Tahukah kamu apa itu doa nurbuat? Ternyata doa nurbuat sangat banyak khasiatnya lho bagi kehidupan kita. Yuk disimak penjelasannya!


Doa merupakan permohonan kepada Allah SWT dari seorang hambanya agar keinginannya dikabulkan dan terhindar dari keburukan. Doa menjadi hal yang sangat penting bagi seseorang ketika ia ditempa suatu masalah setelah usaha yang ia lakukan tak berujung hasil.

Dalam Islam banyak sekali kumpulan doa Islam yang bisa kita amalkan dan memiliki keutamaan. Salah satunya doa nurbuat yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Apasih Sebenarnya Doa Nurbuat itu?

Secara harfiyah doa nurbuat adalah salah satu doa dalam Islam yang memiliki banyak manfaat ketika kita bisa mengamalkannya.

Doa nurbuat atau sering disebut juga dengan doa nurbuwwah (Nurun Nubbuwah) yang artinya “Cahaya Kenabian”.

Doa ini memiliki manfaat yang luar biasa dan sangat manjur jika kita mengamalkannya disertai dengan niat ikhlas semata-mata karena Allah Swt.

Setiap orang bisa mengamalkan dan membacanya. Asalkan sesuai dengan tata cara yang benar.

Pada sebuah artikel yang penulis baca, menyebutkan bahwa belum diketahui secara pasti siapa yang meriwayatkan doa nurbuat.

Doa nurbuat pertama kali diajarkan Malaikat Jibril kepada Rasulullah kemudian Beliau menyampaikan kepada umatnya.

Ketika itu Rasulullah sedang bersama para sahabat selepas salat subuh berjamaah. Kemudian, Rasulullah didatangi Malaikat Jibril, seraya berkata:

“Ya Rasulullah saya diutus oleh Allah untuk menyampaikan doa nurbuat untukmu”.

Oleh sebab itu pula, doa nurbuat bisa dikatakan juga doa Jibril.

Dalam kehidupan pasti kita tidak bisa terhindar dari masalah. Karena masalah selalu datang silih berganti selama kita masih bernafas. Dan tidak ada salahnya juga ketika kita memiliki banyak masalah, kita membaca doa nurbuat agar kita dimudahkan dalam menghadapi masalah yang kita hadapi.

Tidak semua orang mau mengamalkannya. Karena ada beberapa dari kita yang masih meragukan doa tersebut.

Meskipun demikian, jika tidak ditambahkan dengan hal-hal yang diharamkan dalam Islam, doa ini boleh kita amalkan.

Namun, yang terpenting dalam sebuah doa adalah istiqomah dan tekun, disertai dengan keikhlasan. Sebab, ketika kita tidak melakukannya karena Allah, kita tidak akan mendapat apa-apa.

Bacaan Doa Nurbuat

Mungkin ada beberapa dari kita yang tidak mengetahui bahkan menghafalkan doa nurbuat. Namun, doa ini bisa dibilang cukup mudah untuk di hafalkan selagi kita mau berusaha dan mengulang-ulang bacaan.

Berikut doa nurbuat yang dapat kita hafalkan dan amalkan:

Bacaan Doa Nurbuat

Bacaan Doa Nurbuat Arab

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ  وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ ، الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Doa Nurbuat Latin

“Allaahumma dzissulthanil’adziim. Wa dzilmannil qadiim. Wa dzilwajhil kariimi wa waliyyil kalimaatittaammaati wadda’awaatil mustajaabati‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi‘ainil qudrati wannaaziriina wa‘ainil insi wal jinni.

Wa in yakaadulladziina kafaruu layuzliqunaka bi absaarihim lammaa sami’udzdzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnun.

Wa maa huwa illaa dzikrullil‘aalamiin. Wa mustajaabu luqmaanal hakiimi wa waratsa sulaimaan daawuuda‘alaihimassalaamul waduudu dzul’arsyil majiid. Thawwil‘umrii wa shahhih ajsaadii waqdi haajatii waktsir amwaalii wa au laadii wa habbib linnaasi ajma’iin.

Wa tabaa’adil‘adaawata kullahaa min bani aadama‘alaihissalaamu man kaana hayyan wa yahiqqoal qaulu‘alal kaafiriin. Wa qul jaa al haqqu wa zahaqal baathilu innal baathila kaana zahuuqan.

Wanunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa un wa rohmatun lilmu’miniin. Wa laa yaziiduzzaalimiina illaa khasaaraa. Subhaana rabbika rabbil‘azzati‘ammaa yashifuun. Wa salaamun‘alalmursaliina wal hamdulillaahirabbil‘aalamiin.”

Arti Doa Nurbuat

 “Wahai Tuhanku, dzat yang memiliki kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki dzat yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata manusia dan jin.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu (Muhammad) dengan pandangan mereka,ketika mendengar Alquran (dibaca) lalu mereka berkata:

“Sesungguhnya (Muhammad) itu benar-benar orang gila. Dan Alquran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi semua umat. Dan mengijabahi Lukmanul Hakim dan Sulaiman yang telah mewarisi Daud as.

Allah adalah dzat yang maha pengasih lagi memiliki singgasana (arsy) yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyaklah harta bendaku dan anakku, cintakan semua orang, jauhkanlah permusuhan anak cucu Adam a.s. dari orang-orang kafir.”

Dan katakanlah: “Yang haq telah datang dan yang batil telah musnah. Sesungguhnya yang batil itu pasti musnah.”

Dan kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang beriman, dan Alquran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian.

Maha suci Allah, Tuhan yang Maha Mulia dari segala sifat yang diberikan orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan tetap bagi para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Bacaan Doa Nurbuat (suara)

Untuk lebih jelasnya bisa kamu dengarkan rekaman doa nurbuat yang dibacakan yang kami unduh dari channel RELIGI ABDILLAH di youtube ini.

Khasiat Doa Nurbuat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Bahwa membaca doa nurbuat dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kita.

Berikut beberapa khasiat yang kita dapatkan dari doa nurbuat dikutip dari berbagai sumber:

Terkabulnya Segala Hajat

Bagi siapapun yang membaca dan mengamalkannya, maka akan terkabul segala hajatnya. Namun, harus dibarengi juga dengan usaha yang maksimal.

Selalu Mengingatkan Kita Pada Keagungan Allah

Terdapat kalimat dalam doa tersebut yang menyebut mengenai pujian kepada Allah Swt, yaitu pada kalimat awal.
Dengan begitu, jika kita sering membaca dan mengamalkannya maka kita akan selalu mengingat Allah Swt.

Dijauhkan Dari Permusuhan

Dalam doa ini terdapat lafal yang menyatakan memohon agar terhindar dari musuh. Hal ini agar manusia bisa saling menyayangi satu sama lain dan terhindar dari permusuhan.

Malaikat Memohonkan Ampunan Kepada Allah Atas Dosa-Dosa Kita

Kita sebagai manusia tidak pernah luput dari dosa. Untuk itu ada khasiat yang kita peroleh saat mengamalkan doa nurbuat salah satunya malaikat akan senantiasa memohon ampunan kepada Allah atas dosa yang telah kita perbuat.

Kita bisa mengamalkannya selalu, baik waktu malam atau pagi.

Di Beri Umur yang Panjang

Dalam doa nurbuat terdapat lafal yang bermakna panjangkanlah umurku. Itu artinya jika kita mengamalkannya maka akan memperpanjang umur kita.

Ditambahkan Rizky

Ini mengingatkan kita bahwa Allah maha kaya. Jadi, mohonlah segala sesuatu kepada-Nya termasuk perihal rizky. Jika kita banyak berdoa, maka Allah akan menambah rizky bagi kita.

Melindungi Diri Dari Sihir dan Sejenisnya

Dengan membaca doa nurbuat, kita bisa terhindar dari sihir. Jika kita tidak bisa membacanya dan menghafalkannya, kita bisa menulisnya dan menyimpannya agar terhindar dari sihir dan sejenisnya.

Membantu Bertemu Nabi Lewat Mimpi

Kata orang dengan kita mengamalkan doa nurbuat akan membantu kita bertemu nabi lewat mimpi. Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti menginginkannya.

Supaya kita bisa mendapatkan khasiat dari doa nurbuat, kita harus membacanya sebanyak 100 kali sebelum tidur.

Menyembuhkan Segala Penyakit

Doa ini mengandung permohonan untuk menyembuhkan segala penyakit yang menimpa tubuh kita.

Wajah Tampak Lebih Cerah

Apalagi membacanya dengan istiqomah akan membuat wajah kita terlihat lebih cerah. Hal ini karena doa nurbuat sendiri mengandung arti cahaya kenabian.


Banyak sekali khasiat yang dapat kita peroleh saat mengamalkan doa nurbuat. Namun, semua harus diimbangi dengan kerendahan hati dan keikhlasan semata-mata karena Allah.

Semoga segala doa yang kita panjatkan segera Allah kabulkan. Yuk, segera amalkan doa nurbuat ini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Belajar

Simak tentang doa sebelum belajar, adab berdoa sebelum belajar, belajar dan menuntut ilmu menurut hukum islam, dan manfaat…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Adzan

Adzan merupakan panggilan ibadah sholat bagi umat Islam yang umumnya menggunakan Bahasa arab. Adzan dikumandangkan lima kali dalam…
Baca Selengkapnya

Doa Bercermin

Simak penjelasan tentang ✓ doa bercermin, ✓ tata cara membaca doa bercermin dan ✓ keutamaan membaca doa bercermin.…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Wudhu

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Wudhu

Setiap ibadah dalam Islam memiliki ketentuan dan tata cara yang berbeda-beda. Hal ini berlaku juga untuk urusan wudhu,…