Simak panduan pindah rumah dalam islam berikut!

Setiap manusia membutuhkan rumah untuk mereka tempati. Bukan hanya sebagai tempat tinggal, rumah merupakan tempat dimana kita bisa menghabiskan waktu, berkumpul dengan keluarga, tempat berteduh dan tempat beristirahat.

Dalam hidup terkadang kita tidak bisa stay di satu tempat, dengan berbagai alasan yang ada mengharuskan kita untuk berpindah rumah. Nah, dalam berpindah rumah ada panduan yang harus diperhatikan.

Panduan ini bertujuan agar rumah yang akan kita tempati penuh dengan ketentraman dan kenyamanan.

1. Persiapkan Segala Sesuatunya Sebelum Pindah

Hal utama yang penting ialah mempersiapkan kepindahan dengan rapi. Agar, tidak ada yang tertinggal dan terburu-buru ketika hari H. Jauh-jauh hari sebelum pindah, siapkan barang-barang yang akan di bawa dan kendaraan untuk menuju ke rumah baru.

2. Jangan Lupa Bersyukur Atas Rumah Baru

Sebagai hamba-Nya yang telah dilimpahkan karunia dan rahmat-Nya, kita sepatutnya untuk bersyukur. Rumah baru yang kita miliki tidak mungkin ada tanpa kehendak-Nya. Bersyukur pula bisa menghantarkan kita pada kebahagiaan di rumah baru nanti.

“Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan :”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nikmat) kepadamu, tetapi jika  kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” (QS. Ibrahim: 7).

3. Silaturahmi Tetangga

Saat tiba di rumah baru, sempatkanlah untuk mengunjungi tetangga baru kita. Mereka yang akan membantu kita jika terjadi apa-apa. Sapalah dan kalau perlu bawa sesuatu untuk mereka sebagai wujud kebahagiaan.

“Demi Allah Tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman. Ditanyakan kepada Rasul: “Siapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda: “Orang yang tetangganya tidak merasa aman karena gangguannya,” (Hr. Ahmad, A l-Bukhari).

4. Perbanyak Ibadah di Rumah Baru

Pindah ke rumah baru jangan sampai mengendorkan ibadah kita. Justru, hal ini menjadi pemicu untuk beribadah dengan giat dan penuh semangat.

“Sinarilah rumahmu dengan memperbanyak shalat dan membaca Al Qur’an,” (HR Al Baihaqi).

5. Membersihkan Rumah Baru

Sebelum menempati rumah baru, bersihkan terlebih dahulu. Agar debu dan kotoran yang ada di dalam rumah sirna. Kebersihan juga merupakan bagian dari iman. Rumah bersih akan membuat pemiliknya merasa nyaman.

“Agama Islam adalah agama yang bersih dan suci. Karena itu kamu harus menjaga kebersihan. Maka sesunggguhnya tidak akan masuk surga kecuali hanya orang orang yang suci,” (HR Al-Baihaqi).

Itu tadi cara pindah rumah baru dalam Islam. Ketika Allah memberikan kita nikmat berupa rumah sebagai tempat tinggal, jangan sering mengeluh, sebab di luaran banyak orang yang tidak memiliki rumah.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like