Sesungguhnya peranan niat bagi kehidupan seorang hamba teramatlah penting, terutama dalam hal amal-amal yang akan dikerjakan.

Maka dari itu, sudah sepantasnya bagi diri seorang hamba untuk lebih memperhatikan mengenai urusan niat, serta selalu berupaya memperbaikinya.

Sebab diterima atau tidaknya amal seorang hamba tergantung dari niat tersebut. Allah SWT. berfirman:

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang kurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”
(QS. Al-Bayyinah ayat 5)

Dalam sebuah hadist, dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Khathab, ia berkata:

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya.”
(HR. Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907)

Niat secara bahasa dapat diartikan kehendak atau keinginan atau tujuan. Sedangkan secara istilah, niat dapat diartikan sebagai kehendak hati yang kuat untuk melakukan ibadah dalam rangka meningkatkan diri pada Allah SWT.

Kedudukan niat amatlah penting bagi diri seorang hamba jika ingin mengerjakan sesuatu. Karena dengan niat yang baik akan mendapatkan pahala. Sebaliknya, jika ia mempunyai niat jahat maka akan mendapatkan siksa.

Dan alangkah lebih baiknya bagi kita untuk selalu membangun niat yang baik dan semata-mata karena Allah SWT.

Hal ini berlaku juga saat ingin berwudhu. Harus di awali dengan niat yang baik dan ikhlas karena Allah SWT. Untuk mengawali wudhu, diwajibkan membaca niat dalam hati atau dengan suara yang pelan dan setelah selesai berwudhu dianjurkan membaca doa setelah wudhu.

Niat Wudhu

Membaca niat adalah rukun wudhu yang pertama. Niat wudhu dibaca pada saat akan membasuh wajah. Sah tidaknya wudhu tergantung pada niat dalam hati saat akan membasuh wajah.

niat wudhu

Bacaan Niat Wudhu Arab

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالٰى

Bacaan Niat Wudhu Latin

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa

Arti Bacaan Niat wudhu

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardhu (wajib) karena Allah ta’ala”

Bacaan Niat Wudhu (Suara)

Kamu dapat mendengarkan bacaan Niat Wudhu dalam rekaman audio.


Akhir Kata

Niat adalah pondasi utama sebelum kita melakukan sesuatu. Dengan niat pula kita dapat membedakan apakah perbuatan itu bernilai ibadah atau tidak. Yuk, perbaiki niat kita untuk semata-mata karena Allah SWT.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Doa Iftitah

Barangsiapa yang hendak melaksanakan sholat, sebelum takbiratul ihram maka haruslah ia berniat untuk mengerjakan sholat.  Kemudian dia membaca…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Wudhu

Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang dikerjakan setiap hari. Sebelum melaksanakan sholat harus terbebas dari hadast kecil…
Baca Selengkapnya

Doa Sebelum Belajar

Simak tentang doa sebelum belajar, adab berdoa sebelum belajar, belajar dan menuntut ilmu menurut hukum islam, dan manfaat…
Baca Selengkapnya

Doa Setelah Makan

Simak penjelasan tentang doa setelah makan, adab setelah makan dan hikmah membaca doa setelah makan. Saat kita mengawali…
Baca Selengkapnya

Doa Bercermin

Simak penjelasan tentang ✓ doa bercermin, ✓ tata cara membaca doa bercermin dan ✓ keutamaan membaca doa bercermin.…