Simak penjelasan tentang sholat taubat dan manfaatnya!

Sholat Taubat dan Manfaat yang Akan Kita Terima / foto by pixabay

Setiap orang pasti pernah berbuat salah, sebab manusia tidak bisa lepas dari dosa yang disadari ataupun yang tidak disadari. Tidak hanya dosa-dosa kecil, terkadang juga melakukan dosa besar. Karena itulah kita dianjuran untuk melakukan taubat dengan sungguh-sungguh.

Taubat adalah kembali kepada Allah, kembali pada syariat-Nya, mengakui segala bentuk kesalahan dan menyesalinya, serta berjanji tidak akan mengulanginya kembali.

Sholat taubat adalah sholat sunnah yang dilakukan dalam rangka memohon pengampunan dari Allah SWT, atas segala dosa maupun kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat.

Tata cara sholat taubat dan waktunya serupa dengan sholat sunnah pada umumnya.

Dasar hukum yang menganjurkan orang untuk menjalankan sholat taubat yang artinya:

  1. “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS.At-Tahrim, 8)
  2. “Seorang hamba yang melakukan dosa kemudian dia bersuci dan mengerjakan shalat, setelah itu minta ampun kepada Allah, maka Allah akan mengampuni dosanya. Setelah itu, Rasul membaca ayat, ‘Dan juga orang-orang yang apabila melakukan perbuatan keji dan menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, dan mohon ampun atas dosa-dosa mereka.” (QS: Ali Imran, 135)
  3. “Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan shalat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristighfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya.” (HR.Abu Dawud, Ahmad, dan Tirmidzi)

Waktu mengerjakan sholat taubat tak bisa ditunda-tunda. Oleh sebab itu, taubat harus segera dilakukan setelah melakukan perbuatan dosa.

Sholat taubat merupakan salah satu bentuk sholat mutlak yang waktu pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam kecuali pada waktu yang diharamkan untuk sholat. Sementara itu, sebagian ulama menyatakan bahwa waktu pelaksanaan sholat taubat yang utama adalah pada 2/3 malam atau selama sholat tahajud dilaksanakan.

Waktu-Waktu yang Diharamkan Untuk Sholat 

Ada beberapa waktu yang di harapkan sholat, sebagai berikut:

  1. Mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari
  2. Saat terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah
  3. Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong
  4. Setelah sholat ashar hingga matahari tenggelam
  5. Ketika menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya.

Tata cara sholat taubat sama seperti sholat sunnah lainnya. sholat taubat dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Sholat ini juga bisa dikerjakan dalam empat atau enam rakaat.

Sholat taubat sebaiknya dikerjakan secara sendirian. Ini karena sholat taubat merupakan sholat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara berjamaah.

Tata Cara Sholat Taubat

  • Membaca niat
  • Takbirotul Ihram
  • Membaca doa Istiftah/iftitah (sunnah)
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca surat dari Alquran
  • Ruku’ (membaca tasbih ruku’ tiga kali)
  • I’tidal (membaca doa i’tidal)
  • Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)
  • Duduk di antara dua sujud
  • Sujud kedua (membaca tasbih sujud tiga kali)
  • Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.
  • Tasyahud akhir (membaca bacaan tasyahud akhir)
  • Salam

Doa Usai sholat Taubat

Memperbanyak membaca istighfar

ASTAGHFIRULLAHAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI.

Artinya:

“Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

ALLAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA.

Artinya:

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Mengenai doa tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk surga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk surga.” (HR. Al-Bukhari)

Manfaat Sholat Taubat

Berikut ini beberapa manfaat yang kita peroleh dari sholat taubat:

  1. Memperoleh Pahala

Seseorang akan memperoleh pahala setelah mereka melakukan kebaikan. Seperti saat menjalankan sholat taubat, ia akan memperoleh balasan pahala dari Allah Swt.

“Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran: 136)

  1. Dimudahkan Segalanya

Manfaat sholat taubat selanjutnya ialah Allah akan mempermudah segala urusan hamba-Nya jika ia secara rutin melaksanakn sholat taubat.

“Maka Aku katakan kepada mereka, mohonlah ampun kepada Tuhan mu, karena sesungguhnya Dia maha pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. dan memperbanyakkan harga dan anak-anakmu dan mengadakan untuk mu kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya untukmu sungai-sungai.” (QS. An-Nahl: 10-12)

  1. Di Cintai Allah

Allah menyukai hamba-Nya ketika ia bertaubat kepadanya atas dosa-dosa yang ia kerjakan.

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)

  1. Semangat Beribadah

Jika sebelum taubat kondisi kita lesu dan penuh kemalasan, maka telah melaksanakan sholat taubat hidup kita akan dipenuhi dengan kegembiraan dan semangat dalam beribadah.

  1. Dosanya Diampuni Allah

Saat menjalankan sholat taubat, pastikan memiliki niat yang kuat untuk tidak mengulangi kesalahan di masa lalu.

“Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu mendirikan sholat dua rakaat atau empat rakaat, ia menyempurnakan dzikir dan khusyu’ kemudian memohon ampun kepada Allah Azza wa Jalla, maka Allah mengampuninya.”  (HR. Ahmad)

Anjuran Setelah Sholat Taubat

Di lansir dari Babe.news, ada beberapa anjuran yang mesti dilakukan usai bertaubat, yaitu

  • Berniat ikhlas bertaubat karena mencari ampunan Allah Semata
  • Mengakui dan menyesali dosa
  • Behenti dari dosa
  • Berjanji dan bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosa itu
  • Mengembalikan hak orang yang dizalimi jika dosanya berhubungan dengan orang lain

Demikian pembahasan terkait sholat taubat. semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Baca Selengkapnya

Manfaat Sholat Hajat

Mau tahu tentang manfaat dari melaksanakan sholat hajat ? Artikel ini akan membahas secara lengkap manfaat sholat hajat.…
Baca Selengkapnya

Keajaiban Sholat Tahajud

Simak keajaiban sholat tahajud berikut! Sholat tahajud dikerjakan di malam hari dan waktu yang dianjurkan adalah waktu sepertiga…