Keutamaan mengenai bacaan doa sayyidul istighfar dalam Arab, Latin serta Artinya serta hadist yang membahas bacaan doa sayyidul istighfar.

apa itu doa sayyidul istighfar / foto by pixabay

Istighfar adalah permohonan ampun kepada Allah Swt. atas dosa-dosa yang telah kita lakukan baik sengaja atau tidak. Sedangkan sayyidul istighfar (pemimpin istighfar) merupakan istighfar yang paling utama, atau paling baik.

Mengapa paling utama atau paling baik? Karena di dalamnya terdapat beberapa kalimat istighfar yang berisikan mengenai kesaksian hamba kepada Allah Sang pencipta alam semesta dan seisinya, pengakuan nikmat dan dosa. Oleh sebab itu, sayyidul istigfar juga bisa dikatakan sebagai raja dari semua doa memohon ampunan.

Setiap umat Islam dianjurkan untuk membaca istighfar setiap harinya. Karena manusia tidak pernah luput dari kesalahan, maka dengan membaca istighfar Allah akan memperbaikinya. Sebab, Allah sangat senang ketika hamba-Nya memohon ampun kepada-Nya.

Kapan waktu terbaik untuk membaca doa sayyidul istighfar?

Doa sayyidul istighfar memiliki keutamaan serta kedudukan yang tinggi, maka setelah selesai mengerjakan sholat kita dianjurkan untuk membacanya. Waktu terbaik lainnya yaitu ketika dzikir pagi dan petang.

Simak doa sayyidul istighfar berikut ini:

Doa Sayyidul Istighfar

Doa sayyidul istighfar ini meliputi banyak makna, diantaranya: taubat, merendahkan diri kepada Allah Swt, dan kembali menghadap kepada-Nya. Bacaan doa sayyidul istighfar didasarkan pada hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari:

doa sayyidul istighfar

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Arab

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Latin

“Allahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtnii wa anna ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika. Mastatha’tu a’uudzu bika min syarri maa shana’tu abuu u laka bini’ matika ‘alayya wa abuu-ubidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta”.

Arti Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu. Dan aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”.

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar (Suara)


Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Doa sayyidul istigfar merupakan doa yang menjadi seagung-agungnya istigfar dan paling utama yang memiliki kandungan makna paling sempurna dari sebuah doa.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam menyebutkan jika kita mengamalkan doa sayyidul istighfar setiap pagi dan petang akan memperoleh ganjaran berupa janji di masukkan sebagai penghuni surga.

“Siapa yang membaca sayyidul istighfar di sore hari, lalu ia meninggal di malam itu, niscaya ia termasuk penghuni surga. Demikian juga berlaku bagi mereka yang membaca sayyidul istighfar di pagi hari, lalu wafat di hari itu juga, niscaya ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari)

Saat membaca doa sayyidul istighfar agar keutamaan bisa kita peroleh, harus dengan penuh keyakinan, niat yang ikhlas karena Allah Swt. dan meminta ampunan hanya kepada Allah Swt.


Gambar Doa Sayyidul Istighfar (Arab, Latin, dan Arti)

doa sayyidul istighfar lengkap

Hadits Lengkap Tentang Bacaan Sayyidul Istighfar

Dari Syaddad ibn Aus Radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda:

سيد الاستغفار أن تقول

(istighfar yang paling utama yaitu engkau akan membaca)

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

(“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu. Dan aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”.) (HR. Bukhari)


Demikian pembahasan tentang doa sayyidul istighfar beserta keutamaannya. Kerjakanlah amalan ini secara rutin saat pagi maupun petang atau waktu-waktu tertentu lainnya, sesungguhnya Allah menyukai hamba-Nya yang selalu memohon ampunan kepada-Nya.

Semoga kebaikan selalu menyertai langkah kita dan tetaplah semangat untuk menjalani kehidupan dunia ini!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Bercermin

Simak penjelasan tentang ✓ doa bercermin, ✓ tata cara membaca doa bercermin dan ✓ keutamaan membaca doa bercermin.…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Wudhu

Setiap ibadah dalam Islam memiliki ketentuan dan tata cara yang berbeda-beda. Hal ini berlaku juga untuk urusan wudhu,…
Baca Selengkapnya

Doa Iftitah

Barangsiapa yang hendak melaksanakan sholat, sebelum takbiratul ihram maka haruslah ia berniat untuk mengerjakan sholat.  Kemudian dia membaca…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Makan

Simak penjelasan tentang doa setelah makan, adab setelah makan dan hikmah membaca doa setelah makan. Saat kita mengawali…
Baca Selengkapnya

Niat Wudhu

Sesungguhnya peranan niat bagi kehidupan seorang hamba teramatlah penting, terutama dalam hal amal-amal yang akan dikerjakan. Maka dari…