Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil maupun hadast besar.

Untuk mensucikan diri dari hadast besar yaitu dengan mandi junub atau mandi besar. Sedangkan untuk mensucikan diri dari hadast kecil dianjurkan untuk berwudhu.

ilustrasi wudhu / foto: pixabay

Wudhu menjadi salah satu bentuk  bersuci yang di syariatkan Islam dan wudhu juga merupakan salah satu syarat sahnya sholat, yang dikerjakan sebelum melaksanakan sholat..

Adapun anjuran berwudhu tertuang dalam surat Al Maidah ayat 6:

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapu lah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan debu itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Maidah: 6)

Wudhu menurut bahasa artinya bersih atau indah. Sedangkan menurut syara, wudhu adalah membersihkan beberapa anggota tubuh untuk menghilangkan hadast kecil.

Saat berwudhu kita dianjurkan untuk membaca niat serta membaca doa sebelum wudhu maupun setelah wudhu.

Lebih afdhalnya lagi, ketika seorang muslim berwudhu harus sesuai dengan tata cara yang baik dan benar. Agar tidak sia-sia atas apa yang ia kerjakan.

Namun, wudhu tidak hanya diperuntukkan sebelum sholat saja. Ada beberapa aktivitas yang dianjurkan berwudhu sebelum mengerjakannya, seperti saat hendak membaca Alquran, ketika mau tidur, ketika berdzikir, saat ingin melafadzkan azan dan iqamat dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, wudhu menjadi ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Sehingga, kita harus paham betul cara melafadzkan niat wudhu, tata cara wudhu yang baik dan benar serta doa sebelum wudhu maupun doa setelah wudhu.

Dengan berwudhu pula, membuat hati kita menjadi tenang dan wajah berseri-seri setiap harinya.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Wudhu

Banyak sekali manfaat ketika kita mengucapkan basmallah dalam keseharian kita. Karena ada banyak sekali hikmah yang akan kita dapatkan.

Bacaan basmallah juga merupakan ajaran Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya. Seperti yang tercantum dalam surat Hud ayat 41, Allah Ta’ala berfirman:

“Dan Nuh berkata: “Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya.” Sesungguhnya Rabb-ku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Hud ayat 41)

Rasulullah Saw. menganjurkan untuk seluruh umatnya untuk membaca basmallah setiap kali ingin melakukan aktivitas. Salah satunya saat kita ingin berwudhu.

Karena berwudhu merupakan salah satu syarat sah sholat, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah, untuk itu sebelum melaksanakannya di utamakan untuk berwudhu terlebih dahulu. Jika kita membaca basmallah sebelum berwudhu itu juga termasuk sebuah doa.

Dan doa ini memiliki banyak manfaat untuk kita, seperti dapat melindungi kita dari godaan setan.

Dengan membaca doa sebelum wudhu, Allah SWT. akan melindungi kita dari godaan setan yang senantiasa ingin menjerumuskan kita ke hal-hal yang tidak baik.

Terlebih membaca basmallah juga merupakan perisai atau pelindung dari godaan setan yang terkutuk.

Saat kita menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka akan semakin besar keutamaan yang kita dapatkan. Sebab segala sesuatu yang di awali dengan asma Allah, maka Allah akan senantiasa melindungi dan meridhoi setiap langkah yang kita lakukan.

Doa Sebelum Wudhu

Sebelum wudhu, hendaklah membaca doa yang mana doa ini sebagai wujud bahwa wudhu yang kita lakukan semata-mata karena Allah SWT.

doa sebelum wudhu

Bacaan Doa Sebelum Wudhu Arab

بِسْمِ اللَّهِ

Bacaan Doa Sebelum Wudhu Latin

Bismillah

Arti Bacaan Doa Sebelum Wudhu

“Dengan menyebut nama Allah (aku berwudhu).”


Setelah membaca basmallah, kemudian dilanjutkan dengan membaca niat dalam hati. Membaca niat sama dengan membuka pintu-pintu pahala mengalir ke diri kita.

Sekian ulasan mengenai doa sebelum wudhu beserta artinya. Sebagai muslim, sebisa mungkin untuk bisa menjaga wudhu supaya kita di cintai oleh Allah SWT serta di hapus dosa-dosanya. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Iftitah

Barangsiapa yang hendak melaksanakan sholat, sebelum takbiratul ihram maka haruslah ia berniat untuk mengerjakan sholat.  Kemudian dia membaca…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Makan

Simak penjelasan tentang doa setelah makan, adab setelah makan dan hikmah membaca doa setelah makan. Saat kita mengawali…
Baca Selengkapnya

Doa Bercermin

Simak penjelasan tentang ✓ doa bercermin, ✓ tata cara membaca doa bercermin dan ✓ keutamaan membaca doa bercermin.…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Wudhu

Setiap ibadah dalam Islam memiliki ketentuan dan tata cara yang berbeda-beda. Hal ini berlaku juga untuk urusan wudhu,…