Mendoakan ๐Ÿคฒ orang tua merupakan bentuk bakti kita kepada mereka. Inilah beberapa โœ”๏ธ doa untuk orang tua yang perlu kalian ketahui. Simak penjelasan berikut ini!


Orang tua merupakan sosok yang penting bagi kehidupan kita. Tanpa mereka kita tidak mungkin ada di dunia ini.

Mereka tanpa kenal lelah merawat kita, membesarkan kita dengan penuh kasih sayang dan menjaga kita dengan sepenuh hati. Dan sudah sepantasnya kita sebagai anak harus memuliakan mereka.

Namun, realitanya banyak anak yang lupa akan perjuangan dan jasa yang diberikan oleh orang tuanya. Untuk itu, kita harus selalu mengingat akan besarnya jasa yang mereka berikan. Supaya kita bisa berbakti dengan mereka.

Salah satu bentuk bakti kita dengan mereka adalah selalu mendoakan kebaikan untuk mereka. Dan sebisa mungkin mematuhi perintah mereka.

anak dan orang tua / foto: pixabay

Bagaimana ketika orang tua sudah meninggal? Dalam Islam ketika orang tua telah meninggal kita masih bisa mendoakan mereka.

Karena salah satu amalan yang tidak akan putus meski seseorang telah meninggal salah satunya adalah menjadi anak yang sholeh/sholehah yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda:

ุฅูุฐูŽุง ู…ูŽุงุชูŽ ุงุจู’ู†ู ุขุฏูŽู…ูŽ ุงู†ู’ู‚ูŽุทูŽุนูŽ ุนูŽู…ูŽู„ูู‡ู ุฅูู„ุง ู…ูู†ู’ ุซูŽู„ุงุซู : ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉู ุŒ ุฃูŽูˆู’ ุนูู„ู’ู…ู ูŠูู†ู’ุชูŽููŽุนู ุจูู‡ู ุŒ ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽู„ูŽุฏู ุตูŽุงู„ูุญู ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ู„ูŽู‡ู

Artinya: โ€œJika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.โ€ (HR. Muslim).

HR. Muslim

Ajaran Islam Mengenai Doa Orang Tua

Salah satu ibadah yang dapat mendatangkan pahala adalah berbakti kepada orang tua. Bahkan ketika kita berkeluarga nantinya, kewajiban untuk berbakti kepada orang tua masih tetap ada sampai kapanpun.

Berbakti kepada orang tua juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt. yang telah mengkaruniai kita orang tua yang telah membesarkan kita dulu.

Islam merupakan agama yang sangat menjunjung tinggi mengenai amalan berbakti kepada orang tua. Bahkan iman kita tidak akan sempurna kalau tidak diiringi dengan amalan berbakti pada orang tua.

Orang tua dalam pandangan Islam memiliki keistimewaan. Saat ia berjuang untuk menghidupi anak dan keluarga itu termasuk bagian dari jihad fisabilillah.

Di dalam Alquran di jelaskan bahwa kita sebagai anak diperintahkan untuk berbakti kepada mereka.

Seperti dalam surat Al-Israaโ€™ ayat 23-24, yang artinya:

โ€œDan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan โ€œahโ€ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, โ€˜Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.โ€ (QS. Al-Israaโ€™: 23-24)
WarnaIslam

Perintah berbakti dengan orang tua juga tercantum dalam surat An-Nisaaโ€™ ayat 36:

โ€œDan beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat, tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.โ€ (QS. An-Nisaaโ€™: 36)
WarnaIslam

Dari kedua ayat Alquran di atas, memerintahkan untuk berbakti dengan orang tua kita agar hidup mereka dipenuhi kebahagiaan.

Selalu berbuat baik dan tidak mencela mereka. Selagi ada waktu dengan mereka, manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Atau kalau tidak, akan menyesal dikemudian hari.

Doa Untuk Kedua Orang Tua

Ada banyak doa Islam yang mesti kita amalkan untuk mendoakan kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga termasuk bentuk upaya kita memuliakan mereka.

Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup

Keutamaan orang tua dalam Islam, adalah doa orang tua merupakan doa yang mudah didengar oleh Allah SWT.

Doa ini sangatlah mustajab, karena ditujukan dalam rangka menggapai ridho Allah.

Doa untuk orang tua yang masih hidup

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup Arab

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูู‰ ูˆูŽู„ููˆูŽ ุงู„ูุฏูŽู‰ูŽู‘ ูˆูŽุงุฑู’ ุญูŽู…ู’ู‡ูู…ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ุฑูŽุจูŽู‘ูŠูŽุง ู†ูู‰ ุตูŽุบููŠู’ุฑู‹ุง

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup Latin

โ€œAllahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shaghiraaโ€

Arti Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup

โ€œYa Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.โ€

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Masih Hidup (suara)

Untuk lebih jelasnya mengenai lafal dan bacaannya. Silahkan putar rekaman bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup di bawah ini :


Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Ketika orang tua kita telah meninggal, sebagai anak harus mendoakan mereka. Mintalah kepada Allah agar dosa-dosa orang tua kita selama di dunia bisa di ampuni dan diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya.

Doa orang tua yang sudah meninggal

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Arab

ุงู„ู„ู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู‡ู ูˆูŽุนูŽุงููู‡ู ูˆูŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูˆูŽุงูŽูƒู’ุฑูู…ู’ ู†ูุฒูู„ูŽู‡ู ูˆูŽูˆูŽุณูู‘ุนู’ ู…ูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽู‡ู ูˆูŽุงุบู’ุณูู„ู’ู‡ู ุจูู„ู’ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ุดูŽู‘ู„ู’ุฌู ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุฑู’ุฏู ูˆูŽู†ูŽู‚ูู‘ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุทูŽุงูŠูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูู†ูŽู‚ูŽู‘ู‰ ุงู„ุซูŽู‘ูˆู’ุจู ุงู„ู’ุงูŽุจู’ูŠูŽุถู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฏูŽู‘ ู†ูŽุณู ูˆูŽุงูŽุจู’ุฏูู„ู’ู‡ู ุฏูŽุงุฑู‹ ุงุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฏูŽุงุฑูู‡ู ูˆูŽุงูŽู‡ู’ู„ู‹ุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุงูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ูˆูŽุฒูŽูˆู’ุฌู‹ุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ู ูˆูŽุงุฏู’ุฎูู„ู’ู‡ู ุงู„ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽ ูˆูŽุงุนูุฐู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุนูŽุฏูŽุงุจู ุงู„ู’ู‚ูŽุจุฑู ูˆูŽููุชู’ู†ูŽุชูู‡ู ูˆูŽู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Latin

โ€œAllahummaghfir lahu warhamhu wa โ€˜aafihi aaโ€™fu โ€˜anhu wa akrim nuzulahu wa wassiโ€™ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas.

Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a โ€˜idzhu min โ€˜adzaabil qobri wa fitnatihi wa min โ€˜adzaabin naar.โ€

Arti Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

โ€œYa Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.โ€

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal (suara)

Mengenai bacaan dan lafalnya, kamu bisa dengarkan rekaman doa untuk orang yang sudah meninggal melalui file audio di bawah ini:


Doa Untuk Orang Tua dan Saudaranya

Doa ini bisa dibilang cukup lengkap karena tidak hanya mendoakan kedua orang tua melainkan juga untuk saudara-saudara seiman kita.

Doa untuk orang tua dan saudaranya

Bacaan Doa Untuk Orang Tua dan Saudaranya Arab

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงุบู’ููุฑู’ู„ูู‰ ุฐูู†ููˆู’ุจูู‰ ูˆูŽู„ููˆูŽุงู„ูุฏูŽู‰ูŽู‘ ูˆูŽุงุฑู’ ุญูŽู…ู’ู‡ูู…ูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ุฑูŽุจูŽู‘ูŠูŽุงู†ูู‰ ุตูŽุบููŠู’ุฑูŽุง . ูˆูŽู„ูุฌูŽู…ููŠู’ุนู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽุงุชู . ุงูŽู„ู’ุงูŽุญู’ูŠูŽุงุกู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุงู„ู’ุงูŽู…ู’ูˆูŽุงุชู . ูˆูŽุชูŽุงุจูุนู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ู’ ุจูุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑูŽุงุชู . ุฑูŽุจูู‘ ุงุบู’ููุฑู’ ูˆูŽุงุฑู’ ุญูŽู…ู’ ูˆูŽุงูŽู†ู’ุชูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูุงู„ุฑูŽู‘ ุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽ . ูˆูŽู„ุงูŽุญูŽูˆู’ู„ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽู‚ูˆูŽู‘ุฉูŽ ุงูู„ุงูŽู‘ุจูุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…

Bacaan Doa Untuk Orang Tua dan Saudaranya Latin

“Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiira, waliljamiiโ€™il muslimiina walmuslimaati, walmuโ€™miniina wal muโ€™minaati Al ahyaaโ€™i minhum wal amwaati, wataabiโ€™ bainanaa wa bainahum bil khairaati, rabbighfir warham wa annta khairur raahimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahilโ€™aliyyil adhiim.”

Arti Bacaan Doa Untuk Orang Tua dan Saudaranya

โ€œYa Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawat ku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkan lah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.โ€

Bacaan Doa Untuk Orang Tua dan Suadaranya (suara)

Silahkan kamu dengarkan bacaan doa untuk orang tua dan saudaranya melalui file audio di bawah ini :


Doa Untuk Orang Tua yang Sakit

Tidak ada seoarang anak yang menginginkan orang tuanya sakit. Kita berharap mereka selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang. Namun terkadang ujian itu harus datang menghampiri kita. Kita sebagai manusia harus bersabar atas itu semua sambil mengupayakan kesembuhannya serta mendoakan.

Doa untuk orang tua yang sakit

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sakit Arab

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฑูŽุจูŽู‘ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ุฃูŽุฐู’ู‡ูุจู ุงู„ู’ุจูŽุฃู’ุณูŽ ูˆูŽุงุดู’ููู‡ู ูˆุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ุดูŽู‘ุงูููŠ ู„ุงูŽ ุดูููŽุขุกูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุดูููŽุงุคููƒูŽ ุดูููŽุงุกู‹ ู„ุงูŽ ูŠูุบูŽุงุฏูุฑู ุณูŽู‚ูŽู…ู‹ุง

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sakit Latin

โ€œAllahumma rabbannaasi adzhibil baโ€™sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaa-a laa yughaadiru saqaama.โ€

Arti Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sakit

 โ€œYa Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lainโ€

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sakit (suara)

Mengenai bagaimana bacaan doa untuk orang tua yang sedang sakit, kamu bisa mendengarkan melalui file rekaman di bawah ini :


Doa Untuk Orang Tua yang Sedang Sakit Parah

Saat orang tua sedang mengalami sakit yang begitu parah, sebagai anak kita akan merasakan kesedihan yang begitu dalam. Ketika itu terjadi dan segala upaya telah kita lakukan langkah terakhir kita yaitu dengan mendoakan kesembuhan orang tua dan ini juga termasuk salah satu bentuk ikhtiar kita.

Bacaan Doa Untuk Orang Tua Yang Sedang Sakit Parah
Bacaan Doa Untuk Orang Tua Yang Sedang Sakit Parah

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sedang Sakit Parah Arab

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุงูŽุญู’ูŠูู†ููŠ ู…ูŽุงูƒูŽุง ู†ูŽุชู ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ ุงู„ูู‘ู‰ ูˆูŽุชูŽูˆูŽ ููŽู‘ู†ูู‰ ู…ูŽุงูƒูŽุง ู†ูŽุชู’ ุงู„ูˆูŽ ููŽุงุฉู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู„ูู‰

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sedang Sakit Parah Latin

โ€œAllahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khiralli.โ€

Arti Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sedang Sakit Parah 

โ€œYa Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jka itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.โ€

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sakit Parah (suara)

Agar lebih jelas mengenai lafal bacaan kami sudah menyediakan rekaman bacaan doa untuk orang tua yang sedang sakit parah melalui file audio di bawah ini :


Manfaat Membaca Doa Orang Tua

Orang yang sering mendoakan kedua orang tuanya akan mendapat limpahan pahala dari-Nya. Hal ini merupakan bentuk bakti sebagai anak dan diharapkan sebagai amal jariyah bagi orang tua yang telah meninggal dunia.

Dengan ridha Allah, barang siapa yang mendoakan kebaikan bagi orang taunya maka ia juga sedang mendoakan dirinya sendiri.

#1. Menjadi amalan yang mulia bagi anak

Kita mungkin tidak bisa membalas semua kebaikan yang sudah orang tua berikan. Namun, dengan berbakti dan selalu mendoakan setidaknya kita memberikan apa yang kita mampu berikan. Sebab, dalam doa tersebut selain memohon ampun untuk orang tua juga untuk memohon ampun untuk diri sendiri. ย ย 

#2. Mendapat ridho dari Allah SWT.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

โ€œRidho Allah tergantung ridho kedua orang tuanya dan murka Allah tergantung murka keduanya.โ€ (HR Thabrani)

Hadist tersebut menyuruh kita untuk selalu meminta restu kepada orang tua agar mendapatkan ridho dari Allah Swt. sebab ridho Allah terletak pada ridho dari orang tua.

#3. Menghilangkan kesulitan yang sedang terjadi.

Kesulitan hidup yang kita alami akan hilang dengan berbakti kepada kedua orang tua. Dengan begitu kita akan mendapatkan kebaikan dan keberkahan.

#4. Jaminan masuk surga

Kita pasti sering mendengar istilah bahwasanya surge berada di bawah telapak kaki ibu.
Oleh sebab itu, Sudah sepantasnya bagi anak yang berbakti kepada orang tuanya akan mendapatkan imbalan surga.


Demikian ulasan mengenai doa untuk orang tua. Hargailah keberadaan mereka dan jangan pernah sia-siakan mereka. Sebab, tanpa mereka kita tidak mungkin bereda di titik ini sekarang. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang bisa berbakti dengan orang tua.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Bercermin

Simak penjelasan tentang โœ“ doa bercermin, โœ“ tata cara membaca doa bercermin dan โœ“ keutamaan membaca doa bercermin.…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Makan

Simak penjelasan tentang doa setelah makan, adab setelah makan dan hikmah membaca doa setelah makan. Saat kita mengawali…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Wudhu

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Wudhu

Setiap ibadah dalam Islam memiliki ketentuan dan tata cara yang berbeda-beda. Hal ini berlaku juga untuk urusan wudhu,…