Simak kriteria agar wanita dimudahkan masuk surga berikut ini!

Kriteria Wanita penghuni surga / foto by pexels

Siapa yang tidak menginginkan jadi penghuni surga? Pasti setiap wanita yang ditanya demikian, jawabannya pasti mau.

Namun, untuk mendapatkan hal tersebut haruslah menjadi hamba yang taat akan perintah Allah SWT serta menjauhi segala hal yang dilarang-Nya. Sebab, kebanyakan penghuni neraka ialah wanita.

Dari Imran bin Husain radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اطَّلَعْتُ فِي الْجَنَّةِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا الْفُقَرَاءَ وَاطَّلَعْتُ فِي النَّارِ فَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاء

“Aku diperlihatkan di surga, Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.” (HR. Bukhari, no. 3241 dan Muslim, no. 2737)

Dilansir dari laman Rumaysho.com, Ada 6 hal yang menyebabkan wanita sulit masuk surga, yaitu

  1. Enggan Taat pada Suami
  2. Kurang Bersyukur pada Pemberian Suami
  3. Wanita yang menyemir rambutnya, khususnya dengan warna hitam
  4. Wanita yang meminta cerai tanpa suatu alasan
  5. Wanita yang mengaku keturunan orang lain
  6. Wanita yang berpakaian tetapi telanjang

Lantas, wanita yang seperti apa yang menjadi penghuni surga?

Amalan yang Memudahkan Wanita Masuk Surga

1. Sholat Lima Waktu

Sebagai seorang wanita jangan pernah meninggalkan sholat lima waktu. Sebab, hal tersebut akan menghalangi kita untuk masuk ke surga.

“Apabila seorang wanita (istri) itu telah melakukan shalat lima waktu, puasa bulan Ramadan, menjaga harga dirinya dan mentaati perintah suaminya , maka ia diundang di akhirat supaya masuk surga berdasarkan pintunya mana yang ia suka ( sesuai pilihannya ).“ ( HR. Ahmad , Ibnu Hibban dan Thabrani )

“Maka dirikankanlah shalat itu (sebagaimana biasa) sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang – orang yang beriman.” (QS An–Nissa: 103)

2. Sholat Tepat Waktu

Sebaik-baik waktu untuk sholat adalah tepat waktu.

Diriwayatkan dari Jabir r.a. berkata, Rasulullah Saw bersabda:

“Perumpamaan shalat lima waktu adalah seperti seseorang yang mandi di sebuah sungai yang dalam yang mengalir di depan rumahnya sebanyak lima kali sehari.” (HR. Muslim)

3. Sabar

Salah satu sifat manusia yang dapat mendatangkan pahala yang cukup besar salah satunya melalui sabar. Melalui kesabaran pula, in syaa Allah menjadi jalan kita masuk ke surga-Nya.

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al Ahzab: 35)

4. Taat pada Suami

Rasulullah Saw bersabda,

“Sebaik – baik istri adalah yang dapat memberikan hati suaminya ketika engkau (suami) melihatnya dan ketika disuruh dia menurut perintahmu, dan dia bisa menjaga kehormatan dirinya dan hartamu ketika engkau tidak di rumah.” (HR. At Thabrani)

5. Berbakti Kepada Orang Tua

“Sesungguhnya orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam kenikmatan yang besar (syurga), mereka (duduk) di atas dipan-dipan sambil memandang. Kamu dapat mengetahui dari wajah mereka kesenangan mereka yang penuh kenikmatan. Mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak (tempatnya), laknya adalah kesturi; dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba.” (QS. Al Muthafifin: 22-26)

6. Selalu Berhuznudzan

Selalu berprasangka baiklah demi keharmonisan dan terhindar dari dosa. Sebab, berprasangka buruk kepada siapa saja adalah perbuatan yang menimbulkan dosa.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Hujurat: 12)

7. Berpuasa di Bulan Ramadan

Berpuasa ketika bulan ramadan bagi seorang wanita merupakan ladang pahala. Jadi, jangan pernah di sia-siakan. Tidak hanya puasa, menyiapkan berbuka dan sahur juga perbuatan yang mulia dan mendatangkan pahala.

Itu tadi 7 kriteria wanita agar di mudahkan masuk surga. Teruntuk kamu, tetap semangat dan selamat berjuang. Semoga, kelak surga bisa kita gapai. Aamiin.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Obat Penyakit Hati

Simak beberapa obat penyakit hati berikut ini! Saat manusia menghadapi cobaan, respon mereka berbeda-beda. Ada tipe manusia yang…