Simak penjelasan berikut tentang doa pagi hari, amalan pagi hari dan manfaat membaca doa pagi hari!

waktu pagi / foto by unsplash

Doa pagi hari merupakan awal yang baik untuk memulai hari. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap pagi selalu mengawali harinya dengan memanjatkan doa untuk umatnya. Dijelaskan dalam sebuah hadist bahwa Nabi berdoa kepada Allah agar memberi keberkahan di waktu pagi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka.” (HR. Tirmidzi)

Di antara kebiasaan Nabi adalah ketika mengutus pasukan, maka beliau mengutusnya pagi hari. Sahabat Shakr radhiyallahu ‘anhu adalah seorang pedagang. Beliau biasa mengirim dagangannya sejak pagi hari sehingga dia menjadi kaya dan banyak harta. (HR. Abu Daud)

Mengapa waktu pagi dipenuhi keberkahan di banding waktu yang lain?

Karena waktu pagi adalah waktu yang biasanya digunakan manusia untuk memulai aktivitasnya (amalnya). Sehingga ia masih memiliki semangat yang cukup besar serta badan yang masih fit.

Kita tidak dianjurkan di waktu pagi sebagai waktu yang tepat untuk berleyeh-leyeh, sebab waktu pagi Allah sedang membuka pintu-pintu rezeki bagi kita. Maka, keluarlah untuk beraktivitas dan jangan bermalas-malasan.

Perlu diperhatikan pula bahwa waktu pagi adalah waktu yang di benci untuk tidur. Karena banyaknya kebaikan yang akan kita dapatkan. Jadi, sangat di sayangkan jika kita menyia-nyiakan waktu tersebut.

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

“Termasuk perbuatan yang dibenci para salafus shalih adalah tidur antara shubuh dan terbitnya matahari karena itu adalah waktu yang sangat berharga. Siapa yang melewati waktu tersebut akan mendapat keuntungan yang besar. Sampai-sampai apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya rezeki, waktunya pembagian, dan waktu datangnya keberkahan. Dari situlah bermulanya perjalanan hari dan semua hukum yang terjadi. Semestinya tidur di waktu itu akan menjadi tidur yang gelisah dan tidak nyenyak.”

Doa Waktu Pagi

Doa Waktu Pagi Singkat

doa pagi hari singkat

Bacaan Doa Waktu Pagi Singkat Arab

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan sejumlah doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dibaca di pagi hari, dikutip oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, (Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/ 1391 H), Halaman 63:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Bacaan Doa Waktu Pagi Singkat Latin

Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

Arti Bacaan Doa Waktu Pagi Singkat

Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali. (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Bacaan Doa Waktu Pagi Panjang

doa pagi hari panjang

Bacaan Doa Waktu Pagi Panjang Arab

Selain doa singkat itu, Imam An-Nawawi juga mengutip doa pagi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim berikut ini

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Bacaan Doa Waktu Pagi Panjang Latin

Ashbahna wa ashbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fī hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha. Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A‘udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

Arti Bacaan Doa Waktu Pagi Panjang

“Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).

Bacaan Doa Pagi Hari Lainnya

Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh

doa pagi hari setelah mengerjakan sholat shubuh
Bacaan Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh Arab

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Shubuh Latin

“Allahumma ìnnì as aluka ‘ìlman naafì’aa wa rìzqan toyyìbaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.”

Arti Bacaan Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik (halal) dan amal yang diterima.” (HR Ibnu As – Sunni).

Ayat Kursi (QS. Al-Baqarah: 255)

ayat kursi
Bacaan Ayat Kursi Arab

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Arti Bacaan Ayat Kursi

Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

Surat Al-Ikhlas

surat al-ikhlas
Surat Al-Ikhlas Arab

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Surat Al-Ikhlas Latin

Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahụ kufuwan ahad.

Arti Surat Al-Ikhlas

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.” (QS. Al-Ikhlas: 1-4)

Surat Al Falaq

surat al falaq
Bacaan Surat Al Falaq Arab

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Bacaan Surat Al Falaq Latin

Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.

Arti Bacaan Surat Al Falaq

Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” (QS. Al-Falaq: 1-5)

Surat An-Nas

surat an-nas
Bacaan Surat An-Nas Arab

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Bacaan Surat An-Nas Latin

Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.

Arti Bacaan Surat An-Nas

Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (QS. An-Nas: 1-6)

Amalan di Pagi Hari

Dilansir dari Rumaysho.com, ada amalan-amalan yang bisa kita kerjakan di waktu pagi, berikut:

  1. Membaca Al-Qur’an dan Memahami Maknanya

Waktu pagi, waktu yang cocok untuk kita gunakan untuk membaca Al-Qur’an. Ingatlah bahwa Al-Qur’an dapat memberikan kita syafa’at kita di akhirat kelak.

Dari Umamah Al Bahilly, beliau berkata: “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bacalah Alquran karena Alquran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafaat) bagi yang membacanya. Bacalah Az Zahrowain (dua surat cahaya) yaitu surat Al Baqarah dan Ali Imron karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut. Bacalah pula surat Al Baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya.” (HR. Muslim no 1910)

  1. Mengulang Hafalan Al-Qur’an

Kita bisa memanfaatkan waktu pagi kita untuk mengulang hafalan Al-Qur’an. Karena waktu pagi adalah waktu terbaik  untuk menghafal ketimbang waktu siang. Bagi kita yang memiliki hafalan, ikatlah hafalan tersebut dengan banyak mengulangnya. Dari Abdullah bin ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya orang yang menghafalkan Al-Qur’an adalah bagaikan unta yang diikat. Jika diikat, unta itu tidak akan lari. Dan apabila dibiarkan tanpa diikat, maka dia kan pergi.” (HR. Bukhari no. 5031 dan Muslim no. 789)

  1. Membaca Dzikir-Dzikir Pagi

Diantara banyak bacaan dzikir di pagi hari yang mudah adalah bacaan istighfar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah aku berada di pagi hari (antara terbit fajar hingga terbit matahari) kecuali aku telah beristighfar pada Allah sebanyak 100 kali.” (HR. An Nasa’i. dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash Shohihah no 1600. Lihat Al Mu’jam Al Awsath lith Thobroniy, 8/432, Asy Syamilah))

  1. Menuntut Ilmu Agama

Waktu pagi bisa kita gunakan untuk menuntut ilmu agama. Kita bisa melakukannya dengan menghadiri majelis ilmu atau membaca buku kitab para ulama.

Manfaat Membaca Doa Pagi Hari

Ada beberapa manfaat yang akan kita peroleh jika kita mengamalkan doa pagi hari ini dalam kehidupan sehari- hari kita, berikut:

waktu pagi / foto by pixabay
  1. Mendapatkan Perlindungan dari Allah Swt

Kita berdoa dengan maksud ingin meminta perlindungan dari Allah Swt. dan barangsiapa yang berdzikir memuji kebesaran Allah maka ia akan terlindungi dari keburukan.

  1. Waktu yang Penuh Keberkahan

Waktu yang berkah adalah waktu yang di dalamnya dipenuhi dengan kebaikan. Dan salah satu waktu yang penuh berkah itu adalah waktu pagi. Hal ini seperti hadist yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam di atas.

  1. Terkabulnya Doa

Waktu pagi adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Sebab waktu pagi di dalamnya terdapat banyak keberkahan. Maka, berdoalah di waktu pagimu supaya doamu terkabulkan.

  1. Membuka Pintu Rezeki

Seperti yang telah dikatakan oleh Imam Ibnul Qayyim rahimahullah bahwa waktu pagi adalah waktu dimana rezeki-rezeki dibukakan oleh Allah Swt.

  1. Memberikan Ketenangan

“… Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28)

  1. Semangat dalam Beraktivitas

Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorang pun yang membebani dirinya diluar kemampuannya kecuali dia dikalahkan. Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh). Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya. Perhatikanlah ada pahala dibalik amal yang kontinu. Lakukanlah ibadah (secara kontinu) diwaktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” (HR. Bukhari no. 39 lihat penjelasan hadist ini di Fathul Bari)

  1. Dijauhkan dari Sifat Malas

Saat kita malas melakukan aktivitas di siang hari salah satu penyebabnya adalah melupakan doa waktu pagi hari.

Demikian ulasan tentang doa pagi hari. Ketika kita memulai waktu pagi kita dengan doa, maka setiap aktivitas yang kita lakukan akan mendapatkan keberkahan serta perlindungan dari Allah Swt. Semoga bermanfaat!

Referensi:

Bacaan dzikir pagi, Rumaysho.com

Meminta perlindungan dari bahaya pada pagi dan petang hari, Rumaysho.com

Keberkahan di waktu pagi, rumaysho.com

Kiat-kiat mengisi waktu pagi, rumaysho.com

Doa pagi hari rasulullah saw, islam.nu.or.id

Keutamaan dan keberkahan waktu pagi, muslim.or.id

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Belajar

Simak tentang doa sebelum belajar, adab berdoa sebelum belajar, belajar dan menuntut ilmu menurut hukum islam, dan manfaat…
Baca Selengkapnya

Doa Sayyidul Istighfar

Keutamaan mengenai bacaan doa sayyidul istighfar dalam Arab, Latin serta Artinya serta hadist yang membahas bacaan doa sayyidul…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Adzan

Adzan merupakan panggilan ibadah sholat bagi umat Islam yang umumnya menggunakan Bahasa arab. Adzan dikumandangkan lima kali dalam…
Baca Selengkapnya

Doa Ziarah Kubur

simak penjelasan tentang adab ziarah kubur, hadist tentang membaca doa ziarah kubur, doa ziarah kubur, dan manfaat membaca…