Simak penjelasan tentang adab-adab dalam berpakaian, doa memakai dan melepas pakaian dan manfaat membaca doa memakai dan melepas pakaian!

foto by unsplash

Dalam Islam, diwajibkan bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan untuk menutup aurat, yaitu dengan cara menutupinya menggunakan pakaian, baik pakaian lama maupun baru.

Sebagaimana Allah Swt. berfirman:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya, dan hendaknya mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita, dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan, dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nuur: 31)

Bagaimanakah Batas Aurat Perempuan atau Laki-Laki?

Batas aurat laki-laki dan perempuan itu berbeda.

Sesungguhnya seluruh badan wanita adalah aurat, kecuali wajah dan kedua telapak tangannya.

Allah Swt. berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seleuruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata’ Asma’ binti Abu Bakar menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan memakai baju yang tipis, maka Rasulullah memalingkan pandangannya seraya berkata: “Wahai Asma’, jika seorang wanita telah baligh, maka tidak patut terlihat dari tubuhnya kecuali ini dan itu.” Seraya beliau mengisyaratkan wajah dan telapak tangannya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedangkan aurat laki-laki adalah antara pusarnya dan lututnya.

Dari ‘Amr bin Syuaib radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya anggota tubuh antara pusar dan lutut adalah aurat (bagi laki-laki).” (HR. Abu Ahmad II/187, Daruquthni I/230, dihasankan oleh Syaikh Al Albani Al Irwa’ 671)

Bagi umat Islam sudah menjadi sebuah keharusan untuk menutup auratnya. Karena hal tersebut merupakan salah satu perintah dari Allah Swt. dan jika seseorang tidak menutup auratnya maka akan mendapatkan dosa.

Dalam aktivitas sehari-hari manusia tidak bisa lepas dari pakaian, maka dari itu sebagai bentuk kepatuhan kita kepada Allah Swt, kita harus membaca doa baik saat memakai maupun saat melepas pakaian. Hal ini agar kita bisa selalu mengingat Allah sehingga  menghindarkan diri kita dari hal yang di larang Allah Swt.

Dan ada adab-adab yang mesti diperhatikan saat berpakaian, sebagai berikut

Adab-Adab Dalam Berpakaian

  1. Membaca Doa Saat Memakai Pakaian

Saat memakai pakaian hendaklah kita membaca doa, supaya kita mendapatkan kebaikan atas pakaian yang kita pakai.

  1. Berdoa Saat Memakai Pakaian Baru

Berdoa saat memakai pakaian baru, sebagai bentuk syukur kita karena Allah Swt. telah memberikan kita pakaian.

  1. Mendoakan Orang yang Berpakaian Baru

“Kenakanlah sampai lusuh, semoga Allah Ta’ala memberikan gantinya kepadamu.” (HR. Abu Daud 4/41 dan lihat pula Shahih Abu Dawud, 2/760)

“Berpakaianlah yang baru, hiduplah dengan terpuji dan matilah dalam keadaan syahid.” (HR. Ibnu Majah 2/1178, Al-Baghawi 12/41 dan lihat Shahih Ibnu Majah 2/275)

  1. Memulai Berpakaian dari Kanan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian memakai sandal, maka hendaklah ia memakai dari kanan, dan apabila melepasnya, maka hendaklah ia memulai dari kiri.” (HR. Bukhari dan Abu Daud)

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai memulai dari kanan dalam segala urusannya, dalam hal memakai sandal, bersisir, dan bersuci.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Tidak Memakai Sandal atau Sepatu Sebelah Saja

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah seseorang dari kalian berjalan dengan memakai sandal sebelah, hendaklah memakai keduanya atau melepasnya.” (HR. Bukhari 5855 dan Muslim 2097)

  1. Tidak Diperbolehkan Memakai Sutera dan Emas Bagi Laki-Laki

“Diharamkan memakai pakaian sutera dan perhiasan emas bagi kaum pria dari umatku, dan dihalalkan bagi kaum wanita mereka.” (HR. Abu Daud 4057, At Tirmidzi 1720, An Nasa’ie VIII/160, Ibnu Majah 3595)

  1. Seorang Laki-Laki Muslim Tidak Boleh Menggunakan Busana Muslimah dan Wanita Muslimah Tidak Boleh Menggunakan Busana Laki-Laki

“Allah melaknat wanita-wanita yang menyerupai pria dan pria yang menyerupai wanita.” (HR. Bukhari 5885, At Tarmidzi 2784, Abu Daud 4097, Ibnu Majah 1904)

  1. Bagi Laki-Laki Tidak Isbal

Yakni menjulurkan kainnya sampai di bawah mata kaki.

“Allah tidak akan memandang kepada orang yang mengulurkan kainnya karena sombong.” (HR. Malik, Bukhari 5788, Muslim 2087, Tirmidzi , An Nasa’ie)

“Kain yang menjulur melebihi mata kaki, (pemakai)-nya akan masuk neraka.” (HR. Bukhari)

  1. Hendaklah Bagi Seorang Muslimah Menggunakan Pakaian yang Tebal dan Longgar

“Ada dua kelompok dari umatku yang akan menjadi penghuni neraka yang belum pernah aku melihatnya. Pertama: surat kaum yang membawa cemeti seperti seekor sapi, yang digunakan untuk memukul manusia. Kedua: adanya kaum wanita yang berpakaian tetapi telanjang, berjalan berlenggak lenggok, lagi merangsang orang lain, kepalanya seperti punuk unta yang miring. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak mendapat baunya.” (HR. Ahmad dan Muslim 2128)

  1. Membaca Doa Saat Melepas Pakaian

Tidak hanya ketika memakai pakaian kita dianjurkan membaca doa, saat hendak melepas pakaian kita juga dianjurkan untuk membaca doa.

Doa Memakai Pakaian

doa memakai pakaian

Bacaan Doa Memakai Pakaian Arab

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ

Bacaan Doa Memakai Pakaian Latin

Alhamdulillahilladzi kasaaniy hadzats tsauba wa rozaqonihi min ghoiri hawlin minniy wa laa quwwatin.

Arti Bacaan Doa Memakai Pakaian

“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku.” (HR. Abu Daud no. 4023. Hasan)

Doa Memakai Pakaian Baru

doa memakai pakaian baru

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru Arab

‎اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru Latin

Allahumma lakal hamdu anta kasawtaniihi. As-aluka min khoirihi wa khoiri maa shuni’a lah, wa a’udzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a lah.

Arti Doa Memakai Pakaian Baru

“Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang ia ciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya yang ia ciptakan karenanya.” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi Al-Baghawi dan lihat Mukhtashar Syamaailit Tirmidzi, oleh Al-Albani, halaman 47)

Doa Melepas Pakaian

doa melepas pakaian

Bacaan Doa Melepas Pakaian Arab

‎بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bacaan Doa Melepas Pakaian Latin

Bismillaahilladzii laa ilaaha illaa huwa.

Arti Bacaan Doa Melepas Pakaian

“Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.”

Manfaat Membaca Doa Memakai dan Melepas Pakaian

foto by unsplash

Saat kita senantiasa mengamalkan doa ini akan dapat melindungi diri kita dari berbagai macam keburukan serta dapat diampuni dosa-dosa yang telah lalu. Nah, untuk tahu lebih banyak manfaat yang kita dapatkan, simak berikut ini:

  1. Bagi seseorang yang membaca doa ini maka akan diampuni dosa yang telah lalu
  2. Akan dijauhkan dari segala macam keburukan yang akan menimpanya
  3. Akan mendapatkan kebaikan atas pakaian yang digunakan
  4. Pelindung diri dari jin
  5. Sebagai bentuk mengingatkan diri pada Allah Swt
  6. bentuk ketakwaan kepada Allah Swt.

Demikianlah pembahasan tentang doa memakai dan melepas pakaian. Sebagai seorang muslim apabila kita dikarunia pakaian yang bagus dan layak, maka bersyukurlah, salah satunya dengan membaca doa baik saat memakai maupun saat melepasnya.


Referensi:

Panduan Adab Bagi Seorang Muslim, Hasan Abu Ayyub

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Belajar

Simak penjelasan berikut tentang kedudukan belajar dalam islam, doa setelah belajar, dan keutamaan doa setelah belajar. Belajar merupakan…
Baca Selengkapnya

Doa Istighfar

Simak penjelasan tentang doa istighfar, fadhilah dan keutamaan istighfar, dan waktu terbaik dan berapa banyak membacanya. Istigfar adalah…
Baca Selengkapnya

Doa Qunut Shubuh

simak penjelasan tentang doa qunut shubuh dan manfaat doa qunut shubuh! Doa qunut ada tiga yaitu qunut nazilah,…