandangannya sampai orang itu keluar dari masjid. Setelah itu Abu Hurairah r.a berkata: ‘Orang itu benar-benar telah mendurhakai Abul Qasim (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam).” (HR. Muslim)

Menunggu Waktu Sholat dengan Melakukan Hal-Hal yang Baik, Seperti Membaca Al-Qur’an, Dzikir, Memperbanyak Doa, dan Sholat Sunnah Tahiyyatul Masjid

Dari Abu Qatadah r.a, ia berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

“Jika salah seorang di angtara kalian masuk masjid, maka janganlah ia langsung duduk sampai mengerjakan shalat dua rakaat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Anas bin Malik r.a, ia berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda:

“Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqamah, maka berdoalah (kala itu).” (HR. Ahmad, Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa sanad hadist ini sahih)

Memilih Shaf Pertama dan Sebelah Kanan Bagi Laki-Laki

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah Saw bersabda:

“Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan cara mengadakan undian, pasti mereka melakukannya.” (Muttafaqun ‘alaih HR. Bukhari dan Muslim)

Menunggu Sholat dan Tidak Mengganggu yang Lainnya

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah Saw bersabda:

“Salah seorang di antara kalian dianggap terus menerus di dalam shalat selama ia menunggu shalat di mana shalat tersebut menahannya untuk pulang. Tidak ada yang menahannya untuk pulang ke keluarganya kecuali shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keluar Masjid dengan Kaki Kiri lalu Membaca Doa Keluar Masjid.

Hadist Membaca Doa Masuk dan Keluar Masjid

Dari Abu Sa’id r.a berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah “Allahumaf-tahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu).” (HR. Muslim)

Doa Masuk Masjid

doa masuk masjid

Bacaan Doa Masuk Masjid Arab

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bacaan Doa Masuk Masjid Latin

Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatika

Arti Bacaan Doa Masuk Masjid

Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.

Doa Keluar Masjid

doa keluar masjid

Bacaan Doa Keluar Masjid Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Bacaan Doa Keluar Masjid Latin

Allahumma inni as-aluka fadhlik

Arti Bacaan Doa Keluar Masjid

Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu.

Manfaat Membaca Doa Masuk dan Keluar Masjid

gambar orang keluar masuk masjid / foto by unsplash

Barang siapa yang membaca doa masuk dan keluar masjid maka akan di doakan malaikat. Seperti sabda Rasulullah Saw:

“Apabila seseorang memasuki masjid, maka dia dihitung berada dalam shalat selama shalat tersebut yang menahannya (di dalam masjid), dan para malaikat berdoa kepada salah seorang di antara kalian selama dia berada pada tempat shalatnya. Mereka mengatakan, “Ya Allah, curahkanlah rahmat kepadanya, Ya Allah ampunilah dirinya selama dia tidak menyakiti orang lain dan tidak berhadast.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Apabila kita mengawali aktivitas kita dengan mengingat Allah Swt, maka Allah akan senantiasa menjaga kita dan melindungi kita.

Dengan doa tersebut kita juga sedang meminta ampuan kepada Allah Swt atas segala dosa-dosa yang kita kerjakan baik sengaja maupun tidak. Kita meminta agar Allah Swt. membukakan pintu-pintu rahmat-Nya dan karunia-Nya.

Demikian artikel mengenai doa masuk dan keluar masjid beserta adab dan manfaat yang akan kita dapatkan. Teruslah mengerjakan apa yang Allah perintahkan, supaya kita bisa mendapatkan kenikmatan hidup. Semoga bermanfaat!

Referensi

Adab-adab yang berkaitan dengan masjid, almanhaj.or.id

16 adab pergi ke masjid disertai dalil, rumaysho.com

Doa dzikir dan wirid sehari-hari, sa’id bin ali bin wahf al-qahthani

Doa keluar dan masuk masjid lengkap beserta keutamaannya, Saintif.com

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Penutup Asmaul Husna

Simak penjelasan tentang asmaul husna, gambar asmaul husna, doa penutup asmaul husna, dan manfaat membaca asmaul husna! Asmaul…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Wudhu

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil…