Simak penjelasan mengenai 5 hal yang membuat rezeki seret!

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Agar Rezeki Tidak Seret / foto by pixabay

Allah telah menjanjikan kepada hamba-Nya bahwa masing-masing manusia memiliki rezekinya masing-masing dan tidak akan tertukar dengan yang lainnya. Maka, sebagai manusia jangan pernah risau akan rezeki.

Di balik usaha yang gigih, pasti ada hasil yang akan mengikutinya. Namun, terkadang ada momen dimana ketika telah berusaha semaksimal mungkin tapi rezeki tak kunjung juga di dapati. Apa yang akan kita kerjakan saat berada di kondisi demikian? Mengeluhkah atau justru menambah motivasi untuk berusaha lebih?

Penyebab Rezeki Seret

Dari peristiwa di atas, ada beberapa faktor yang menyebabkan rezeki kita seret, yaitu

1. Sering Melakukan Dosa

Jika ingin rezekinya lancar, jangan sering melakukan dosa. Sebab, semakin sering kita melakukan banyak kesalahan, maka akan menghambat datangnya rezeki.

“Seorang hamba tidak bisa memperoleh rezeki karena dosa yang dikerjakannya,”

Hadits yang dikutip oleh Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Ibnu Majah, Imam Ibnu Hibban, Imam Al-Hakim, dan Imam Al-Baghawi Radhiyallahu ‘anhum ‘ajma’in.

2. Tidur di Pagi Hari

Seringkali kita selepas sholat subuh malah tidur kembali. Dengan berbagai alasan seperti Lelah, begadang dan lain sebagainya. Padahal waktu subuh adalah waktu yang didalamnya penuh keberkahan. Jadi, alangkah lebih baiknya jangan tidur selepas subuh atau di pagi hari.

3. Suka Mengeluh

Mengeluh adalah tanda tidak bersyukur. Jangan terlalu sering mengeluh, sebab mengeluh akan menghambat datangnya rezeki. Yuk, kurangi mengeluh, perbanyak bersyukur!

4. Suka Bermalas-malasan

Yang dapat memperbaiki hidup kita adalah kita sendiri. Kita ingin kaya, namun usaha kita tidak seberapa. Bagaimana akan dapat rezeki, kalau bermalas-malasan masih menjadi sahabat setia.

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Ra’d: 11).

5. Kurang Bersyukur

Jika seseorang pandai bersyukur untuk semua nikmat yang Allah berikan kepadanya, maka Allah pun akan menambah nikmat untuknya.

“Dan ingatlah tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7).

Itu tadi 5 hal yang menghambat rezeki seseorang. Semoga kita bukan termasuk hamba-Nya yang sering melalaikan perintah-Nya. Aamiin ya rabbal alamin

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Investasi Dalam Islam

Simak penjelasan tentang investasi yang diperbolehkan dalam islam! Istilah investasi sekarang ini memang sudah tidak asing lagi. Banyak…