Apa itu tarhib ramadan? berikut penjelasannya!

tarhib ramadhan / foto by pixabay

Saat bulan ramadan datang, umat muslim menyambutnya dengan gembira. Masing-masing menyambut ramadan dengan tradisi tarhib ramadan.

Tarhib memiliki kesamaan dengan kata marhaban ya ramadan atau selamat datang ramadan. Jadi, tarhib ramadan dapat diartikan sebagai perayaan penyambutan bulan suci ramadan dengan segala kesiapan, keluasan, keterbukaan dan kelebaran yang dimiliki, baik materil maupun spritual, jiwa dan raga serta segala apa yang ada dalam diri.

Ada beberapa hal yang bisa di lakukan untuk mentarhib ramadan, yaitu

  1. Kita bisa menyambutnya dengan perasaan gembira, sebab bulan ramadan adalah bulan istimewa yang di dalamnya penuh keberkahan dan keutamaan.
  2. Mendatangi kajian puasa ramadan untuk meningkatkan pengetahuan terkait ramadan.
  3. Persiapan mental, fisik dan spiritual.

Tarhib di masing-masing negara memiliki keunikan masing-masing.

Tradisi di Indonesia

Tradisi tarhib ramadan di Indonesia cukup banyak, seperti tradisi Padusan (membesihkan diri) yang dilakukan sehari sebelum puasa. Tradisi lainnya yang sering dilakukan ialah Sadranan, dan Ziarah Kubur.

Tradisi di Lebanon

Tradisi tarhib di Lebanon, yakni menembakkan meriam yang suaranya bisa terdengar se antero negeri. Tradisi ini bermula sudah lebih 200 tahun yang lalu saat penguasa Ottoman, Khosh Qaddam sedang meriam barunya di sore hari menjelang puasa.

Tradisi di Uni Emirat Arab

Tarhib ramadhan di UEA disebut tradisi trick or treat. Pada tanggal 15 syaban atau dua minggu sebelum ramadan, anak-anak di sana berkeliling menggunakan baju terang serta membawa keranjang untuk meminta permen atau kacang ke tetangga. Tradisi ini mirip dengan hallowen di negara barat.

Tradisi di India

Tradisi di india disebut tradisi Seheriwala, orang-orang india akan berjalan dini hari dengan membawa rotan di tangan mereka yang digunakan untuk mengetuk rumah warga sebagai tanda datangnya bulan suci ramadan dan pengingat waktu sahur.

Tradisi di Maroko

Di maroko saat ramadan tiba ada beberapa orang ditunjuk menjadi nafar. Nafar merupakan sekelompok orang yang bertugas berkeliling kota untuk meniup terompet dan musik lainnya, membawakan doa-doa dan bersholawat dengan suara merdu. Nafar dipilih berdasarkan kejujuran dan keuletannya dalam bekerja. Di akhir bulan ramadan, warga akan memberikan kompensasi berupa uang dan barang untuk para Nafar.

Itu tadi beberapa tradisi tarhib di beberapa negara yang memiliki keunikan masing-masing. Apapun tradisi yang ada, intinya sama yaitu menyambut datangnya bulan suci ramadan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like