Berikut akan disajikan doa sebelum makan, adab sebelum dan saat makan, dan makna doa sebelum makan.

Manusia hidup memerlukan makanan untuk mereka makan dan minuman untuk mereka minum. Jika manusia tidak makan ataupun minum, kesehatan mereka akan terganggung dan hal ini bisa menyebabkan adanya kematian.

doa sebelum makan / foto by pixabay

Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap harinya agar asupan gizi tetap tercukupi dan memberikan tenaga kepada manusia untuk beraktivitas.

Nah, sebelum makan kita juga dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Dengan berdoa diharapkan makanan atau minuman yang akan kita santap membawa kebaikan bagi kita.

Doa Sebelum Makan

Saat kita hendak menyantap makanan atau minuman, selalulah mengawalinya dengan membaca doa terlebih dahulu. Supaya apa yang kita makan atau minum selain menyehatkan tubuh juga sebagai sarana memperoleh pahala dan keberkahan atas makanan atau minuman yang kita santap.

doa sebelum makan

Bacaan Doa Sebelum Makan Arab

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Doa Sebelum Makan Latin

Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar

Arti Bacaan Doa Sebelum Makan

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”


Doa Saat Kita Lupa Berdoa Sebelum Makan

Namun, saat kita lupa membaca doa sebelum makan apa yang harus kita lakukan?
Saat kamu lupa membaca doa sebelum makan bacalah doa ini!

doa saat kita lupa berdoa sebelum makan

Bacaan Doa Saat Kita Lupa Berdoa Sebelum Makan Arab

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bacaan Doa Saat Kita Lupa Berdoa Sebelum Makan Latin

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Arti Bacaan Doa Saat Kita Lupa Berdoa Sebelum Makan

“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya.”


Adab Sebelum Makan

Berikut akan disajikan adab-adab yang mesti kita perhatikan sebelum makan, yaitu:

Konsumsi Makanan atau Minuman yang Halal dan Baik.

Makanan dan minuman yang halal akan membuat kehidupan kita lebih berkah. Berbeda dengan makanan dan minuman yang baik akan membuat tubuh kita lebih sehat dan kuat.

Allah Swt. berfirman:

“Makanlah yang baik-baik dari apa yang telah Kami rezkikan kepadamu.” (QS. Al-A’raf : 160)

Mencuci Tangan, dan Berwudhu Bagi yang Junub.

Sebelum makan maka hendaklah kita mencuci tangan terlebih dahulu supaya tangan kita bersih dan terhindar dari kotoran yang menempel di tangan.

Rasulullah Saw. bersabda:

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata: “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasalam apabila hendak makan beliau mencuci tangannya terlebih dahulu.” (HR. An-Nasa’i)

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasalam apabila junub lalu hendak makan, atau tidur, maka beliau berwudhu seperti wudhu untuk sholat.” (HR. Bukhari 288, Muslim 305, syaikh Abu Malik mengatakan shahih)

Makan di Atas Lantai atau Tikar Maupun Sejenisnya.

Makan diatas lantai atau tikar, sangatlah dianjurkan bagi kita. Karena ini mencerminkan sifat tawadhu’ (rendah hati). Namun, bukan berarti makan dengan menggunakan meja makan tidak diperbolehkan. Hal itu masih diperbolehkan untuk dilakukan bagi yang menghendakinya.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam tidak pernah makan diatas meja makan.” (HR. Bukhari)

Harus Memiliki Niat Baik dalam Makan dan Minum.

Hendaklah seorang hamba memiliki niat yang baik dalam menjalankan aktivitasnya termasuk dalam hal makan dan minum.

“Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya.” (HR. Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907)

Duduk Tawadhu’ Saat Makan.

“Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam makan kurma sambal duduk iq’a.” (HR. Shahih Muslim no. 2044)

Tidak Makan atau Minum Sambil Bersandar.

Adab makan atau minum selanjutnya yaitu tidak bersandar pada suatu sandaran atau bersandar pada tangan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam:

“Aku tidak makan sambal bersandar, sesungguhnya aku seorang hamba, aku makan seperti makan hamba dan aku duduk seperti duduknya hamba.” (HR. Bukhari 3598, At Tirmidzi dalam asy Syama’il 64)

Tidak Mencela Makanan.

Seorang muslim tidak diperbolehkan untuk mencela makanan, jika suka maka makanlah, namun jika tidak suka lebih baik meninggalkannya.

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Adalah Rasulullah tidak pernah mencela makanan, jika suka memakannya dan jika tidak suka meninggalkannya.” (HR. Shahih Bukhari 5409 dan Shahih Muslim 2064)


Adab Saat Makan

Saat makan akan lebih baik memperhatikan adab-adab saat makan berikut ini:

#1. Memulai Makan dengan Membaca Bismillah

Maka hendaklah seorang muslim membaca bismillah saat ingin makan sesuatu.

“Jika salah seorang dari kalian makan, maka ucapkanlah “Bismillah” (dengan menyebut nama Allah), jika lupa maka ucapkanlah “Bismillahi awwalahu wa akhirahu” (dengan nama Allah dari awal hingga akhir).” (HR. Abu Daud 3767, At Tirmidzi 1858, Ahmad VI/143)

#2 Makan atau Minum Menggunakan Tangan Kanan

Makan menggunakan tangan kiri tanpa adanya udzur merupakan perbuatan penyerupai setan. Maka sebagai muslim saat makan atau minum menggunakan tangan kanannya.

“Jika salah seorang diantara kalian makan, maka hendaklah ia makan dengan tangan kanannya, dan jika minum hendaklah dengan tangan kanannya. Sebab syaiton itu makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Bukhari 2020, At Tirmidzi 1800, Abu Daud 3776, dari Abdullah bin Umar, dishahihkan Abu Malik)

#3 Makan Makanan Terdekat

Saat makan bersama-sama dilarang untuk mengambil makanan, kecuali yang terdekat. Namun, larangan ini berlaku jika makanan yang dihidangkan itu sejenis bila makanan yang dihidangkan bermacam-macam maka diperbolehkan untuk meminta orang lain untuk mengambilkannya.

“Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu dan santaplah makanan yang terdekat.” (HR. Shahih Bukhari 5376, dan Shahih Muslim 2022)

#4 Memulai Makan dari Pinggir

Dari Abdullah bin Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

“keberkahan itu turun dibagian tengah makanan, maka makanlah dari sebelah pinggirnya dan jangan makan dari bagian tengah dulu.” (HR. Abu Daud 3772, Ibnu Majah 3277, Ahmad I/343)

#5 Memulai Makan dengan Tiga Jari

Dari Ka’ab bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam makan dengan tiga jari, dan apabila selesai beliau menjilat jari-jemari tersebut.” (HR. Shahih Muslim 2032)

#6 Tidak Diperbolehkan Meniup Minuman yang Panas dan Minum dengan Sekali Nafas

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam melarang dari meniup pada minuman…” (HR. At Tirmidzi 1887)

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Janganlah kalian minum langsung sekali habis seperti unta, tetapi minumlah dua atau tiga kali…” (HR. At Tirmidzi, dan ia berkata hasan)

#7 Makruh Minum dari Mulut Qirbah/Ceret

Kita dimakruhkan untuk minum langsung dari mulut qirbah atau ceret yang tidak transparan. Namun, disisi lain itu dilarang, sebab ketika minum langsung dari dalam qirbah dikhawatikan ada sesuatu yang membahayakan yang berada di dalam qirbah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam melarang minum langsung dari tempat minum dan mulut qirbah (ceret).” (HR. Shahih Bukhari 5628)

#8 Sunnah Berbicara Saat Makan Bersama

Mungkin banyak yang menganggap berbicara ketika makan itu tidak sopan. Namun, justru hal tersebut dianjurkan apalagi saat makan bersama keluarga. Karena waktu itu adalah waktu yang tepat untuk berbicara dan berkomunikasi dengan keluarga.

Imam An Nawawy dan Imam Abu Hamid Al-Ghazali rahimahumullah berkata: “Termasuk etika dalam makan, yaitu membicarakan hal-hal yang baik sewaktu makan, seperti kisah-kisah orang sholih dan lainnya.”

#9 Memulai dari yang Tua Saat Makan Bersama

Adab makan yang selanjutnya yaitu mendahulukan yang tua terutama saat makan bersama-sama. Juga mendahulukan yang lebih mulia, seperti guru atau ustadz, pemimpin dan lainnya.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Mulailah dari yang tua, yang tua… yakni memulai dari yang tertua dalam majlis…” (HR. Bukhari 12, Muslim 127)

#10 Tidak Melakukan Hal yang Menjijikan Saat Makan

Saat makan hendaklah melakukan hal-hal yang menjijikkan, seperti memasukkan tangan ke dalam mangkok, mendekatkan kepala kepada makanan saat sedang makan dan berbicara hal-hal yang menjijikkan.

Makna Doa Sebelum Makan

Ada beberapa makna yang bisa kita ambil dari doa sebelum makan, yaitu

Memperoleh Keberkahan

Aktivitas yang kita lakukan jika di awali dengan membaca doa, akan memperoleh keberkahan dalam hidup. Hal ini sesuai dengan bacaan “Allaahumma baarik lana fiima razaqtana…” yang artinya “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami.”

Terhindar dari Setan

Makanan atau minuman yang kita santap tanpa menyebut nama Allah maka setan akan menghalalkan makanan atau minuman tersebut.

Dari Hudzaifah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata: “Sungguh, setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya (didalamnya)……” (HR. Abu Daud no. 3766. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih)

Dijauhkan dari Api Neraka

Makanan yang kita makan jika dimulai dengan perbuatan yang tidak baik, akan menghilangkan keberkahan yang ada di dalam makanan tersebut. Perbuatan maksiat biasanya tidak jauh-jauh dari makanan yang ia konsumsi. Maka dari itu, setiap kali akan memakan sesuatu mulailah dengan membaca doa supaya kita terhindar dari api neraka.

Hal ini sesuai dengan bacaan “Waqinaa ‘adzaa bannar” yang artinya “dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”

Bentuk Rasa Syukur

Sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang Allah kasih untuk kita, maka saat ingin makan berdoalah terlebih dahulu. Dengan berdoa pula membuat makanan yang kita makan akan memberikan kebaikan.


Demikian ulasan mengenai doa sebelum makan, adab sebelum dan saat makan dan makna doa sebelum makan. Sebagai umat Islam makanlah  dan minumlah yang halal dan tinggalkan makanan atau minuman yang haram. Sebab, dari makanan atau minuman yang tidak baik bisa menyebabkan adanya kemaksiatan.

Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua dan kita semua selalu di lindungi oleh Allah Swt. Aamiin ya rabbal alamin

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Wudhu

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Adzan

Adzan merupakan panggilan ibadah sholat bagi umat Islam yang umumnya menggunakan Bahasa arab. Adzan dikumandangkan lima kali dalam…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Belajar

Simak tentang doa sebelum belajar, adab berdoa sebelum belajar, belajar dan menuntut ilmu menurut hukum islam, dan manfaat…