simak tentang manfaat sedekah subuh berikut ini!

manfaat sedekah subuh / foto by pexels

Salah satu cara untuk mengetuk pintu langit agar doa dikabulkan ialah dengan bersedekah. Adapun salah satu sedekah yang dipercaya mujarab adalah sedekah subuh.

Sedekah subuh merupakan sedekah yang begitu spesial. Sebab, setelah melakukannya, malaikat akan mendoakan mereka agar memperoleh balasan kebaikan dari Allah SWT berupa pahala.

Sedekah pada waktu pagi memiliki keistimewaan tersendiri. Rasulullah SAW bersabda,

“Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang menafkahkan hartanya’. Sementara yang lain berkata, ‘Ya Allah, berikanlah kebinasaaan kepada orang yang menahan hartanya’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

7 Manfaat Sedekah Subuh

Ada banyak sekali manfaat sedekah subuh yang bisa kita peroleh, yaitu diantaranya:

1. Mendapatkan Naungan dari Allah SWT di Akhirat Kelak

 “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Imam Bukhari : 1421)

2. Menghapus Dosa

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

3. Memberi Keberkahan pada Harta

“Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588).

4. Disediakan Pintu Khusus untuk Masuk Surga

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, ke marilah untuk menuju kenikmatan.” (HR. Bukhari No. 3666, Muslim No. 1027).

5. Balasan yang Berlipat Ganda

Salah satu janji Allah, bahwa ketika kita bersedekah maka sejatinya kita tidak mengurangi harta tapi Allah akan memberikan balasan yang berlipat ganda. Sedekah subuh juga sangat baik untuk mengawali hari agar sepanjang hari di hiasi dengan keberkahan hidup.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18).

6. Mencegah Pedagang Melakukan Kecurangan

“Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiaslah jual-beli kalian dengan sedekah.” (HR/ Tirmidzi no. 1208).

7. Melindungi dari Jilatan Api Neraka

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah” (HR/ Al Bukhari 6539, Muslim 1016).

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Syarat Zakat Mal

Simak syarat-syarat zakat mal berikut ini! Mal diartikan sebagai harta atau kekayaan. Menurut Islam, mal atau harta merupakan…
Baca Selengkapnya

5 Manfaat Sedekah Di Hari Jumat

Simak manfaat dari sedekah di hari jumat berikut! Bersedekah merupakan amalan yang senantiasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam…