Simak penjelasan berikut tentang kedudukan belajar dalam islam, doa setelah belajar, dan keutamaan doa setelah belajar.

doa setelah belajar

Belajar merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Tanpa belajar kita tidak memperoleh ilmu. Dan tanpa ilmu kita tidak bisa melakukan apa-apa.

Dalam Islam sendiri belajar juga di istilahkan dengan menuntut ilmu. Sehingga hal ini menjadikannya sebagai sebuah kewajiban yang harus ia jalankan. Baik belajar ilmu agama atau ilmu pengetahuan umum akan membantu seseorang menentukan jalan hidupnya serta memberikan perubahan entah kepribadiannya maupun perilakunya.

Sebagaimana dalam Hadist berikut ini:

Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula. (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedudukan Belajar Dalam Islam

Berikut kedudukan belajar dalam Islam yang mesti kita ketahui, yaitu:

Esensi dari Turunnya Firman Allah SWT

Kedudukan belajar dalam islam sangatlah penting, sebab itu adalah kewajiban bagi kita semua. Sebagaimana hadist berikut ini:

“Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap orang Islam.” (Riwayat Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Ibnu Abdil Barr, dan Ibnu Adi, dari Anas bin Malik)

Tempat Terhormat

Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu. Jadi sudah jelas ketika kita hidup sesuai yang Allah perintahkan, maka kita akan memperoleh buah kebaikan.

Allah Swt. berfirman:

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Q.S. Al-Mujadalah: 11)

Tidak Mengenal Batas

Ada pepatah yang mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Menuntut ilmu itu tidak ada Batasan waktu, tempat dan usia karena menuntut ilmu dilakukan sepanjang waktu selagi kita masih bernafas. Itulah mengapa menuntut ilmu memiliki kedudukan yang cukup penting bagi kehidupan.

Landasan Taqwa

Ilmu yang bermanfaat tidak akan pernah putus nilainya bahkan ketika seseorang itu telah meninggal. Dengan semangat menuntut ilmu yang bermanfaat ini juga akan meninggkatkan ketakwaan kita pada Allah Swt.

“Apabila manusia telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga amalan: shodaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang sholih.” (HR. Muslim)

Doa Setelah Belajar

Belajar itu sama halnya dengan mengisi agar yang tadinya kosong menjadi berisi. Nah, agar isinya itu berkah maka harus disertai dengan doa. Doa yang akan menghantarkan kita pada perlindungan Allah Swt.

Bacaan Doa Setelah Belajar Arab

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Bacaan Doa Setelah Belajar Latin

“Allaumma arìnal haqqa haqqan warzuqnat tìbaa’ahu wa arìnal baathìla baathìlan warzuqnaj tìnaabahu.”

Arti Bacaan Doa Setelah Belajar

“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat selalu mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat selalu menjauhinya.”

Keutamaan Doa Setelah Belajar

Dengan belajar kita diharapkan memperoleh sesuatu yang bermanfaat. Entah bermanfaat bagi diri kita sendiri atau kita aplikasikan untuk membagikan ilmu yang kita dapatkan kepada orang lain. Namun, rasanya tidak akan lengkap jika tidak di iringi dengan doa. Karena doa juga berfungsi sebagai pelindung diri dari segala godaan setan. Maka hendaklah membaca doa, baik membaca doa sebelum belajar maupun saat selesai belajar.

proses belajar / foto by pixabay

Berikut akan disajikan beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan setelah kita mengamalkan doa setelah belajar:

  • Memberikan Rasa Tenang

Saat kita mengingat Allah hati akan menjadi tenang. Begitupun saat akan atau setelah melakukan aktivitas belajar, dengan mengingat Allah kita akan memperoleh ketenangan sehingga kita jadi lebih focus dan mudah mengerti dengan apa yang sedang dipelajari.

  • Memperoleh Keberkahan dan Pahala

Sebaik-baik perbuatan adalah yang diawali dan diakhiri dengan membaca doa. Kitapun akan memperoleh pahala dan keberkahan darinya. Maka, jangan lupa berdoa sebelum dan setelah beraktivitas.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Saat kita menerapkan doa setelah belajar dalam keseharian kita, maka hal tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri kita. Dan kitapun akan siap dengan segala konsekunsi yang akan terjadi nanti.

  • Melatih Kesabaran dan Kedisiplinan

Keutamaan yang kita dapatkan selanjutnya yaitu dapat melatih kedisiplinan serta kesabaran bagi siapapun yang mengamalkannya. Ketika kita belum paham, lebih baik di ulang-ulang sampai benar-benar paham dengan yang dipelajari dan hal ini bisa dibilang akan membentuk kedisiplinan yang memunculkan kesabaran dalam diri kita.


Demikianlah ulasan tentang doa setelah belajar. Awalilah dan akhirilah proses belajarmu dengan berdoa, in syaa Allah apa yang kamu pelajari membawamu pada impianmu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Iftitah

Barangsiapa yang hendak melaksanakan sholat, sebelum takbiratul ihram maka haruslah ia berniat untuk mengerjakan sholat.  Kemudian dia membaca…
Baca Selengkapnya

Niat Wudhu

Sesungguhnya peranan niat bagi kehidupan seorang hamba teramatlah penting, terutama dalam hal amal-amal yang akan dikerjakan. Maka dari…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Adzan

Adzan merupakan panggilan ibadah sholat bagi umat Islam yang umumnya menggunakan Bahasa arab. Adzan dikumandangkan lima kali dalam…