Simak tentang fungsi al-quran al huda!

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw. Al-Qur-an diturunkan pada tanggal 17 Ramadan, hal ini sesuai dalam surat Al Anfal ayat 41, Allah berfirman:

“Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha kuasa atas segala sesuatu.”(QS. Al-Anfal [8]:41)

Al-Quran bukan sekedar kitab suci bagi umat muslim , Al-Qur`an juga memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai Al-Huda (petunjuk).

Al-Huda (Petunjuk)

Al-Huda (الْهُدَىٰ) berarti petunjuk atau pedoman. Maksudnya adalah Al-Quran menjadi petunjuk atau pedoman bagi manusia.

Allah Ta’ala berfirman:

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) Al-Huda (Al-Quran sebagai petunjuk) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai.” (QS. At-Taubah: 33)

Pemberian nama Al-Huda erat kaitannya dengan fungsi serta peranan Al-Qur’an, yaitu pemberi prtunjuk, pemberi panduan, pemberi pedoam serta pemberi arahan agar tidak berada di jalan kesesatan.

“Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?” Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh”. (QS. Fushshilat: 44)

Fungsi Al-Huda

Di dalam Al-Qur’an ada tiga posisi Al-Qur’an yang memiliki fungsi sebagai petunjuk yaitu:

1. Al-Quran Menjadi Petunjuk bagi Manusia Secara Umum

Kandungan Al-Qur,an memang ada yang bersifat universal seperti yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan itu bisa menjadi petunjuk bagi semua orang tidak hanya orang yang beriman Islam dan bertakwa saja.

2. Petunjuk Bagi Orang-Orang yang Bertakwa, dan

Petunjuk bagi orang yang beriman berarti petunjuk bagi orang yang memiliki iman Islam dalam dirinya yaitu yang mengakui bahwa Nabi Muhammad utusan Allah dan Allah merupakan satu-satunya Tuhan Semesta Alam.

3. Petunjuk bagi Orang-Orang yang Beriman.

Petunjuk untuk orang yang bertakwa berarti petunjuk bagi orang-orang yang benar-benar menjalankan segala perintah Allah Swt serta menjauhi segala hal yang menjadi larangan-Nya. Beberapa kali di dalam Al-quran dituliskan mengenai kepada siapa ayat atau suatu perintah ditujukan, apakah ditujukan bagi orang yang beriman atau bagi orang-orang yang bertakwa.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like