Simak tentang keajaiban sholat dhuha berikut ini!

Kejaiban Sholat Dhuha, Salah Satunya Bisa Melancarkan Rezeki / foto by pixabay

Selain menjalankan sholat fardhu yang hukumnya wajib, ada beberapa sholat sunnah yang bisa dikerjakan, salah satunya sholat dhuha. Barang siapa yang menjalankan sholat dhuha rutin setiap hari, ia akan memperoleh banyak sekali keutamaan. Salah satu keutamaan dari sholat dhuha ialah dilancarkan rezekinya dan masih banyak sekali keutamaan yang kita dapatkan.

“Kekasihku Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. (1) puasa tiga hari dari setiap bulan, (2) dua rakaat sholat Dhuha, dan (3) agar aku sholat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Shola dhuha dikerjakan di pagi hari setelah matahari terbit dengan jumlah rakaat minimum 2 rakaat dan maksimum 12 rakaat di akhiri dengan satu salam.

Keajaiban Sholat Dhuha

Berikut keajaiban dari sholat dhuha yang harus kita tahu:

Doa Akan Di ijabah

Hal ini sesuai dengan surat Al-Isra ayat 78, yang artinya
“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra: 78)
Pada saat kita mengerjakan sholat dhuha, di waktu tersebut malaikat akan turun ke bumi untuk menyaksikan shalat kita. Maka berdoalah, minta apa yang kita mau, in syaa Allah doa-doa kita akan dijabah oleh-Nya.

Dibuatkan Istina Di Surga

Keajaiban lainnya ketika mengerjakan sholat dhuha ialah kita akan di bangunkan istana di surga. Hal ini sesuai hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, berikut:
“Barang siapa sholat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Diampuni Dosa-dosanya

Sebanyak apapun dosa kita, entah sengaja melakukannya atau tidak, Allah Maha Pengampun dan akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.
“Siapapun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)

Dilancarkan Rezekinya

Keajaiban selanjutnya ialah dilancarkan rezeki. Jadi, ketika rezekimu sedang seret, salah satu cara yang bisa kamu jadikan solusi ialah laksanakan sholat dhuha. Maka, Allah akan memberikanmu rezeki.
“Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai anak Adam, bersholat lah untuk-Ku empat rakaat pada permulaan siang, niscaya akan Aku cukupi kebutuhannmu pada sore harinya.” (HR. Turmudzi)

Menyehatkan Persendian

Sholat dhuha ternyata sangat baik bagi kesehatan kita lho. Seperti dapat menyehatkan persendian kita.
“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar maruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 rakaat.” (HR. Muslim no. 720).

Wajah Terlihat Berseri

Orang yang rajib berwudhu, wajahnya akan terlihat berseri memancarkan cahaya di wajahnya. Dengan berwudhu pula dapat melindungi orang tersebut dari mara bahaya karena mereka selalu dalam keadaan yang suci.

Dimudahkan Urusannya

Sholat dhuha dapat memberikan kesempatan bagi orang yang mengerjakannya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. oleh sebab hal ini, seorang hamba akan memohon ampunan kepada Allah untuk segala dosanya. Dan Allah menyukai hambaNya yang bisa senantiasa meluangkan waktunya untuk mengingat-Nya. Di katakan pula di waktu dhuha malaikat akan turun ke bumi dan akan membantu mendoakan orang tersebut. Dari hal ini, sholat dhuha bisa menjadi saranag yang tepat untuk memohon kemudahan dan kelancaran dalam hidup.

Terhindar dari Keburukan

Melalui sholat dhuha dapat menghindarkan kita dari keburukan. Sebab, sholat dhuha merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan kepada Allah Swt.
“Barangsiapa yang salat duha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Keajaiban Sholat Tahajud

Simak keajaiban sholat tahajud berikut! Sholat tahajud dikerjakan di malam hari dan waktu yang dianjurkan adalah waktu sepertiga…
Baca Selengkapnya

Manfaat Sholat Hajat

Mau tahu tentang manfaat dari melaksanakan sholat hajat ? Artikel ini akan membahas secara lengkap manfaat sholat hajat.…