Simak keajaiban sholat tahajud berikut!

Keajaiban sholat tahajud / foto by pexels

Sholat tahajud dikerjakan di malam hari dan waktu yang dianjurkan adalah waktu sepertiga malam terakhir. Dimana waktu ini waktu yang sangat mustajab untuk berdoa dan terdapat banyak keberkahan di dalamnya.

Tak heran bagi yang mengerjakannya akan mendapatkan segudang keajaiban dalam hidupnya. Jadi, sangat disayangkan jika kita tidak mengerjakan sholat sunnah ini.

Apa Saja Keajaiban Sholat Tahajud?

1. Dapat Menghapus Dosa

Keajaiban pertama yang bisa kita dapatkan ketika melaksanakan sholat tahajud secara rutin ialah dapat menghapus dosa-dosa kita baik dosa yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

“Hendaklah kalian melaksanakan salat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi)

2. Dikabulkannya Doa

Terkabulnya doa seseorang jika dikerjakan di waktu utamanya yaitu sepertiga malam terakhir.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

3. Amalan yang Akan Membantu di Akhirat Kelak

Meskipun sholat tahajud merupakan sholat sunnah, namun keutamaannya cukuplah besar. Sebab, ketika mengerjakannya menjadi amalan yang akan membantu kita di akhirat kelak.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

4. Menjaga Kesehatan Rohani

Dalam ayat Al-Qur’an dijelaskan ketika seseorang bangun untuk menjalankan sholat tahajud maka orang tersebut akan selalu memiliki sikap rendah hati, dan ramah.

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

5. Jembatan Masuk Surga

Kita pasti berharap kelak menjadi salah satu penghuni surga. Nah, salah satu cara yang bisa mewujudkan itu semua ialah rutin untuk sholat tahajud.

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Manfaat Sholat Hajat

Mau tahu tentang manfaat dari melaksanakan sholat hajat ? Artikel ini akan membahas secara lengkap manfaat sholat hajat.…