simak penjelasan tentang doa qunut shubuh dan manfaat doa qunut shubuh!

foto by pixabay

Doa qunut ada tiga yaitu qunut nazilah, qunut shubuh dan qunut witir. Dalam artikel ini akan kita bahas terkait qunut shubuh.

Saat kita hendak melaksanakan sholat subuh kita disunnahkan untuk membaca doa qunut. Doa ini dilakukan ketika ruku di rakaat terakhir pada saat pelaksanaan sholat shubuh.

Terkait anjuran mengenai pelaksanaan doa qunut shubuh dari kalangan ulama berbeda-beda pendapat. Dari mazhab syafi’i dan maliki berpendapat bahwa melaksanakan doa qunut ketika shubuh merupakan hal yang dianjurkan. Hal ini sesuai dengan hadist dari Anas bin Malik,

“Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia,” (HR. Ahmad).

Sedangkan dari mazhab hanbali dan hanafi memiliki pandangan bahwa melaksanakan doa qunut tidak dianjurkan dalam sholat shuhuh. Pandangan ini di dasari pada hadist berikut:

 “Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut ketika shalat fajar (shalat Subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum” (HR Muslim).

“Rasulullah melakukan qunut selama sebulan, mendoakan jelek kepada satu kelompok (salah satu kabilah dari Bani Sulaim) kemudian beliau tidak melakukan qunut lagi” (HR. Bukhari Muslim).

Menurut Imam An Nawawi, qunut shubuh hukumnya sunah muakkadah, artinya meninggalkannya tidak dapat membatalkan sholat, namun dianjurkan sujud syahwi, baik sengaja maupun tidak.

Doa Qunut Shubuh

doa qunut shubuh

Bacaan Doa Qunut Shubuh Arab

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Doa Qunut Shubuh Latin

Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam

Arti Bacaan Doa Qunut Shubuh

“Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”.

Doa qunut shubuh di atas dibaca ketika sholat sendirian. Apabila dilakukan secara berjamaah, imam harus mengubah lafadz “ihdini” (berilah aku petunjuk)” menjadi “ihdina” (berilah kami petunjuk)”.

Saat membaca doa qunut, imam di haruskan mengeraskan suaranya serta makmum mengamininya. Dianjurkan juga untuk mengangkat tangan seperti doa pada umumnya

Alangkah lebih utamanya lagi, ketika berdoa yang berhubungan dengan harapan dan permintaan, telapak tangan menghadap ke atas, namun saat berdoa yang berhubungan dengan menolak bala atau dijauhkan dari musibah yang terjadi, punggung telapak tangan menghadap ke atas.

Manfaat Doa Qunut Shubuh

Umumnya doa qunut dipanjatkan untuk memohon perlindungan dan terhindar dari berbagai penyakit, namun ada manfaat lain yang mungkin kita dapatkan, sebagai berikut:

  1. Dapat memperoleh keberkahan atas semua amal perbuatan
  2. Pertolongan Allah Swt terhadap mara bahaya yang akan menimpa kita
  3. Akan memperoleh kebaikan dari Allah Swt
  4. Allah akan memberikan kita petunjuk dan membimbing kita ke arah yang benar

Demikian ulasan mengenai doa qunut shubuh. Semoga apa yang kita kerjakan bisa menuai pahala serta berkah yang berlimpah. Stay safe and healthy!

Referensi

Tata Cara Qunut Shubuh, islam.nu.or.id

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Belajar

Simak penjelasan berikut tentang kedudukan belajar dalam islam, doa setelah belajar, dan keutamaan doa setelah belajar. Belajar merupakan…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Wudhu

Setiap ibadah dalam Islam memiliki ketentuan dan tata cara yang berbeda-beda. Hal ini berlaku juga untuk urusan wudhu,…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Makan

Simak penjelasan tentang doa setelah makan, adab setelah makan dan hikmah membaca doa setelah makan. Saat kita mengawali…
Baca Selengkapnya

Doa Bangun Tidur

Simak penjelasan tentang doa bangun tidur, adab bangun tidur, keistimewaan doa bangun tidur dan kekuatan doa bangun tidur.…