Simak penjelasan tentang manfaat air zam-zam berikut ini!

Manfaat Air Zam-Zam Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Kanker / foto by pixabay

Air zam-zam merupakan air yang berasal dari sumur di Masjidil Haram dan air ini dianggap air yang suci bagi umat muslim. Karena kandungan yang terdapat di dalam air zam-zam memiliki banyak sekali manfaat serta keberkahan.

Sebagimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR. Muslim)

Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh air zam-zam yaitu jumlahnya yang melimpah sehingga ia tidak pernah habis meskipun telah berulang kali diambil oleh banyak orang.

Manfaat Air Zam-Zam

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil terutama bagi kesehatan bila kita rajin mengkonsumsinya. Apa saja? Simak berikut ini!

1. Menurunkan Kolesterol

Air zam-zam dipercaya dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ini terbukti dari penelitian yang dilakukan hewan uji. Dari penelitian ini, hewan yang diberikan air zam-zam mengalami penurunan kadar kolesterol drastis dibanding dengan hewan yang minum air biasa. Hal ini disebabkan akibat banyak mineral yang terkandung di dalam air zam-zam, seperti fluoride, kalium, sodium, klorida, magnesium dan kalsium yang tinggi.

2. Sebagai Sumber Cairan yang Baik

Dari hasil pengujian menggunakan teknologi ultraviolet, menunjukkan jika di dalam air zam-zam tidak terdapat kuman maupun bakteri. Oleh sebab itu, air zam-zam menjadi sumber cairan yang cukup baik bagi tubuh.

3. Mencegah Osteoporosis

Di dalam air zam-zam terdapat kandungan kalsium yang tinggi. Sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

4. Mencegah Resiko Kanker

Air zam-zam secara alami bersifat basa (alkali) dan kaya akan sumber mineral, sehingga air zam-zam bisa digunakan sebagai terapi penyembuhan kanker, seperti kanker payudara, ovarium, kolorektal dan kanker paru-paru.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat selanjutnya yang bisa kita dapatkan dari air zam-zam ialah menjadikan sirkulasi darah kita menjadi lancar. Pasalnya, sirkulasi darah dapat terganggu akibat kebiasaan hidup yang tidak sehat. Maka, dengan mengkonsumsi air zam-zam dapat mencegah dan mengatasi hal tersebut.

Jadi, itu tadi beberapa manfaat air zam-zam bagi kesehatan. Semua manfaat tadi akan kita dapatkan jika kita rajin mengkonsumsinya. Namun, harus sesuai kadar yang tepat dan tidak berlebih-lebihan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Cara Umrah Mandiri

Ingin melakukan Umrah secara mandiri ? Ini yang mesti dipersiapkan sebelum melaksanakan umrah mandiri agar ibadah berjalan dengan…