Simak penjelasan tentang 7 manfaat puasa ramadan bagi kesehatan berikut ini!

foto by pixabay

Sebentar lagi kita sebagai umat Islam akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Tapi, sebelum kita melaksanakan ibadah tersebut, sudahkah kita tahu arti dari puasa itu sendiri?

Puasa diartikan sebagai proses menahan diri untuk tidak makan dan minum serta mampu menahan diri dari segala bentuk hawa nafsu dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari.

Jadi, puasa itu tidak hanya menahan makan dan minum, tapi juga bisa menahan amarah, perkataan, serta perbuatan. Jika kita berpuasa tapi tetap melakukan keburukan, lantas apakah puasa yang kita lakukan itu sah?

Puasa ramadan akan berlangsung selama satu bulan. Dalam waktu satu bulan tersebut, merupakan waktu yang cukup baik untuk memulai perbuatan yang baik. Memperbanyak ibadah dan jangan tinggalkan puasa kecuali jika ada kondisi yang mengharuskan tidak berpuasa, seperti saat sakit.

Berpuasa, selain bentuk ketakwaan kita kepada Allah Swt, juga terdapat banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan berpuasa dapat mencegah berbagai penyakit seperti jantung, obesitas dan lainnya. Pada saat tubuh kita tidak mengkonsumsi apapun dalam rentan waktu tertentu, maka tubuh akan berkonsentrasi untuk membuang racun dan mengistirahatkan system pencernaan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 9 manfaat puasa ramadan bagi kesehatan tubuh, yaitu:

  1. Otak menjadi Lebih Sehat
foto by unsplash

Selama berpuasa, darah yang ada di dalam tubuh manusia mengandung lebih banyak endorfin. Maka, dari hal ini dapat memberikan efek perasaan lebih senang dan kesehatan mental yang lebih baik. Efek yang ditimbulkan ini begitu mirip dengan berolahraga pada otak.

  1. Menyehatkan Jantung
foto by unsplash

Penyakit jantung dianggap sebagai penyakit yang menyebabkan banyak kematian di dunia ini, terhitung telah sekitar 31,5 % kematian secara global.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, dengan berpuasa secara rutin dapat menyehatkan jantung. Sebab, berpuasa dapat meningkatkan kinerja otot jantung dan pertumbuhan pembuluh darah pada jantung.

  1. Menurunkan Berat Badan
foto by pixabay

Puasa merupakan salah satu cara ampuh yang bisa dipraktekkan bagi seseorang yang ingin diet menurunkan berat badannya. Bahkan, sekarang ini banyak sekali atlet yang berpuasa demi mengurangi lemak yang ada di tubuh sebelum kompetisi.

Dengan berpuasa, usus akan bersih dari endapan makanan yang menyebabkan lemak pada tubuh. Berpuasa juga dapat memperlancar pencernaan sehingga buang air menjadi lancar.

  1. Mengatur Pola Makan
foto by pixabay

Pada saat kita menjalankan puasa ramadan, maka secara langsung akan memperbaiki pola makan kita yang sebelumnya teramat berantakan.

Karena adanya pengurangan porsi makan di Bulan Ramadan menyebabkan perut lama-kelamaan jadi mengecil, sehingga dengan makan sedikit sudah terasa kenyang.

Namun, setelah puasa ramadan usai nafsu makan akan turun dan ini dapat mengontrol supaya tidak makan secara berlebihan. Dan kita juga bisa latihan dengan memakan makanan dengan porsi yang tepat, yaitu tidak banyak dan tidak sedikit.

  1. Sebagai Detoks Tubuh
foto by pixabay

Manfaat puasa selanjutnya yaitu sebagai pembuang racun atau detoks tubuh. Dengan puasa selama 12 jam dapat memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan secara menyeluruh. Saat tubuh membakar lemak menjadi energi, ia juga akan membakar racun berbahaya pada lemak.

Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih sehat dan bersih karena kadar racunnya telah berkurang.

  1. Mengontrol Gula Darah
foto by pixabay

Dengan berpuasa kita bisa mengontrol kadar gula darah pada tubuh kita. Karena berpuasa akan mengurangi konsumsi gula dan resiko diabetes dapat dicegah.

Dalam suatu studi yang melibatkan 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa dalam rentang waktu tertentu dapat signifikan mengurangi kadar gula darah pada tubuhnya.

Penurunan gula darah mungkin akan membuat seseorang kehilangan sebagian energinya, namun kadar gula darah pada tubuh harus tetap stabil saat menjalankan ibadah puasa.

  1. Memperlambat Proses Penuaan
foto by pixabay

Saat berpuasa, tubuh akan mempercepat kerja pemulihan sel. Hal ini dimungkinkan tubuh dapat menghasilkan kolagen, yang dibutuhkan jaringan untuk menjadi lebih sehat. Sehingga efek yang akan di dapat adalah kulit akan menjadi lebih kencang.

Demikian ulasan tentang manfaat puasa ramadan yang akan kita dapatkan jika menjalankannya. Manfaat akan sangat terasa jika kita bisa melaksanakan dengan baik dan benar serta mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin. Sehingga kesehatan tubuh kita akan menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Tarhib Ramadan

Apa itu tarhib ramadan? berikut penjelasannya! Saat bulan ramadan datang, umat muslim menyambutnya dengan gembira. Masing-masing menyambut ramadan…