Simak tentang doa sebelum belajar, adab berdoa sebelum belajar, belajar dan menuntut ilmu menurut hukum islam, dan manfaat doa sebelum belajar

Belajar merupakan serangkaian aktivitas yang dikerjakan oleh manusia mencakup proses pemahaman, pendengaran dan peniruan untuk memperoleh pengalaman yang baru sesuai dengan Alquran dan Hadist dan dilakukan baik laki-laki maupun perempuan.

Tujuan belajar dalam Islam yaitu untuk mengembangkan ilmu serta bentuk pengabdian diri kita pada Allah Swt.

doa sebelum belajar

Sebagai seorang muslim kita memiliki kewajiban untuk belajar. Baik belajar di sekolah maupun dari aktivitas yang lainnya. Karena belajar merupakan sarana kita memperoleh ilmu yang nantinya kita gunakan sebagai bekal di akhirat kelak.

Ilmu yang kita peroleh pada akhirnya menjadi sesuatu yang harus kita amalkan demi kesejahteraan umat manusia dan lingkungannya.

Belajar dilakukan oleh siapapun, tanpa memandang apakah masih anak-anak, remaja, maupun dewasa. Sebab, memuntut ilmu dilakukan sejak lahir sampai akhir hayat.

Ada sebuah pepatah yang begitu popular di telinga kita yang berbunyi: “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Artinya bahwa menuntut ilmu itu tanpa batas, bisa datang dari mana saja dan kapan saja.

Bahkan ayat pertama yang diturunkan adalah iqra yang artinya “bacalah” yang sebagian besar ulama menafsirkannya sebagai seruan untuk menuntut ilmu.

Dengan proses belajar ini yang awalnya kita tidak tahu menjadi tahu dan yang awalnya tidak memiliki keterampilan jadi memiliki keterampilan.

Dalam sebuah hadist di sebutkan bahwa dengan menuntut ilmu, Allah akan mudahkan jalan kita ke surga.

“Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga”.
(HR. Muslim)

Banyak-banyaklah belajar karena ia sarana memperoleh ilmu. Kalau kita tidak belajar sama saja kita tidak mau berusaha untuk menjadikan hidup lebih berarti.

Belajar bisa dari mana saja bukan hanya dari sekolah. Bisa dari buku yang kita baca, atau ceramah yang kita dengar.

Jangan jadikan usia sebagai batas untuk belajar. Meskipun usia setiap hari semakin menua namun, ilmu kita akan semakin bertambah selama mau mengasah dan mencari.

Allah Swt. berfirman:

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِيْنَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: “Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui?. Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.”. (Qs. Az Zumar: 9)

Dari ayat di atas dijelaskan bahwa orang yang memiliki ilmu itu berbeda dengan orang yang tidak memiliki ilmu. Orang yang memiliki ilmu akan memperoleh nilai yang tinggi begitupun sebaliknya.

Maka, belajarlah setiap hari. In syaa Allah ilmu yang kita dapat akan semakin bertambah terus dan terus.

Doa Sebelum Belajar

Seperti aktivitas-aktivitas yang lain, ketika ingin belajar harus di awali dengan doa. Doa yang akan melindungi kita selama proses belajar berlangsung dan akan memperoleh pahala dari Allah Swt.

Selain memperoleh pahala, berdoa sebelum belajar juga menjadi harapan kepada Allah agar ilmu yang kita peroleh membawa manfaat.

Bacaan Doa Sebelum Belajar Arab

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Bacaan Doa Sebelum Belajar Latin

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar

“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Bacaan Doa Sebelum Belajar (Suara)


Bacaan Doa Sebelum Belajar Versi Singkat

Untuk doa sebelum belajar versi singkat, seperti berikut ini:

Bacaan Doa Sebelum Belajar Versi Singkat Arab

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Doa Sebelum Belajar Versi Singkat Latin

“Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.”

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar Versi Singkat

 “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku kemampuan untuk memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh.”

Bacaan Doa Sebelum Belajar Versi Singkat


Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah

Untuk bacaan doa sebelum belajar sesuai dengan sunnah, dapat kamu ketahui seperti di bawah ini:

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah Arab

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah Latin

“Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin.”

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah

“Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.”

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah


Adab Berdoa Sebelum Belajar

Agar aktivitas yang dikerjakan memperoleh berkah dan manfaat, harulah sesuai dengan adab-adab yang ada. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum belajar:

Menjaga Niat dalam Menuntut Ilmu

Maka hendaklah seorang hamba menuntut ilmu dengan ikhlas semata-mata karena Allah Swt. bukan untuk mencari ketenaran yang sifatnya sementara atau dari materi-materi dunia.

“Barangsiapa yang mencari (menuntut) ilmu yang mestinya dia niatkan untuk mencari wajah Allah. Namun dia tidak mencarinya kecuali untuk kesenangan dari kesenangan-kesenangan dunia, makai a tidak akan bisa mencium baunya Jannah dihari kiamat kelak.” (HR. Muslim II/338, Abu Daud 3664, Hakim I/85, Ibnu Hiban 78, dishahihkan oleh al_Albani didalam Shahibul Jami’ 6159 demikian pula adz_Dzahaby dalam al_Kabair 38/159 Daar al_Aqidah)

Tawadhu’ dalam Menuntut Ilmu

Untuk seseorang yang menuntut ilmu wajib memiliki sifat tawadhu’ (rendah hati) dan tidak menyombongkan dirinya sendiri, sebab sifat sombong akan menghalanginya mendapatkan ilmu tersebut. Dengan memiliki sifat rendah hati itulah menjadi sebab pencari ilmu banyak mendapatkan ilmu.

Pandai dalam Memilih Teman

Seorang penuntut ilmu hendaklah memilih teman yang fakih (berilmu) dan tidak banyak bergaul dengan orang-orang yang buruk.

“Seseorang berada di atas agama temannya, maka hendaknya seseorang di antara kamu melihat kepada siapa dia bergaul.” (HR. Ahmad, Abu Dawud)

Mengkonsumsi yang Halal

Bagi seorang penuntut ilmu mengkonsumsi makanan yang halal merupakan sebuah kewajiban. Tidak hanya penuntut ilmu, namun bagi kaum muslim mengkonsumsi yang halal hukumnya wajib.

Haruslah seorang penuntut ilmu untuk lebih hati-hati dalam memilih makanan yang akan di konsumsi. Sebab halal haramnya akan berpengaruh dari ilmu yang ia dapat apakah penuh berkah atau tidak

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. Al-Maidah ayat 172)

Tidak Menyibukkan Diri untuk hal-hal yang Tidak Bermanfaat

Menuntut ilmu telah menjadi kewajiban bagi kita, maka dari itu dianjurkan untuk bisa meminimalisir kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan proses menuntut ilmu. Hal ini karena dapat menyia-nyiakan waktu yang ada tanpa mendapatkan manfaat yang jelas.

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Diantara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.” (HR. At-Tirmidzi no. 3972, syaikh al-Albani mengatakan hadist ini shahih)

Menjaga Diri dari Berbuat Dosa

Ilmu merupakan cahaya yang Allah Swt. berikan kepada hati setiap hamba yang telah Ia kehendaki. Dan cahaya itu tidak Allah berikan kepada hamba yang banyak maksiat.

Selektif Memilih Guru

Penuntut ilmu harus berusaha mencari sosok figure yang baik yang memiliki pemahaman dien yang cukup dan kafabel. Selain itu, guru tersebut hendaklah seseorang yang sholih dan figure guru yang tidak semata-mata mengejar dunia dari ilmu yang ia punya.


Belajar dan Menuntut Ilmu Menurut Hukum Islam

Seseorang yang sedang menuntut ilmu akan memperoleh ganjaran dari Allah Swt. Hal ini sesuai dengan hadist berikut ini:

“Barang siapa memberikan petunjuk kebaikan, maka baginya akan mendapatkan ganjaran seperti ganjaran yang diterima oleh orang yang mengikutinya, dan tidak berkurang sedikitpun hal itu dari ganjaran orang tersebut”.
(HR. Muslim)

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan HR. Muslim di jelaskan pula bahwa terdapat tiga amalan yang tidak akan putus bahkan ketika seseorang telah meninggal dunia yang salah satu amalannya adalah ilmu yang bermanfaat.

“Jika manusia telah meninggal maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariya (yang tahan lama), ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh (berakhlak baik) yang mendoakan kedua orang tuanya.”
(HR. Muslim)

Menuntut Ilmu Dari Segi Ibadah

Dari segi ibadah, orang yang menuntut ilmu akan diangkat derajatnya beberapa kali lipat dari orang yang tak berilmu serta akan memperoleh pahala dari Allah Swt.

Allah Swt. berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, ‘Berdirilah kamu,’ maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Mujadalah ayat 11)

Orang berilmu itu tinggi derajatnya sebab ibadah seseorang akan rugi jika tidak dilandasi dengan ilmu yang memadai. Ini menandakan bahwa orang yang memiliki ilmu lebih mulia dibandingkan yang hanya memiliki harta berlimpah.

Menuntut Ilmu dari Segi Jihad

Dalam berjihad harus dilandasi dengan ilmu. Jika jihad tidak disertai dengan ilmu, maka jihad tidak bermakna apa-apa. Dan menurut ulama, menuntut ilmu itu jihad yang paling utama dibanding mengangkat senjata


Manfaat Doa Sebelum Belajar

Akan banyak manfaat yang kita dapatkan ketika kita bisa mengamalkan doa sebelum belajar dalam keseharian kita. Berikut 5 manfaat doa sebelum belajar yang dapat kamu rasakan jika mengamalkannya:

1. Terhindar dari adanya masalah

Untuk memperoleh ilmu terkadang kita harus melewati berbagai rintangan. Tentunya akan berdampak pada melambatnya waktu untuk memperoleh ilmu tersebut. Maka dari itu sebelum memulainya lebih baik berdoa terlebih dahulu agar terhindar dari masalah.

2. Tujuan yang jelas

Agar terhindar dari keragu-raguan saat menuntut ilmu seseorang haruslah memiliki tujuan yang jelas.

3. Melatih kesabaran

Kesabaran dalam hal ini tidak dengan begitu saja pasrah dengan apa yang terjadi tapi, juga diiringi dengan ikhtiar dan doa yang terus di panjatkan. Saat seseorang telah berusaha sebisa mungkin dan menjalani proses demi proses dengan ikhlas maka itulah yang disebut kesabaran.

4. Mendapatkan jawaban

Saat kita tengah belajar pasti diiringi dengan kesulitan, maka dari itu dengan membaca doa maka Allah akan mudahkan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kita sebelumnya.

5. Bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat

Segala sesuatu yang di awali dengan doa pasti akan berakhir bahagia.


Dengan ilmu kita hidup. Tanpa ilmu kita sia-sia. Selama masih bernafas tuntutlah ilmu kapanpun dan dimanapun kamu berada. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Niat Wudhu

Sesungguhnya peranan niat bagi kehidupan seorang hamba teramatlah penting, terutama dalam hal amal-amal yang akan dikerjakan. Maka dari…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Wudhu

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil…
Baca Selengkapnya

Doa Bercermin

Simak penjelasan tentang ✓ doa bercermin, ✓ tata cara membaca doa bercermin dan ✓ keutamaan membaca doa bercermin.…