Simak penjelasan tentang cara cepat kaya menurut Islam berikut ini!

ingin cepat kaya? lakukan 6 hal ini! / foto by unsplash

Setiap manusia jika ditanya apakah ingin kaya atau tidak pasti jawabannya ialah ingin.

Manusia sebagai makhluk yang paling mendekati sempurna dibanding makhluk yang lainnya terkadang salah dalam memaknai hidup mereka. Kadangkala mereka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan sesuatu yang berlebihan dibanding kemampuan yang ia miliki.

Kebutuhan hidup yang kian hari kian banyak, membuat mereka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kekayaan yang berlimpah.

Maka dari itu, dalam Islam telah diatur cara bagaimana cepat kaya. Agar mereka tidak melakukan hal-hal yang bisa melanggar syariat serta harta yang ia peroleh mendapatkan keberkahan. Dan perlu di ingat bahwa Allah Swt adalah sebaik-baik Dzat yang memberikan rezeki. Maka, jangan lupa berdoa meminta kepada-Nya.

Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan agar cepat kaya menurut Islam!

Sholat Lima Waktu

Kokoh tidaknya agama seseorang dilihat dari sholatnya, sebab sholat merupakan tiang agama. Jika sholat kita baik, maka amalan lain yang kita lakukan akan ikut baik pula. Dalam sholat pula kita dapat memohon pertolongan kepada Allah agar mengampuni segala dosa-dosa kita serta kelancaran rezeki dari Allah Swt. Oleh sebab itu, jangan pernah tinggalkan sholat untuk memperlancar rezeki kita.

Rajin Sedekah

Sedekah merupakan salah satu amalan yang dapat membuka pintu-pintu rezeki bagi kita. Rezeki yang dimaksud tidak hanya kekayaan, melainkan kebahagiaan, ketentraman serta kekhusyukan dalam beribadah. Dalam bersedekah tidak perlu banyak-banyak yang terpenting harus di biasakan agar menjadi gaya hidup serta amalan pembuka rezeki bagi yang mengerjakannya. Bersedekah bukan mengurangi harta, justru dengan bersedekah malah semakin bertambah harta kita.

Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah dan Membaca Al-Ikhlas

Pada suatu ketika salah seorang sahabat Nabi Saw datang menghadap beliau sambil mengeluhkan perihal kefakiran dan kesulitan hidup yang sedang ia hadapi. Ia berharap, dengan mengadu kepada Nabi Saw dapat menemukan solusi atas permasalahan yang ia hadapi.

Mendengar aduan dari sahabatnya itu, Nabi Saw menyuruhnya untuk melakukan satu amalan yang harus ia kerjakan “Ketika engkau masuk ke dalam rumah ucapkanlah salam bila di dalamnya ada orang. Bila tak ada maka ucapkanlah salam untuk dirimu sendiri. Setelah itu bacalah surat Al-Ikhlas satu kali.”

Setelah sahabatnya itu mengamalkannya setiap hari, ia dilimpahkan harta yang begitu banyak dari Allah Swt sehingga ia terbebas dari masalah kefakiran. Tidak hanya ia yang merasakannya, namun para tetangganya pun ikut menikmatinya.

Melaksanakan Sholat Sunnah

Meskipun kita sibuk dengan pekerjaan kita, usahakanlah untuk melaksanakan sholat sunnah supaya Allah melimpahkan rezeki yang banyak bagi yang mau mengerjakannya. Seperti sholat dhuha, sholat hajat maupun sholat tahajud.

Rajin Berdzikir

Selain sholat sunnah yang kita kerjakan, kita dianjurkan pula untuk senantiasa berdzikir. Dzikir amaltlah penting, ia merupakan cara termudah yang bisa kita lakukan untuk mengingat Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Menerima Pemberian Allah Swt

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَارْضَ بِما قَسَمَ الله لَكَ تَكُنْ أَغْنَى النّاسِ

”Ridhalah dengan apa yang dibagikan Allah SWT untukmu, niscaya engkau menjadi orang yang paling kaya.” (HR Turmudzi).

Dari hadist di atas dijelaskan jika orang yang paling kaya ialah orang yang qanaah atas segala sesuatu yang Allah tetapkan. Dengan memiliki sifat qanaah, kita akan selalu bersyukur atas apa yang kita miliki.

Kesenangan akan terasa besar ketika kita tidak berandai-andai akan jadi seperti orang lain. Sikap tidak menerima segala ketetapan Allah, dapat membuat kita tidak akan bisa menikmati hidup. Sehingga kehidupan yang kita miliki tidak akan tertata dengan baik. Jika kita ingin menjadi orang kaya, maka bersikap qanaah-lah. Bersyukur atas apa yang Allah beri.

Demikianlah artikel tentang cara kaya menurut Islam. Jika kita menginginkan hidup dengan memiliki kekayaan, maka lakukanlah setiap caranya dengan yang baik. Sebab, segala sesuatu yang di awali dengan keburukan maka hasilnya pun tidak akan menuntun kita pada kebahagiaan, semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like