Setiap ibadah dalam Islam memiliki ketentuan dan tata cara yang berbeda-beda. Hal ini berlaku juga untuk urusan wudhu, ada ketentuan dan tata cara tersendiri serta doa yang menyertainya.

Wudhu memiliki tujuan yaitu untuk menghilangkan hadast kecil dalam diri kita. Sehingga kita bisa menunaikan ibadah sholat setelahnya atau aktivitas lainnya yang mengharuskan untuk berwudhu terlebih dahulu.

Hendaknya saat berwudhu kita juga harus memperhatikan syarat, rukun dan sunnah-sunnah yang mesti diamalkan agar sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW.

ilustrasi wudhu / foto: unsplash

Kita telah ketahui bersama, wudhu juga termasuk salah satu syarat sah sholat. Itu artinya agar sholat yang kita kerjakan sah, maka harus di dahului dengan berwudhu. Tentunya, hal itu tidak dilakukan secara sembarangan, harus sesuai dengan ketentuan yang sudah ada.

Islam bukan agama yang memberatkan. Jika situasinya kita sedang tidak menemukan sumber air atau sedang sakit dan tidak diperkenankan menyentuh air, kita bisa menggantinya dengan bertayamum.

Keutamaan Doa Setelah Wudhu

Sama seperti doa sebelum wudhu, berdoa setelah wudhu juga memiliki keutamaan yang luar biasa, Allah akan membukakan 8 pintu surga dan boleh memilih pintu yang mana saja sesuai keinginan.

Hal ini sesuai dalil dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam, bersabda:

“Barangsiapa berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukakan delapan pintu untuknya delapan pintu surge yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi)

Selain itu wudhu juga dapat mendatangkan cinta dari Allah Swt. hal ini menjadi sebab dosa-dosa kita di ampuni.

Allah SWT. berfirman:

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqarah ayat 222)

Keutamaan yang lainnya yaitu menjadikan kelak pada hari kiamat dipakaikan perhiasan-perhiasan pada anggota tubuh yang terkena wudhu.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, saat ia membasuh wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya setiap dosa yang ia lihat bersama dengan air atau tetesan air terakhir. Saat ia membasuh kedua tangannya, maka akan keluar dari kedua tangannya setiap dosa yang ia perbuat dengan kedua tangannya bersama air – atau bersama tetesan air terakhir. Saat ia membasuh kedua kakinya, maka akan keluar setiap dosa yang ia langkahkan oleh kakinya bersama air – atau bersama tetesan air terakhir, hingga ia dalam keadaan bersih dari dosa-dosa.” (HR. Muslim: 244)

Darinya juga, ia berkata, “Aku mendengar kekasihku bersabda, “perhiasan seorang mukmin sesuai dengan air wudhu yang sampai kepada anggota tubuhnya.” (HR. Muslim: 250)

Mengingat kita akan mendapatkan keutamaan yang mulia, jangan sampai terlewat untuk membaca doa setelah wudhu.

Doa Setelah Wudhu

Sesudah melaksanakan wudhu dengan sempurna, maka hendaklah untuk membaca doa.

doa setelah wudhu

Bacaan Doa Setelah Wudhu Arab

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Bacaan Doa Setelah Wudhu Latin

Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu. Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu.

Arti Bacaan Doa Setelah Wudhu

“Saya bersaksi bahwa tiada yang berhak diibadahi selain Allah, satu-satu-Nya Illah. Dan saya juga bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba sekaligus utusan-Nya.” (HR. Muslim)

Bacaan Doa Setelah Wudhu (Suara)

Untuk lebih jelasnya mengenai bacaan Doa Setelah Wudhu, kami sudah menyediakan dalam versi rekaman audio :


Selain doa di atas, ada pula doa setelah wudhu yang lebih Panjang. Doa ini di riwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, sebagai berikut:

doa setelah wudhu panjang

Bacaan Doa Setelah Wudhu Arab Lebih Panjang

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Bacaan Doa Setelah Wudhu Latin Lebih Panjang

Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu. Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina.

Arti Bacaan Doa Setelah Wudhu Lebih Panjang

“Saya bersaksi bahwa tiada yang berhak diibadahi selain Allah, satu-satu-Nya Illah. Dan saya juga bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba sekaligus utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah saya termasuk orang yang bertaubat, dan jadikan pula saya termasuk orang yang bersuci.”

Bacaan Doa Setelah Wudhu Versi Panjang (Suara)

Untuk bacaan Doa Setelah Wudhu Versi Panjang dapat kamu dengarkan melalui rekaman audi di bawah ini :


Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai doa setelah wudhu yang hendaknya kita bisa kerjakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Semoga ulasan ini membawa manfaat bagi kita semua. Aamiin ya rabbal alamin.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Bercermin

Simak penjelasan tentang ✓ doa bercermin, ✓ tata cara membaca doa bercermin dan ✓ keutamaan membaca doa bercermin.…
Baca Selengkapnya

Doa Untuk Orang Tua

Mendoakan 🤲 orang tua merupakan bentuk bakti kita kepada mereka. Inilah beberapa ✔️ doa untuk orang tua yang…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Wudhu

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil…
Baca Selengkapnya

Niat Wudhu

Sesungguhnya peranan niat bagi kehidupan seorang hamba teramatlah penting, terutama dalam hal amal-amal yang akan dikerjakan. Maka dari…