Bagaimana mengusir semut tanpa menyakiti? Berikut caranya!

Jangan Dibunuh, Begini Cara Mengusir Semut Dalam Islam / foto by pexels

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang umatnya untuk membunuh semut.  Begitu istimewanya hewan ini sampai disebut dalam Al-Qur’an dan menjadi nama salah satu surah yaitu An Naml yang artinya semut.

“Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.” (QS. An-Naml: 18)

Bukan tanpa alasan mengapa semut begitu istimewa. Sebab, dari hewan kecil ini kita bisa belajar soal kerja sama dan kesabaran yang luar biasa.

Di ceritakan satu kisah datang dari Nabi Sulaiman as, ketika itu beliau dengan pasukannya pergi ke suatu tempat dan di tengah perjalanan beliau menghentikan langkahnya karena mendengar salah satu semut berkata kepada kawannya untuk masuk ke sarang agar tidak di injak oleh manusia. Mendengar hal itu, Nabi Sulaiman berhenti dan setelah semut masuk ke sarangnya barulah Nabi Sulaiman melanjutkan langkahnya.

Dari kisah di atas, mengajarkan kita untuk tidak membunuh semut. Karena membunuh semut ialah perbuatan yang dilarang oleh Rasulullah Saw.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang membunuh 4 jenis binatang: semut, lebah, hudhud, dan suradi. (HR. Ahmad 3066, Abu Daud 526 dan disahihkan Syuaib al-Arnauth).

Namun, bagaimana caranya mengusir semut tanpa membunuh mereka? Berikut caranya!

Dilansir dari wajibbaca.com, ada cara praktis yang bisa dilakukan untuk mengusir semut yang di ridhoi oleh Allah Swt.

Jika ada sekumpulan semut di dalam rumah, maka katakanlah mereka untuk berpindah.

“Assalamualaikum rakyat nabi sulaiman, ini rumahku karena aku ingin membersihkan tempat yang menjadi rumahmu. Kamu adalah mahluk allah, buatlah sarangmu diluar rumahku agar kamu selamat”

Dengan sendirinya kawanan semut akan hilang. Cara ini bisa kita lakukan tanpa menyakiti semut. Mungkin agak sedikit lucu, namun jika Allah telah berkehendak tidak ada yang tidak mungkin.

Demikian cara mengusir semut dalam islam. Usirlah tanpa menyakiti dan membunuhnya. Karena semut adalah salah satu hewan yang istimewa dan dilarang untuk di bunuh.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like