Simak penjelasan tentang doa setelah makan, adab setelah makan dan hikmah membaca doa setelah makan.

Saat kita mengawali aktivitas disunnahkan untuk berdoa kepada Allah Swt, begitupun saat ingin mengakhirinya kitapun dianjurkan untuk membaca doa.

Sama halnya saat mau makan atau minum, kita di anjurkan membaca doa sebelum makan atau minum. Dan setelah kita selesai menyantap suatu makanan atau minuman haruslah di akhiri dengan membaca doa setelah makan.

doa setelah makan

Agar apa? Agar kita selalu dalam penjagaan Allah Swt serta makanan atau minuman yang mengisi tubuh kita dapat memberikan kekuatan sekaligus kesehatan.

Doa Setelah Makan

Setelah selesai makan dan minum, maka bacalah doa setelah makan atau minum. Supaya mendapatkan manfaat dari makanan atau minuman yang kita santap.

doa setelah makan

Bacaan Doa Setelah Makan Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Bacaan Doa Setelah Makan Latin

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin.

Arti Bacaan Doa Setelah Makan

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR.Ahmad, Abu Daud, at Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah dari Abu sa’ad r.a.)

Bacaan Doa Setelah Makan (Suara)

Untuk lebih jelasnya, berikut doa setelah makan dalam bentuk suara:


Adab Setelah Makan

Dalam agama Islam, sudah memberikan petunjuk adab yang harus dilaksanakan setelah makan. Berikut-berikut adab-adab yang harus dilaksanakan seorang muslim setelah makan:

Mengambil Makanan yang Terjatuh

“Apabila jatuh makanan salah seorang diantara kalian hendaklah diambilnya dan dibersihkan kotorannya dan memakannya, serta jangan dibiarkan untuk setan.” (HR. Muslim 2033, dishahihkan oleh Abu Malik)

Membersihkan Piring dari Sisa Makanan dan Membersihkan Jari Jemari

“Jika salah seorang di antara kalian memakan makanan, maka hendaklah dia membersihkan sisa-sisa makanan yang melekat pada jari-jemarinya, karena sesungguhnya kalian tidak mengetahui makanan manakah yang ada berkahnya.” (HR. Ahmad, Muslim, dan at Tirmidzi dari Abu Hurairah r.a.)

“Apabila salah seorang diantara kalian tidur sementara tangannya masih ada bekas makanan, lalu terkena sesuatu, maka janganlah mencela kecuali dirinya sendiri.” (HR. At Tirmidzi 1860, Abu Daud 3852, Ibnu Majah 3297, Ahmad 8175)

Mengucapkan Hamdallah Setelah Selesai Makan

“Sesungguhnya Allah ridho terhadap seorang hamba yang menyantap makanannya lalu memuji Allah atas anugerah tersebut.” (HR. Muslim 2724, At Tirmidzi 1816)


Hikmah Membaca Doa Setelah Makan

Berikut penjelasan mengenai hikmah yang dapat kita peroleh dari doa setelah makan.

Memperoleh Keberkahan makanan

Doa setelah makan merupakan salah satu amalan yang dapat mendatangkan keberkahan bagi kita. Apabila kita telah memperoleh keberkahan dalam hidup kita maka akan menuntun kita untuk memperoleh kebaikan dari-Nya.

Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang Allah kasih, maka habiskanlah makanan yang kita santap supaya tidak terjadi pemborosan dan mubadzir. Dan saat mengambil makanan janganlah terlalu banyak porsinya, sesuaikan dengan tubuh kita agar tidak terjadi mubadzir.

Karena doa ini tidak begitu sulit untuk dihafalkan maka amalkanlah selalu amalan ini bagi kehidupan kita sehari-hari.

Bentuk Rasa syukur

Pada lafadz doa setelah makan yaitu “Alhamdu lillahhil-ladzi” yang artinya Segala puji bagi Allah.

Lafadz tersebut memiliki makna sebagai sebagai kalian pujian dan rasa syukur kepada Allah Swt karena telah memberikan nikmat sehingga kita bisa memakan makanan atas kehendak dan kuasa-Nya.

Memperoleh ridho dari Allah Swt

Hikmah doa setelah makan selanjutnya yaitu mendapatkan ridho dari Allah Swt.

Hal ini sesuai bacaan “waja’alanaa minal muslimiin” yang artinya serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.

Kalimat tersebut sebagai bentuk rasa syukur telah di masukkan ke dalam golongan orang muslim yang berarti menjadi umat yang Allah Swt ridhoi.

Makna kekuasaan Allah Swt

Pada lafadz “Ath-amanaa wa saqaana” yang artinya yang telah memberi kami makan dan minum.

Makna lafadz tersebut menyadarkan kita bahwa saat kita makan itu atas kekuasaan Allah Swt. tanpa kehendak-Nya menciptakan tanaman, hewan, dan yang lainnya maka tidak ada makanan yang dapat kita olah menjadi sebuah hidangan.

Dengan makanan yang Allah Swt. berikan kita bisa bertahan hidup dan memberikan energi untuk melakukan aktivitas. Energi yang ada di dalam tubuh kita diharuskan untuk berbuat kebaikan, bukan untuk hal yang Allah Swt. larang.


Demikian artikel tentang doa setelah makan, adab setelah makan dan hikmah membaca doa setelah makan. Yakinlah bahwa segala sesuatu yang Allah perintahkan akan berakhir dengan keberkahan. Semoga artikel ini bermanfaat dan mendatangkan pahala bagi kita semua.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Bercermin

Simak penjelasan tentang ✓ doa bercermin, ✓ tata cara membaca doa bercermin dan ✓ keutamaan membaca doa bercermin.…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Wudhu

Setiap ibadah dalam Islam memiliki ketentuan dan tata cara yang berbeda-beda. Hal ini berlaku juga untuk urusan wudhu,…
Baca Selengkapnya

Doa Qunut Shubuh

simak penjelasan tentang doa qunut shubuh dan manfaat doa qunut shubuh! Doa qunut ada tiga yaitu qunut nazilah,…