Rajin bersedekah? Ini manfaat yang akan bisa didapat!

Sedekah merupakan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan tujuan mengharap ridho Allah SWT serta tidak mengharap balasan pada orang yang di tolong.  Melalui sedekah menjadi jalan di bukakannya pintu-pintu rezeki serta memudahkan seseorang menjadi ahli surga.

Sedekah tidak hanya berbentuk barang, kita menolong seseorang, memberikan senyum kepada saudara kita, mengajari ilmu, dzikir, itu semua adalah sedekah.

Allah Swt. akan memuliakan hamba-Nya yang gemar bersedekah. Bahkan Allah menjanjikan balasan-balasan yang cukup besar bagi mereka.

Balasan Allah SWT dapat dirasakan baik langsung maupun tidak langsung saat menjalankan kehidupan sehari-hari.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata Rasulullah Saw. bersabda:

“Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim)

Manfaat Sedekah

Berikut adalah beberapa manfaat sedekah yang bisa kita dapatkan:

Memudahkan Seseorang Masuk Surga

“Dan bersegeralah kamu pada ampunan dari Tuhanmu dan pada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang diediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Yaitu orang-orang yang menafkahkan harta mereka baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang menahan amarah mereka dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS Ali Imran: 133-134)

Mendapat Nanungan di Padang Mahsyar

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ada tujuh kelompok yang akan dinaungi (dilindungi) Allah pada hari yang tidak ada tempat berteduh kecuali dalam naungannya-Nya. (salah satunya) seseorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannnya…” (Shahih Al-Bukhari, Muslim)

Melembutkan Hati yang Keras

Dari Abu Hurairah, bahwa akan ada seseorang datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengeluhkan hatinya yang keras. Beliau bersabda:

“Jika engkau ingin melembutkan hati, maka berilah makan kepada orang miskin, dan usaplah (dengan lemah-lembut dan kasih sayang) kepada anak yatim.” (HR Ahmad)

Menghapus Dosa dan Menjauhkan Seseorang dari Api Neraka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jauhilah api neraka, meskipun hanya dengan sebutir kurma” (Shahih Al-Bukhari, Muslim). Di riwayata lain disebutkan: “Sedekah menghapus dosa, seperti air memadamkan api”. (HR At-Tirmidzi)

Menghindar dari Marabahaya

 “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245).

Membuka Pintu Rezeki

“Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” (HR. Muslim)

Dari hadist di atas menjelaskan, bersedekah akan membuka pintu-pintu rezeki yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Memperpanjang Umur

Sedekah dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Saat seseorang bersedekah ia akan merasakan kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).

Melipat Gandakan Rezeki

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” ( QS.Al-Baqarah : 261)

Sebagai Naungan di Hari Kiamat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad)

Menghapus Dosa

 “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi).

Memudahkan Segala Urusan

Saat hamba-Nya mengalami kesulitan ekonomi namun tetap bersedekah , maka Allah akan menjanjikan adanya kemudahan setelah kesulitan.

“Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.”  (QS.At-Thalaq: 7)

Memberikan Keberkahan pada Harta

harta yang disedekahkan bukan mengurangi harta kita, melainkan menambah keberkahan dari harta yang kita miliki. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya,” (HR Muslim).

Merasakan Kebahagiaan

Saat kita bersedekah ada perasaan tenang, dada yang lapang saat membantu seseorang yang tengah berada di situasi kesulitan. Hal itu yang menciptakan kebahagiaan bagi kedua belah pihak.

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari no. 1443)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

5 Manfaat Sedekah Di Hari Jumat

Simak manfaat dari sedekah di hari jumat berikut! Bersedekah merupakan amalan yang senantiasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam…
Baca Selengkapnya

Manfaat Sedekah Subuh

simak tentang manfaat sedekah subuh berikut ini! Salah satu cara untuk mengetuk pintu langit agar doa dikabulkan ialah…
Baca Selengkapnya

Syarat Zakat Mal

Simak syarat-syarat zakat mal berikut ini! Mal diartikan sebagai harta atau kekayaan. Menurut Islam, mal atau harta merupakan…