Mau tahu tentang manfaat dari melaksanakan sholat hajat ? Artikel ini akan membahas secara lengkap manfaat sholat hajat.

Apa Itu Sholat Hajat?

Sholat hajat merupakan ibadah sholat sunnah yang dilakukan seseorang dalam rangka meminta terkabulnya sebuah keinginan, baik yang bersifat duniawi maupun akhirat dan dikerjakan sebanyak minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Sholat ini bisa dikerjakan kapanpun asalkan bukan waktu yang dilarang untuk sholat.
Dengan kata lain, sholat hajat adalah salah satu cara agar segala keinginan cepat terkabulkan.

Namun, setelah menunaikan sholat hajat, maka kita hendaknya juga disertai dengan usaha sebab hal itu merupakan bentuk tawakal kita kepada Allah Swt.

Allah berfirman:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

“Jadikan sabar dan shalat sebagai penolong kalian. Sungguh hal itu teramat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS Al-Baqarah: 45)

“Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw Setelah itu, mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim…” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Manfaat Sholat Hajat

Selain terkabulnya keinginan, ada benyak manfaat yang di dapat saat melaksanakan sholat hajat, yaitu sebagai berikut:

1. Akan Di Cintai Oleh Allah Swt

Manfaat sholat hajat yang pertama yaitu kita akan semakin di cintai oleh Allah Swt. sebab, sholat hajat merupakan sholat sunnah yang apabila kita kerjakan maka akan mendatangkan kecintaan dari Allah swt.

إِنَّ اللهَ تَعَالَـى قَالَ : مَنْ عَادَى لِـيْ وَلِيًّا فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالْـحَرْبِ ، وَمَا تَقَرَّبَ عَبْدِيْ بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَـيَّ مِمَّـا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْهِ ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَـيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ

”Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya.” (HR. Bukhari)

2. Doa Cepat Dikabulkan

Allah swt. memerintahkan kepada setiap hamba-Nya ketika menginginkan sesuatu, mintalah kepada-Nya. Salah satu cara yang bisa dilakukan selain berdoa, yaitu sholat hajat. Oleh sebab kita mengerjakan sholat hajat itulah, maka keinginan kita akan cepat terkabul.

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ يُتِمُّهُمَا أَعْطَاهُ اللَّهُ مَا سَأَلَ مُعَجِّلاً أَوْ مُؤَخِّراً

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR. Ahmad)

3. Ditinggikan Derajatnya

Seorang hamba akan ditinggikan derajatnya pada saat ia memperbanyak ibadah sholat.

Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak sholat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” (HR Muslim).

4. Bersiap Menghadapi Apapun

Hidup tidak melulu seperti apa yang kita mau. Terkadang kita harus menjalani takdir tidak seperti apa yang kita inginkan.

Dibalik itu semua, selalu tanamkan kepercayaan kepada Allah Swt. bahwa setiap kejadian dalam hidup selalu membawa hikmah. Sekalipun keinginan kita belum tercapai, kita harus tetap berpikir positif kepada-Nya.

4. Diampuni Segala Dosanya

Seorang muslim saat menjalankan sholat hajat harus dilakukan secara khusyuk dan sertailah dengan permohonan ampun atas segala dosa yang dikerjakan, baik itu sengaja maupun tidak.

5. Memotivasi Agar Tetap Berusaha

Setelah kita sholat hajat tidak serta merta tidak melakukan apa-apa, tapi kerjakan dan usahakan semua keinginan kita sampai Allah menjadikannya nyata.

6. Dapat Mengendalikan Segala Kebutuhan

Setiap manusia hidup di dunia ini pasti memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan-kebutuhan itu dilakukan untuk mempertahankan kehidupannya. Namun, adakalanya terdapat kebutuhan yang sangat mendesak sehingga memaksa untuk melakukan sesuatu.

Sholat hajat dilakukan bukan tersebab ingin memiliki sesuatu, tapi juga saat kita mengalami kesulitan.

Nah, dari situ kita tahu arti penting bahwa dengan adanya sholat hajat akan menambah rasa syukur kita kepada Allah Swt. sehingga kita tidak usah takut lagi ketika kesulitan datang menghampiri kita.


Demikianlah artikel mengenai manfaat sholat hajat. Semoga Allah selalu melindungi kita semua dan jangan lupa untuk bersyukur.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like