Simak beberapa obat penyakit hati berikut ini!

Obat penyakit hati / foto by pixabay

Saat manusia menghadapi cobaan, respon mereka berbeda-beda. Ada tipe manusia yang pandai mengendalikan emosinya , ada pula manusia yang tidak bisa mengontrol emosinya.

Menurut Ibnul Qayyim, ada dua penyakit hati yang dapat menjangkit manusia, yaitu bersifat fisik dan hati. Penyakit yang bersifat fisik dapat menggugurkan dosa jika di hadapi dengan sabar. Sedangkan, penyakit hati akan menambah dosa apabila tidak bisa diatasi.

Penyakit tersebut muncul dari sikap kasar baik tutur kata maupun perbuatan. Kita diharuskan untuk senantiasa mengerti obat dari penyakit tersebut jika ingin sembuh.

Obat Penyakit Hati

Ada lima perkara yang bisa mengobati penyakit hati, diantaranya adalah:

1. Baca Al-Qur’an dan Maknanya

Penyakit hati dapat sembuh dengan membaca Al-Qur’an serta mengerti ayat yang di baca. Membaca Al-Qur’an bisa membuat seseorang lebih tenang.

“Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra: 82)

2. Berpuasa

Berpuasa membuat kondisi harus bisa menguasai hawa nafsunya. Sehingga, dapat terkendali dan berlahan-lahan penyakit hati akan terkikis kemudian hilang.

3. Sholat Malam (Tahajud)

Saat kita tidak mampu lagi menahan kesedihan dalam hidup kita, coba lakukan sholat malam (tahajud). Dengan demikian bisa membantu kita untuk mencari solusi dari masalah yang sedang kita hadapi.

4. Berkumpul dengan Orang Sholeh

Bertemanlah dengan orang-orang sholeh yang selalu mengajari kita dan mengingatkan kita untuk selalu dekat dengan Allah.

“Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaanNya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini, dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (QS. Al-Kahfi: 28)

5. Dzikir Malam

Cara berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyakit hati ialah selalu mengingat Allah. Sebab, mengingat Allah akan membuat hati damai dan tenang.

“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al-Ahzab: 41)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like